Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Membaca

Cara Mendidik Anak_Cara Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Lancar Membaca_Kemampuan membaca merupakan tahapan yang membutuhkan perhatian dan waktu lebih dari orangtua, terutama saat anak-anak mulai memasuki masa Taman Kanak-kanak.  Anda tidak dapat hanya mengandalkan materi yang diberikan di sekolah, melainkan harus ikut berperan serta untuk mengajari anak-anak membaca saat di rumah. Adapun beberapa cara mengajari anak agar bisa cepat membaca yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. Silakan disimak.
Cara Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Membaca

Tips Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Membaca

1. Lakukan Setiap Hari
Untuk membuat anak-anak bisa membaca dalam waktu yang cepat, Anda harus selalu menyisihkan waktu untuk mengajarinya setiap hari. Anda bisa mengawali latihan membaca dengan buku-buku yang menarik sehingga anak-anak tidak jenuh memulainya.

Ketika anak-anak mulai menikmati, Anda bisa menggunakan buku dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi secara bertahap.

2. Pahami Mood
Anda harus memahami mood anak terlebih dahulu sebelum mengajaknya untuk belajar membaca. Sebab, Anda akan kesulitan apabila mengajak anak-anak dalam keadaan mengantuk, lapar, ataupun marah.

Jadi, Anda harus benar-benar mampu mengkondisikan mood anak yang tentunya juga akan mempengaruhi suasana saat belajar membaca.

3. Gunakan Metode yang Menarik
Anda harus ingat bahwa mengajari anak membaca tentu tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Anda harus mampu menemukan suatu cara yang menarik untuk membangkitkan semangatnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dalam hal metode pembelajaran yang menarik. Anda dapat mengajari anak-anak belajar membaca sambil bernyanyi, sambil bercerita, media elektronik, ataupun karpet huruf.

4. Berhentilah Sebelum Bosan
Poin yang penting ketika Anda mengajari anak belajar adalah tidak perlu menunggunya bosan baru berhenti. Anda harus tanggap melihat sikap anak yang terlihat mulai tidak tertarik dan segera menghentikannya.

Akan lebih baik jika Anda dapat memperhitungkan durasi yang paling tepat untuk belajar membaca. Pada intinya mengajari anak membaca tidak perlu dalam waktu yang terlalu lama, melainkan dengan jadwal yang rutin dan berkala.

5. Simpan Buku di Lokasi Terjangkau
Akan lebih memudahkan Anda saat mengajak anak belajar membaca jika penempatan buku berada di lokasi yang terjangkau. Anda dapat menggunakan rak buku yang menarik serta memungkinkan anak-anak untuk sering menyentuhnya.

Letakkan buku-buku di tempat yang tidak terlalu tinggi agar anak-anak mudah menjangkau dan selalu ingat dengan aktivitas belajar membaca.

6. Lakukan Tes secara Berkala
Dalam hal ini yang dimaksud bukanlah tes secara resmi. Anda dapat mengulangi kemampuan membaca yang telah diajarkan sebelumnya ketika mereka sedang bermain, yaitu dengan mengingatkan kosakata atau ejaan yang telah mereka pahami pada hari sebelumnya.

7. Bersikap Sabar
Mengajari anak-anak membaca tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan. Anda harus mampu mengontrol emosi jika anak-anak mengalami kesulitan serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca.

Mengajari anak-anak membaca dengan emosi hanya akan membuat mereka trauma serta segan mengulangi kegiatan pembelajaran.

8. Memberikan Contoh yang Baik
Anda dapat membiasakan diri untuk rajin membaca juga terutama saat berada di hadapan anak-anak, sehingga mereka akan selalu tertarik dengan kegiatan tersebut. Sebab, anak-anak masih memiliki kebiasaan meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya.

Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu melakukan kegiatan positif agar anak-anak juga dapat menirukannya.

9. Berikan Pujian
Setiap kali anak-anak mampu membaca dengan baik atau saat usai melakukan kegiatan belajar membaca, Anda harus memberikannya pujian berupa kata-kata yang dapat membangkitkan semangatnya. Sesekali Anda dapat memberikan hadiah sebagai penghargaan atas prestasi mereka.

Demikian beberapa cara mengajari anak agar bisa cepat membaca. Lakukan kegiatan ini secara tekun dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.