Jadwal USBN SMP/MTs 2018 Terbaru (Utama dan Susulan) beserta Mata Pelajaran yang Diujikan, Jumlah Soal, dan Alokasi Waktunya

Jadwal USBN SMP Tahun 2018 BSNP Terbaru beserta Jumlah+Jenis Mata Pelajaran yang Diujikan, Bentuk+Jumlah Soal, dan Alokasi Waktunya_Berdasarkan POS USBN SMP Tahun 2018, bahwa: (1). Jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP/MTs ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mempertimbangkan ketuntasan belajar peserta didik; dan (2). Khusus USBN mata pelajaran Pendidikan Agama, serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018 dan 30 April 2018 untuk ujian susulan, sedangkan untuk mata pelajaran Umum dilaksanakan pada rentang waktu antara tanggal 9 April sampai dengan 12 Mei 2018 (termasuk ujian susulan).
Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal, dan Alokasi Waktu
1. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan pendidikan.

2. Tujuh (7) mata pelajaran yang memiliki soal dari pusat (20%-25%) dengan bentuk, jumlah butir soal, dan alokasi waktu diatur sebagai berikut.

(1). Pendidikan Agama Kurikulum 2006 / Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kurikulum 2013= 45 soal terdiri dari 40 soal pilihan ganda (PG) dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

(2). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kurikulum 2006/Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 = 45 soal terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

(3). Bahasa Indonesia = 45 soal terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

(4). Bahasa Inggris = 45 soal terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

(5). Matematika= 35 soal terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

(6). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) = 40 soal terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

(7). Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) = 45 soal terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, dengan alokasi waktu 120 menit.

3. Untuk mata pelajaran Seni Budaya, PJOK/Penjaskes, Keterampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prakarya serta Muatan Lokal, jumlah butir soal dan alokasi waktu ujian ditetapkan oleh masing-masing satuan Pendidikan.

4. Untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan tunalaras) waktu USBN dapat ditambah 45 menit.

5. Kisi-kisi ujian praktik mata pelajaran lain di luar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, Seni Budaya, Ketrampilan/Prakarya, seperti mata pelajaran Agama, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sepenuhnya disiapkan oleh satuan pendidikan mengacu pada kompetensi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Catatan:
1. USBN untuk mata pelajaran keagamaan pada sekolah keagamaan disesuaikan dengan kurikulum yang ada dan dikonsolidasikan oleh masing-masing direktorat terkait di Kementerian Agama.

2. Soal USBN bagi peserta didik penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME, kisi-kisi disiapkan oleh organisasi penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME.

Demikian Jadwal USBN SMP 2018 Terbaru. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top