Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa

Manfaat Belajar Kelompok/Diskusi bagi Siswa/Peserta Didik_Belajar kelompok atau tugas kelompok adalah sesuatu yang tak jarang diberikan oleh guru atau pendidik kepada muridnya mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sekalipun. Tugas kelompok dalam kurikulum pendidikan khususnya Pendidikan Indonesia memang sudah sangat lama ada dan diterapkan terus menerus.
Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa
Pada konsepnya, belajar kelompok merupakan sebuah model pembelajaran dimana murid atau peserta didik secara bersama berusaha menyelesaikan sebuah  permasalahan. Sayangnya, banyak orang yang berpendapat bahwa model pembelajaran ini tidaklah efektif. Apakah benar demikian?
Hal tersebut tentu tidak benar. Faktanya, belajar kelompok apabila dilakukan dengan cara yang benar akan sangat berguna dan menguntungkan bagi siswa. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai manfaat dari belajar kelompok bagi siswa.

Manfaat dari belajar kelompok bagi siswa
1. Meningkatkan motivasi belajar
Bekerja sama menyelesaikan permasalahan bersama teman sebaya terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Hal ini dikarenakan pada umumnya seseorang akan terpacu menjadi lebih baik apabila bekerja bersama teman-temannya.

2. Lebih cepat menyelesaikan permasalahan
Ini adalah salah satu inti dari dibentuknya regu belajar. Dengan beberapa orang dengan pikiran yang berbeda-beda, tentu akan membuat proses penyelesaian masalah akan menjadi lebih cepat. Selain itu, karena memiliki pikiran dan kemampuan yang berbeda-beda, para siswa juga dapat saling bantu dan bertukar ilmu yang tentunya hal ini tidak dapat dilakukan apabila belajar secara individu.

3. Mengembangkan kemampuan komunikasi dan kerja sama
Selain untuk menyelesaikan permasalahan dengan lebih cepat, belajar kelompok ternyata juga dapat mengasah skill komunikasi dan kerja sama lho! Dengan terbiasa bekerja dengan berkelompok, secara otomatis siswa akan diasah bagaimana cara menyampaikan ide dan gagasan, mendengarkan teman sekelompok berbicara, dan juga bekerja sama saling bantu untuk menyelesaikan permasalahan.

4. Menghilangkan kebosanan
Salah satu hal yang paling menganggu pada saat belajar sendiri atau individu adalah rasa bosan dan ngantuk yang kerap kali datang. Rasa bosan dan ngantuk ini tak akan lagi ditemukan apabila siswa belajar secara berkelompok. Dengan adanya seseorang yang diajak diskusi akan membuat pembelajaran lebih mengasyikan dan menarik. Belum lagi kegiatan belajar kelompok dapat diselipi dengan canda dan tawa yang semakin membuat rasa bosan dan ngantuk hilang.

5. Meningkatkan komitmen
Belajar kelompok terbukti ampuh dalam menambah komitmen siswa terhadap tugas atau permasalahan yang dihadapi. Hal ini disebabkan karena jika bekerja secara bekelompok, secara otomatis semua anggota kelompok mempunyai tanggung jawab dalam keberhasilan kelompok tersebut. Tentu ini dapat menambah komitmen karena tidak ada orang yang mau mengecewakan anggota kelompoknya sendiri.

6. Lebih leluasa untuk bertanya
Dalam sebuah regu atau kelompok, tak jarang terdapat seorang siswa yang kurang memahami suatu materi atau pembelajaran. Pada umumnya, seorang siswa tidak akan leluasa untuk bertanya pada guru saat disekolah. Keterbatasan waktu dan banyaknya murid menjadi beberapa alasannya.
Dengan adanya kegiatan belajar kelompok, ini akan membuat siswa lebih leluasa untuk bertanya mengenai materi atau pembelajaran yang kurang dipahami. Selain lebih leluasa, bertanya kepada teman sebaya juga pada umumnya lebih mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari yang lebih mudah dipahami.

Demikian ulasan mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan belajar kelompok untuk siswa. Semoga ulasan ini dapat membuat pembaca khususnya yang masih duduk di bangku sekolah untuk mengetahui manfaat dari belajar kelompok.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top