Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Apa manfaat belajar bahasa Inggris di era globalisasi ini?_Bahasa Inggris merupakan bahasa universal dan merupakan bahasa Internasional, di mana bahasa Inggris telah disepakati sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia sedunia yang dibedakan unsur budaya, geografi, agama, dan lainnya. Selain itu, menguasai bahasa Inggris juga dapat menambah daya saing seseorang karena dianggap lebih kompeten dan berwawasan luas.
Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi
Walaupun begitu, tak jarang masih ada orang yang meremehkan pentingnya mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Inggris ini. Padahal, menguasai bahasa Inggris memiliki segudang manfaat yang berguna untuk kehidupan saat ini dan yang akan datang.

Bahkan, menguasai bahasa Inggris bisa jadi poin plus yang sangat diperhatikan oleh perusahaan-perusahaan dalam merekrut calon karyawan/pegawainya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, terkait manfaat belajar bahasa Inggris,  berikut kami jabarkan penjelasan detailnya.

Keuntungan menguasai bahasa Inggris di era globalisasi:

1. Kepentingan akademis
Bukti nyata pentingnya menguasai bahasa Inggris dapat ditemukan dengan diwajibkannya mempelajari bahasa Inggris sejak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan bahkan sampai Perguruan Tinggi sekalipun. Hingga tulisan ini ditulis pun bahasa Inggris tetap menjadi mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional tingkat SMP dan SMA.

2. Perkembangan Karir
Sepuluh hingga dua puluh tahun yang lalu, menguasai bahasa Inggris memang bukanlah suatu hal yang sudah dirasakan begitu penting. Hal ini dikarenakan masih sedikit pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill bahasa Inggris dan teknologi belum secanggih saat ini.

Kini, bahasa Inggris merupakan hal yang cukup vital dan bisa jadi merupakan syarat wajib untuk dapat bekerja. Sebut saja pekerjaan-pekerjaan seperti Public Relations, Staff Officer di Kedutaan, ataupun Pramugari atau Pramugara, pasti semua membutuhkan skill berbahasa Inggris.

Tak hanya itu saja, pekerjaan-pekerjaan lain seperti pegawai bank ataupun pegawai kantoran lainnya walaupun dalam pekerjaannya tidak membutuhkan bahasa Inggris, tetapi menguasai bahasa Inggris merupakan poin plus tersendiri yang pastinya nantinya akan berguna.

3. Kesempatan luas untuk belajar dan bekerja di luar negeri
Kuliah di luar negeri sepertinya merupakan impian dari banyak sekali siswa di Indonesia. Saat ini juga sudah banyak lembaga-lembaga yang memberikan beasiswa untuk dapat bersekolah dengan gratis di luar negeri.

Namun untuk mendapatkan beasiswa ini tentu saja tidaklah mudah, selain harus memiliki kemampuan akademik yang baik, kemampuan berbahasa asing tentunya sangat dibutuhkan.

Tak hanya sekolah, bekerja di luar negeri juga merupakan impian. Perbedaan kurs mata uang tentu saja akan membuat bekerja di luar negeri pada negara tertentu akan mendapatkan upah atau gaji yang lebih banyak.

Selain itu kesempatan untuk dapat mengunjungi tempat-tempat baru juga merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Tentu semua hal itu tidak dapat dicapai apabila anda tidak menguasai bahasa Inggris yang sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi.

4. Memperluas pergaulan
Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam praktiknya gemar bergaul. Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi tak hanya melulu hanya sebatas bertatap muka saja.

Dengan adanya internet, sangatlah mungkin bagi kita untuk berkomunikasi atau bahkan berteman dengan orang luar negeri. Untuk mendukung hal ini, kini banyak sekali aplikasi-aplikasi chat yang seperti Omegle dan lainnya. Belum lagi aplikasi penambah teman seperti Facebook ataupun Twitter yang dapat digunakan untuk mencari teman luar negeri.

Tentu saja semua hal ini membutuhkan skill berbahasa Inggris yang baik yang mencakup speaking dan listening. Tentu akan sangat kacau dan canggung apabila tidak menguasai bahasa Inggris tetapi memaksa untuk berteman dengan bule. Bukannya jadi akrab, bisa-bisa malah jadi sama-sama pusing. he he

Demikian tentang beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari bahasa Inggris, khususnya di era globalisasi ini. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.