Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendidikan

Definisi/Pengertian Pendidikan- Sahabat Pembaca, semua orang membutuhkan pndidikan sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan karena  pendidikan merupakan kebutuhan primer manusia.  Ada berbagai pengertian pendidikan seperti pengertian pendidikan secara umum, menurut KBBI, menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, dan pengertian pendidikan menurut para ahli.Namun dari berbagai pengertian pendidikan pada intinya sebenarnya sama. Untuk lebih jelasnya, silakan simak berbagai pengertian pendidikan sebagai berikut:

1. Pengertian pendidikan secara umum
Pengertian pendidikan secara umum atau sangat umum seperti yang dikemukakan oleh Driyakara ( 1980 ) yang menyatakan bahwa pendidikan adalah proses memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia ke taraf insani itulah yang disebut mendidik. Dari pengertian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa manusia merupakan makhluk yang paling sempurna daripada makhluk lainnya karena manusia diberi akal pikiran oleh Tuhan.

Sebagai makhluk yang berakal, manusia harus bisa memanfaatkan akal pikirannya untuk mengetahui tentang berbagai ilmu pengetahuan sehingga manusia bisa lebih sempurna dalam menjaga perilakunya dalam kehidupan sehar-hari. Dengan akal pikiran manusia bisa membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang penting dan tidak penting, mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak dibutuhkan, dan lain sebagainya.

2. Pengertian pendidikan menurut kamus

a. Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )
 Menurut KBBI, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik ( http://kbbi.web.id/didik )

b. Pengertian pendidikan pada wikipedia
Menurut Wikipedia, pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

3. Sepuluh ( 10 )  pengertian pendidikan menurut para ahli
Para ahli memberikan definisi yang berbeda-beda tentang pengertian pendidikan, definisi yang dikemukakan oleh para ahli mempunyai tekanan dan orientasi yang berbeda-beda karena landasan falsafah yang digunakannya berbeda-beda pula. Di bawah ini berbagai pengertian pendidikan menurut para ahli :

a. Pengertian pendidikan menurut  G. Thompson ( 1957 )
Menurut G. Thompson, pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap di dalam kebiasaan-kebiasaan, pemikiran, sikap-sikap, dan tingkah laku.

b. Pengertian pendidikan menurut John Dewey ( 1978 )
Pendidikan adalah segalanya bersama dengan pertumbuhan, pendidikan sendiri tidak memiliki tujuan akhir di belakangnya.

c. Pengertian pendidikan menurut Ihsan Fuad ( 2005 )
Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi –potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta dan budi nurani). Pendididkan juga berarti lembaga yang bertanggungjawab menetapkan cita – cita (tujuan) pendidikan, isi, sistem dan organisasi pendidikan . Lembaga – lembaga ini meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat (Ihsan Fuad, 2005).

d. Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara

Definisi pendidikan

Pendidikan adalah  menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya

e. Pengertian pendidikan menurut Rousseau/ JJ Rousseau/ Jean Jasques Rousseau
Menurut Rousseau Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa .

f. Pengertian pendidikan menurut  Ahmad D. Marimba
Menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan adalah bimbingan  secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik/peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

g. Pengertian pendidikan menurut Langeveld
Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan, dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju pada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas kehidupannya sendiri.

h. Pengertian pendidikan menurut Sudirman N
Pendidikan adalah sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.

i. Pengertian pendidikan menurut Carter V. Good
Pendidikan adalah :
  • Seni, praktik, atau profesi sebagai pengajar.
  • Ilmu sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode pengajaran
j. Pengertian pendidikan menurut Darmaningtyas
Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai tingkat hidup dan kemajuan yang lebih baik

4. Pengertian pendidikan menurut Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Artikel terkait, silakan baca: