Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya

Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya_Selulit merupakan masalah yang hampir setiap wanita memilikinya. Bukan hanya terjadi pada wanita yang sudah melahirkan saja, selulit juga dapat terjadi pada wanita dewasa dan bahkan remaja. Selulit merupakan gumpalan-gumpalan kecil pada kulit akibat terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Selulit biasanya berbentuk seperti kulit jeruk Sunkist. Pada wanita yang telah berumur biasanya selulit keluar seperti urat halus berwarna kehijauan atau kemerahan. Lantas, apa sebenarnya penyebab selulit? Berikut penjelasannya.
Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya
Penyebab Selulit:

1. Faktor hormonal
Beberapa ahli menyebutkan bahwa masalah selulit pada wanita dapat disebabkan faktor hormonal dalam tubuh wanita. Beberapa jenis hormon yang mempengaruhi perkembangan selulit antara lain adalah hormon estrogen, hormon insulin, hormon tiroid, hormon prolactin dan hormone noradrenalin.

2. Genetika
Faktor genetika juga dapat menjadi penyebab munculnya selulit pada kulit Anda. Jadi jika Anda memiliki ibu ataupun anggota keluarga yang mengalami masalah selulit maka kemungkinan Anda akan mengalami hal yang sama pula.

3. Pola hidup
Penyebab lain munculnya selulit adalah akibat posisi duduk ataupun berdiiri yang dilakukan pada posisi sama dan dalam jangka waktu yang sama pula. Selain itu, merokok juga dapat menjadi penyebab munculnya selulit pada kulit Anda. Hal ini dikarenakan rokok dapat melemahkan kulit sehingga tersumbatnya kapilar yang dapat merusak kelenjar-kelenjar di dalamnya.

4. Faktor makanan
Beberapa jenis makanan dapat menjadi pemicu timbulnya selulit pada tubuh Anda. Jenis makanan tersebut antara lain :

a. Makanan manis
Makanan yang banyak mengandung campuran gula dapat memberikan dampak negatif salah satunya adalah memicu munculnya selulit. Makanan yang kaya akan gula dapat menyebabkan metabolisme dan sistem organisme dalam tubuh menjadi terhambat.

Hal ini dapat membuat kerusakan permanen pada tingkat sel yang ada di dalam jaringan tubuh. Untuk itu, lebih Anda mengkonsumsi makanan-makanan manis sesuai dengan aturan dan takaran setiap harinya.

b. Makanan Asin
Makanan yang memiliki rasa asin selain dapat meningkatkan tekanan darah didalam tubuh Anda juga dapat menjadi pemicu timbulnya selulit. Untuk membatasi konsumsi makanan-makanan asin Anda dapat menggunakan garam beryodium dalam masakan Anda, mengurangi konsumsi telur asin dan menjaga keseimbangan dengan minum air putih setiap harinya.

Jika kandungan garam didalam tubuh terlalu besar maka akan membuat resistensi cairan yang terdapat pada garam mengendap dan memperburuk munculnya selulit.

c. Junk food
Junk food menjadi penyebab kuat munculnya selulit pada tubuh Anda. Hal ini dikarenakan tubuh tidak bisa langsung mencerna makanan tersebut sehingga akan memecah makanan dan menimbunnya pada lapisan bawah kulit.

d. Alk0h0l
Dalam alk0h0l terdapat senyawa-senyawa berbahaya yang dapat memberikan dampak negatif pada tubuh Anda. Tingkat kalori  dan racun yang cukup tinggi dapat merusak jaringan sel-sel otak bahkan sel-sel kulit.

5. Stress berlebihan
Stress dapat menjadi penyebab munculnya selulit. Hal ini dikarenakan stress dapat menghambat proses detoksifikasi yang akan membuat racun-racun dari sisa metabolism didalam tubuh untuk keluar. Stress dan kurangnya istirahat bisa menyebabkan otot menjadi tertekan dan menghalangi kelenjar-kelenjar tersebut dan mencegah pembuangan sisa metabolisme.

6. Bentuk tubuh
Pada wanita, jaringan yang berada di perut bagian bawah dan panggul sangat longgar sehingga membuat lemak dapat mudah menyusup didalam jairngan tersebut. Inilah mengapa selulit dapat mudah timbul didaerah bagian paha, pinggang, bokong, perut, dan lengan bagian atas.

