Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI _Para calon Pengawas Ruang Ujian Sekolah/Madrasah pada pelaksanaan US SD/MI perlu mengetahui tata tertib Pengawas Ruang US/M SD/MI. Selain para Pengawas Ruang Ujian Sekolah, sebagai tambahan wawasan, para peserta US SD/MI dan para Orangtua/Wali Siswa Kelas 6 SD/MI juga perlu mengetahui tata tertib pengawas ruang ujian sekolah.
Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah/Madrasah_US/M SD/MI 
1. Persiapan 
a. Tiga puluh menit sebelum US/M dimulai, pengawas ruang US/M telah hadir di lokasi.

b. Pengawas ruang US/M menerima penjelasan dan pengarahan dari penanggungjawab penyelenggaraan US/M.

c. Pengawas ruang US/M menerima bahan US/M dari penanggungjawab penyelenggaraan US/M berupa Paket Soal, LJUS/M, Amplop LJUS/M, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M.

2. Pelaksanaan 
a. Pengawas ruang US/M masuk kc dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memerikaa kesiapan ruang US/M.

b. Pengawas ruang US/M meminta peserta U.S/M untuk memasuki mang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.

c. Pengawas ruang US/M memeriksa setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis yang akan digunakan.

d. Pengawas ruang US/M membacakan Tata Tertib US/M setiap pelaksanaan US/M.

e. Pengawas ruang US/M merninta peserta US/M menandatangani Daftar Hadir US/M.

f. Pengawas ruang US/M membagikan LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (nomor US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai.

g. Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi identitas, pengawas ruang US/M membuka amplop paket soal, memeriksa kelengkapan bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M.

h. Pengawas ruang US/M membagikan paket soal US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai.

i. Pengawas ruang US/M mengecek kelengkapan paket soal US/M.

j. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.

k. Kelebihan paket soal US/M selama US/M berlangsung tctap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar ruangan sampai US/M selesai.

l. Selama US/M berlangsung, pengawas ruang US/M wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan. serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.

m. Pengawas ruang mencatat setiap kejadian termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara PelaksanaanUS/M.

n. Pengawas ruang US/M dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaiton dengan jawaban dari soal US/M yang diujikan.

o. Lima menit scbelum waktu US/M selesai, pengawas ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal lima menit.

p. Setelah waktu US/M selesai, pengawas ruang US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan meninggalkan ruang US/M, sctelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan jumlah peserta US/M.

q. Pengawas ruang US/M menyusun secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalam amplop LJUS/M disertai dengan Dartar Fladir Peserm, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh pengawas ruangUS/M di dalam ruang US/M.

r. Pengawas ruang US/M menandatangani Berita Acara Pelaksanaan US/M yang berisi catatan kejadian selama US/M berlangsung.

s. Pengawas raang US/M menyerahkan amplop berisi LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M kepeda penanggungjawab US/M satuan pendidikan.

Demikian tentang Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI . Semoga bermanfaat.