07/02/17

Download POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2017

Download POS US/M SD/MI/SDLB/Program Paket A 2017 File PDF Tahun Pelajaran 2016/2017_Pada tanggal 6 Februari 2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud telah menetapkan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor:007/H/EP/2017 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah(MI), Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggaraan Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun POS US SD/MI/SDLB/Program Paket A Tahun 2017 dapat diunduh pada link di bawah ini.
Download POS US SD/MI/SDLB/Program Paket A Tahun 2017

Silakan Download POS US SD/MI/SDLB/Program Paket A Tahun 2017 (PDF)

Catatan: ukuran file POS US SD/MI 2017 tersebut cukup besar yakni  17.011 KB, jadi mohon bersabar dalam menunggu proses download sampai selesai.

I. Ketentuan Umum
Dalam Peraturan Kepala Badan ini yang dimaksud dengan:
1. Ujian Sekolah/Madrasah atau bentuk lain yang sederajat, selanjutnya disebut US/M adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk semua muatan/mata pelajaran dan muatan

2. Prosedur Operasional Standar, selanjutnya disebut POS adalah langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan serta menjadi dasar dan acuan dalam penyelenggaraan US/M.

3. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Satuan pendidikan adalah Sekolah Dasar, selanjutnya disebut SD, Madrasah Ibtidaiyah, selanjutnya disebut MI, Sekolah Dasar Luar Biasa, selanjutnya disebut SDLB, Satuan Pendidikan Kerjasama, selanjutnya disebut SPK, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, selanjutnya disebut PKBM, Sanggar Kegiatan Belajar, selanjutnya disebut SKB, dan Pondok Pesantren Salafiyah, selanjutnya disebut PPS.

5. Program Ula adalah pendidikan dasar enam tahun pada Pondok Pesantren Salafiyah setingkat Program Paket A dengan kekhasan pendalaman pendidikan agama Islarn.

6. Kriteria Kelulusan adalah ketercapaian minimal persyaratan kelulusan peserta didik.

7. US/M Susulan adalah US/M yang dilaksanakan bagi peserta didik yang berhalangan mengikuti US/M karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah.

8. Kisi-kisi US/M adalah acuan dalam penyusunan dan perakitan Paket Soal yang disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku

9. Bahan US/M adalah bahan yang digunakan dalam penyelenggaraan US/M yang terdiri atas Paket Soal, LembarJawaban US/M, daftar hadir, berita acara, amplop pengembalian lembar jawaban, pakta integritas, dan tata tertib.

10. Paket Soal US/M ada1ah perangkat soal yang digunakan untuk US/M terdiri dari paket Utama, Susulan, dan Cadangan.

11. Lernbar Jawaban US/M yang selanjutnyn disebut LJUS/M adalah lembaran kertas yang digunakan oleh peserta ujian untuk menjawab soal US/M.

12. Daftar Satuan Pendidikan Penyelenggara US/M, selanjutnya disebut DSPP-US/M adalah daftar yang memuat penyelenggara US/M.

13. Daftar Nominasi Sementara, selanjutnya disebut DNS adalah daftar yang memuat calon peserta sementara US/M.

14. Daftar Nominasi Tetap, selanjutnya disebut DST adalah daftar yang memuat calon peserta tetap US/M.

15. Daftar Kolektif Hasil Ujian Sekolah/Madrasah, selanjutnya disebut DKHUS/M adalah daftar yang memuat hasil US/M.

16. ljazah adalah dokumen/sertifikat pencapaian kompetensi akhir peserta didik yang berisi keterangan tentang penyelesaian seluruh program pembelajaran, perolehan nilai minimal baik pada penilaian akhir. dan lulus US/M.

17. Penyelenggara US/M adalah Satuan Pendidikan, Kabupaten/Kota. Kantor Kementerian Agama, Provinsi, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan/Konsulat Jenderal Bidang Sosial Budaya, dan Kementerian.

18. Sekolah Indonesia di Luar Negeri, selanjutnya disebut S1LN adalah satuan pendidikan Indonesia di luar magen yang menggunakan kurikulum yang berlaku di Indonesia.

19. Provinsi adalah pemerintah provinsi.

20. Kabupeten/kota adalah pemerintah kabupaten/kota.

21. Badan adalah Badan Penclitian dan Pengembanpan.

22. Kementerian adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

23. Menteri adatah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain ketentuan umum seperti di atas, Isi POS US SD/MI/SDLB/Progam Paket A juga mencangkup bab II, III, IV, V, VI dan VII

II. Peserta Ujian Sekolah/Madrasah
A. Persyaratan Peserta 
B. Pendaftaran Peserta

III. Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah

IV. Bahan Ujian Sekolah/Madrasah yang Kisi-Kisinya Ditetapkan oleh Kementerian

V. Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah

VI. Pengumpulan dan Pengolahan Hasil Ujian Sekolah/Madrasah

VII. Kelulusan dari Ujian Sekolah/Madrasah dan Kelulusan dari Kesatuan Pendidikan

VIII. Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan

IX. Biaya Penyelenggaraan

Baca juga Jadwal US SD/MI 2017

Demikian tentang POS US/M  SD/MI Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top