Selulit juga lebih banyak terjadi pada wanita karena kulit wanita yang lebih tipis dan kurang elastis serta kandungan lemak yang lebih banyak. Tidak hanya wanita yang mengalami kegemukan dan obesitas saja yang dapat terkena selulit, Anda yang memiliki badan yang kurus sekalipun juga dapat mengalami selulit.

Ingin Menghilangkan Selulit dengan Cepat dan Murah? Gunakan 2 Bahan Dapur Ini Saja

Selulit biasanya muncul di daerah perut, paha, dan lengan bawah, dan kebanyakan yang mengalami selulit ini adalah wanita dewasa. Selulit terjadi karena adanya lemak yang terperangkap sehingga kemudian muncul gumpalan-gumpalan kecil yang sangat tidak nyaman dipandang apalagi diraba karena kondisinya seperti kulit jeruk.
Cara menghilangkan selulit secara alami
Walau begitu, jangan khawatir guys karena selulit ini masih bisa dihilangkan kok. Tetapi, sebelum kami memaparkan cara menghilangkan selulit yang pastinya menggunakan bahan-bahan alami, terlebih dahulu kami akan mengupas beberapa fakta tentang selulit, yang tentunya bisa menambah wawasan Anda:

Fakta Tentang Selulit
Ada beberapa fakta tentang selulit yang perlu kita tahu, antara lain:

1. Selulit ini bukanlah penyakit seperti anggapan banyak orang dan juga bukan penyakit turunan, karena selulit bisa muncul karena kebiasaan makan dan gaya hidup yang kurang sehat

2. Selulit menempati bagian tertentu dari tubuh, terutama lengan bagian atas, paha bagian atas, perut, bokong, punggung atas serta punggung bawah

3. Selulit bisa menyerang siapa saja, entah itu yang bertubuh gemuk, kurus ataupun langsing

4. Selulit memiliki kaitan dengan masalah hormonal, dimana pada wanita selulit ini mulai muncul saat masa pubertas dan biasanya bertambah ketika hamil

5. Selulit lebih terlihat pada wanita, karena selulit yang terjadi pada pria biasanya tertutupi oleh kulitnya yang lebih tebal

6. Selulit bisa dihilangkan secara bertahap melalui proses detoksifikasi dan peningkatan sistem metabolisme tubuh, dan bisa juga dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Cara Menghilangkan Selulit

Bahan Dapur yang Bisa Mengatasi Selulit
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit ini, salah satunya adalah dengan melakukan program penurunan berat badan secara bertahap dengan melakukan olahraga yang bisa langsung membakar lemak penyebab selulit biasanya berada, misalnya bersepeda, senam ataupun renang.

Tetapi, jika Anda malas untuk olahraga, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bahkan biasa Anda jumpai di dapur untuk menghilangkan selulit ini.

Disampaikan oleh seorang terapis perawatan kulit, yakni Natalia Robinson, bahwa Anda bisa memanfaatkan campuran madu manuka dan bikarbonat soda untuk menghaluskan kembali selulit.

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan madu manuka sebanyak satu sendok teh saja, bikarbonat soda sebanyak satu sendok makan dan siapkan juga satu wadah yang bentuknya seperti mangkuk

2. Campurkan madu manuka dan bikarbonat soda tadi ke dalam wadah yang sudah disiapkan

3. Tambahkan sedikit air sehingga campuran madu manuka dan bikarbonat soda menyerupai pasta

4. Setelah ramuan ini jadi, silahkan poleskan ke area tubuh Anda yang terdapat selulitnya, jangan lupa sambil dipijat-pijat selama kurang lebih 3 menit hingga kulit terasa halus

5. Selanjutnya, Anda poleskan madu saja ke area selulit Anda, lakukan dengan cara di tepuk-tepuk secara ringan sengan durasi waktunya kurang lebih 7 menit

Madu yang digunakan dalam ramuan tadi bisa membuat kulit lebih mudah untuk bernapas, melembabkan kulit serta bisa mengurangi kerutan selulit tanpa harus membebani kulit dengan racun dari bahan-bahan kimia yang biasa kita temukan di produk perawatan kulit. Sedangkan untuk bikarbonat soda sendiri berfungsi untuk mengelupas atau mengeksfoliasi kulit dengan demikian sel-sel kulit mati bisa lebih mudah terangkat.

Nah, itulah sekilas penyebab dan fakta tentang selulit serta cara menghilangkan selulit dengan menggunakan dua bahan dapur, yakni madu dan bikarbonat soda. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga yang teratur, ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih baik lagi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top