Website Pendidikan

Seputar Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan

8 Website Pembelajaran Online Gratis Rekomendasi Mendikbud/Bapak Nadiem Makarim Terkait Upaya Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease/COVID-19

Delapan (8 ) Website Pendidikan untuk Pembelajaran Online Gratis Rekomendasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan/Bapak Nadiem Makarim_Terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona, Mendikbud telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran Daring dan Bekerja Dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease/COVID-19 . Adapun di bawah ini merupakan delapan link website tempat kegiatan belajar dan mengajar online yang direkomendasikan oleh Mendikbud sesuai dengan isi Lampiran SE Mendikbud tersebut.

8 Website Pembelajaran Online Gratis Rekomendasi Mendikbud/Bapak Nadiem Makarim Terkait Upaya Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease/COVID-19

Lampiran Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/2020 Tanggal 17 Maret 2020
Lampiran Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/2020 Tanggal 17 Maret 2020

Delapan (8)Website Pembelajaran Online Gratis Rekomendasi Mendikbud/Bapak Nadiem Makarim:

1. Rumah Belajar, silakan kunjungi https://belajar.kemdikbud.go.id/  

Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah website resmi kemendikbud berupa portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

2. Google G Suites For Education, silakan kunjungi https://www.blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/ 

Google G Suites For Education

3. Kelas Pintar, silakan kunjungi https://www.kelaspintar.id/  

Kelas Pintar adalah perusahaan penyedia sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.

Kelas Pintar menawarkan Total Learning Ecosystem di mana seluruh komponen dalam pendidikan anak, kurikulum pendidikan, proses belajar mengajar, beserta murid, orang tua, guru dan sekolah ada di dalam platform yang sama untuk mendukung kesuksesan murid. Sekolah tehubung dengan aplikasi smartphone yang dapat diakses oleh orang tua untuk memantau perkembangan murid melalui update, notifikasi harian, dan hasil pembelajaran.

Platform ini turut memberikan murid akses ke sekolah kapan saja. Perangkat tablet murid menggunakan Kelas Pintar Learning Solutions di kelas yang juga dapat diakses sepulang sekolah, sehingga murid dapat juga mengatur pola kecepatan belajar mereka sendiri. Orang tua juga menjadi bagian penting dalam prestasi akademik murid karena mereka dapat memantau dan mengevaluasi perkembangan murid hanya dengan sekali klik.

4. Microsoft Office 365, kunjungi https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office  

Microsoft Office 365
Peserta didik dan pendidik berhak menggunakan Office 365 Education gratis, termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan sekarang Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya. Yang Anda perlukan hanyalah alamat email sekolah yang sah.

5. Quipper School.  kunjungi https://www.quipper.com/id/school/ 


Quipper School

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa.

a. Quipper School untuk Guru, kunjungi https://www.quipper.com/id/school/teachers/ 

Portal pembelajaran online terintegrasi, mendukung guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif

Pada Quipper School untuk guru tersedia Quipper School Link yang merupakan tempat guru mengelola (membuat dan mendistribusi) materi ajar dan tugas, menilai tugas, serta memonitor perkembangan siswa secara langsung.

b. Quipper School untuk Siswa, kunjungi https://www.quipper.com/id/school/students/  

Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

6. Sekolah Online Ruang Guru Gratis, kunjungi https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e  atau https://marketing.ruangguru.com/ 


Sekolah Online Ruang Guru Gratis

7. Sekolahmu, kunjungi https://www.sekolah.mu/tanpabatas atau https://www.sekolah.mu/ikut-program/  

Sekolahmu

Sekolah.mu adalah Sekolah dengan sistem blended learning pertama di Indonesia. Berbasis teknologi dan berkolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang.

Sekolahmu ingin memastikan semua anak Indonesia sukses mencapai kompetensi dan meraih prestasi di masa depan dengan memberikan mutu pelayanan pendidikan yang berpihak kepada anak secara merata, serta menyediakan akses pembelajaran terintegrasi digital dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel.

8. Zenius, silakan kunjungi https://www.zenius.net/belajar-mandiri/  

Zenius net belajar mandiri

Di zenius.net :
  • Tersedia puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi
  • Tersedia puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM.
  • Tersedia ribuan set soal untuk latihan, ulangan harian, dan persiapan ujian yang disertai dengan video pembahasan
  • Pengajaran yang santai dan bikin gampang paham
  • Berpengalaman dan telah mengantarkan ratusan ribu pelajar meraih cita-citanya
  • Bebas biaya
Silakan bagikan artikel di atas lewat tombol share di bawah ini:

1 komentar:

  1. Let's hope for the best. Thanks for being positive in this difficult situation
    https://aab-edu.net/

    BalasHapus