Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir dan Cara Memandikannya

Daftar Perlengkapan-Peralatan Mandi Bayi Baru Lahir dan Tips Memandikannya_Lahirnya si buah hati memang suatu anugerah yang luar biasa bagi setiap orang tua, terlebih bagi mereka yang menyambut kelahiran anak pertama. Hal-hal baru akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan bagi ibu muda yang belum mempunyai pengalaman sebelumnya termasuk dalam hal memandikan bayi baru lahir. Nah, berikut ini informasi mengenai perlengkapan mandi bayi  laki-laki/perempuan yang baru lahir serta tips penunjang yang patut Anda simak.

A. Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan
Mandi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan setelah beberapa hari bayi dilahirkan agar tubuh bayi senantiasa bersih dan sehat. Untuk memandikan bayi baru lahir ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan yaitu sebagai berikut :

1. Bak mandi bayi
Anda perlu menyiapkan bak mandi untuk memandikan bayi Anda, pilihlah bak mandu yang terbuat dari plastik tebal yang telah terjamin mutunya seperti BPA Free dan mudah untuk dibersihkan sebelum digunakan kembali. Bak mandi untuk bayi biasanya terdapat sAndaran pada salah satu sisi untuk mempermudah ketika menyabun tubuh bayi.
Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir
2. Sabun dan shampo bayi
Pilihlah sabun atau shampo yang tidak pedih di mata. Anda juga dapat memilih sabun dan shampo yang dapat digunakan sekaligus sehingga lebih praktis dalam penggunaannya.

3. Handuk bayi
Siapkan handuk bayi dengan bahan yang lembut dan menyerap air. Handuk ini digunakan untuk mengeringkan badan bayi yang basah terkena air sebelum memakai baju.

4. Perlak
Perlak digunakan sebagai alas untuk ganti baju sehingga tempat tidur Anda tidak akan basah terkena air dan tetap kering.

5. Minyak telon
Gunakan minyak telon sebagai penghangat tubuh bayi setelah mandi. Minyak telon juga dapat menyegarkan tubuh bayi.

B. Tips Memandikan bayi Baru Lahir
Memandikan bayi baru lahir memang harus sangat berhati-hati dan berpengalaman. Bagi paraibu muda yang baru saja melahirkan hal ini tentu menjadi hal baru dan belum mengerti cara-cara memandikan bayi baru lahir. Berikut ini tips memandikan bayi baru lahir yang dapat menjadi panduan Anda.

1. Persiapkan terlebih dahulu segala perlengkapan mandi bayi yang dibutuhkan.

2. Gunakan air hangat untuk memandikan bayi baru lahir dan pastikan suhu air tidak terlalu panas, oleh sebab itu selalu cek suhu air sebelum Anda mencelupkan bayi ke dalam air. Menggunakan air hangat untuk memandikan bayi sangatlah pentin agar bayi tidak kedinginan dan tetap merasa nyaman. Suhu air yang sesuai untuk bayi berkisar antar 36-37 derajat celcius.

3. Batasi memandikan bayi Anda dengan busa, karena busa mengandung bahan detergen yang dapat membuat kulit bayi menjadi alergi karena kulit bayi masih sangat sensitif.

4. Hindari memandikan bayi setelah disusui karena hal ini akan memicu bayi menjadi muntah.

5. Lepaskan baju bayi dengan hati-hati dan pelan-pelan, selanjutnya bungkus bayi dengan handuk dan taruhlah pada pangkuan Anda.

6. Usap mata bayi dengan lembut menggunakan kapas steril yang telah dibasahi dengan air hangat, berishkan pula area wajah lain seperti hidung dan mulut. Bersihkan dengan cara mengusap dari arah luar ke arah dalam.

7. Selanjutnya basuh bagian kepala, wajah, dada, leher, lengan, punggung dan kaki. Perhatikan pada bagian-bagian lain seperti bagian lipatan pada tubuh bayi.

8. Berilah sabun pada kepala bayi dan badan bayi dengan menggunakan waslap.

9. Pilihlah jenis sabun yang menggunakan pH yang sesuai untuk kulit bayi serta aman jika terkena mata.

10. Keramasilah rambut bayi dengan cara memegang kepala bayi yang disangga bagian punggung serta lehernya.

11. Letakan badan bayi secara perlahan pada bak mandi dan topang bagian leher bayi dan pundak bayi, lalu sabuni secara merata dan bilas secara perlahan.

12. Setelah selesai kembali handuki bayi agar tidak kedinginan.

Itulah ulasan mengenai perlengkapan bayi baru lahir serta tips memandikan bayi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top