Perlengkapan Pendakian Gunung ( Perlengkapan Kelompok dan Individu )

Perlengkapan/Peralatan Mendaki Gunung_Bergelut dengan alam seperti mendaki gunung memanglah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain dapat mendekatkan diri dengan alam, kegiatan ini juga merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim. Oleh sebab itu bagi Anda yang gemar mendaki gunung, mempersiapkan tubuh yang sehat dan bugar adalah hal yang paling utama dan yang tidak boleh ketinggalan adalah perlengkapan pendakian

Lalu apa saja perlengkapan mendaki gunung yang harus dipersiapkan?. Perlengkapan pendakian dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu perlengkapan kelompok dan perlengkapan individu.

A. Perlengkapan Pendakian Kelompok
Perlengkapan kelompok merupakan perlengkapan yang akan digunakan secara bersama-sama dalam sebuah tim atau kelompok. Perlengkapan ini harus dipersiapkan agar pendakian dapat berjalan aman, lancar dan selalu terkendali. Perlengkapan kelompok meliputi:

1. Tenda Dome
Tenda merupakan salah satu perlengkapan yang wajib tersedia. Tenda ini akan digunakan sebagai tempat berlindung dari cuaca dingin dan angin yang menerpa jika pendaki akan bermalam. Selain itu tenda juga menjadi tempat yang aman dari serangga maupun binatang yang terdapat di hutan.

Ada banyak jenis tenda serta ukuran yang bervariasi, salah satu tenda tersebut adalah tenda dome yang berkapasitas 2, 4 hingga 6 orang untuk setiap tenda.

2. Bahan makanan atau Logistik
Hal terpenting yang wajib dibawa yaitu makanan dan minuman. Bawalah makanan dan minuman dengan porsi menyesuaikan sesuai dengan jumlah pendaki meskipun setiap pendaki membawa makanan mereka masing-masing. Namun makanan dan minuman yang akan dikonsumsi secara berkelompok juga dibutuhkan.

Siapkan makanan dan minuman seperti roti, telur, mie instan, susu, minuman sachet, nugget, minyak, beras, mentega dan aneka bumbu. Bahan-bahan tersebut dapat dijadikan logistik ketika Anda bermalam atau telah mencapai puncak.

3. Peralatan Komunikasi
Peralatan ini memang tidak wajib ada, namun keberadaanya akan sangat membantu ketika ada anggota kelompok yang terpisah atau tertinggal. Sehingga dapat mempermudah untuk berkomunikasi serta pencarian. Selain itu alat ini juga dapat digunakan sebagai media komunikasi untuk memberikan info-info penting kepada para pendaki.

Peralatan komunikasi yang digunakan untuk pendakian jarang menggunakan handphone karena mungkin saja tidak ada jaringan serta ketersediaan listrik. Gunakan handy talkie sebagai alat komunikasi yang dapat digunakan pada jarak dekat maupun jauh.

4. Peralatan Masak
Peralatan masak seperti panci kecil, teflon, teko, piring, spatula, kompor, korek api, spritus juga penting untuk dibawa. Peralatan ini akan digunakan untuk mengolah bahan-bahan logistik yang telah dipersiapkan.
Perlengkapan Pendakian

B. Perlengkapan Pendakian Individu

Perlengkapan individu ialah perlengkapan pribadi masing-masing yang akan digunakan oleh pendaki. Perlengkapan ini harus Anda persiapkan oleh diri Anda sendiri dan menyesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan. Perlengkapan individu meliputi :

1. Tas Gunung
Tas gunung merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap pendaki. Tas ini digunakan sebagai media untuk membawa barang-barang pribadi dan kelompok.

Desain tas gunung telah disesuaikan dengan ergonomi badan manusia dan didesain untuk membawa barang berat. Tas gunung dilengkapi dengan banyak tali serta kantong yang berguna untuk menyimpan barang-barang sesuai dengan klasifikasinya.

2. Jaket
Jaket merupakan benda wajib yang juga harus dipersiapkan. Jaket mampu melindungi tubuh dari panas maupun dingin. Jaket yang digunakan untuk pendakian tidaklah sama dengan jenis jaket yang dipakai sehari-hari. Jaket untuk pendakian yaitu jaket yang mampu menahan angin serta tahan akan suhu dingin.

3. Sepatu atau Sandal Gunung
Sepatu atau sandal gunung juga merupakan benda terpenting dalam pendakian. Alas kaki yang didesain khusus untuk mendaki gunung ini dapat digunakan untuk menerjang lumpur, medan basah, becek dan berdebu.

4. Sleeping bag atau matras
Sleeping bag atau matras digunakan sebagai media untuk tidur.

5. Senter atau headlamp
Senter digunakan sebagai penerangan pada malam hari. Headlamp ialah senter yang dipasang dikepala sehingga pendaki tidak perlu memeganginya.

6. Sarung tangan
Gunakan sarung tangan karena dapat melindungi Anda dari cuaca dingin.

7. Jas hujan
Sediakan selalu jas hujan karena kita tidak pernah tahu akan cuaca. Jika hujan turun maka Anda akan terlindungi dengan jas hujan.

Itulah perlengkapan pendakian gunung yang wajib Anda tahu dan Anda siapkan. Jangan sampai ada barang yang tertinggal dan utamakan keselamatan Anda.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top