Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keuntungan Menulis di Kompasiana untuk Mahasiswa

Jika Anda adalah seorang mahasiswa tentu harus tahu apa keuntungan menulis di Kompasiana. Platform ini sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai platform berisi berita dan informasi.

Namun Anda pernah memikirkan siapa sebenarnya para penulis yang mengisi Kompasiana dengan informasi dan berita actual. Ternyata para penulis tersebut berasal dari masyarakat sendiri, terutama anak – anak muda yang masih sekolah atau sedang kuliah.

Tidak heran jika Kompasiana memiliki isi informasi yang jelas dan bermanfaat untuk para pembacanya, karena semua penulisnya memang berkualitas. Anda juga bisa menulis di platform ini sama halnya dengan orang – orang lain yang menjadi penulis Kompasiana.

Tentu saja menulis untuk platform ini memiiki banyak manfaat dan keuntungan. Selain bisa menjadi salah satu orang yang berperan menyajikan tulisan informatif pada orang lain, tentu masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan.

4 Keuntungan Menulis di Kompasiana untuk Mahasiswa

4 Keuntungan Menulis di Kompasiana

Siapa yang tidak tahu Kompasiana, jika mencari informasi tertentu di internet biasanya platform ini akan tersedia di pencarian paling atas atau setidaknya di halaman utama. Melihat terkenalnya platform ini, tentu ada keuntungan yang bisa didapat jika Anda menulis di sana.

1. Belajar Cara Menulis dengan Benar

Keuntungan utamanya adalah bisa mulai belajar cara menulis artikel dengan baik dan benar. Tidak semua orang memiliki bakat dalam menulis, namun hal ini bisa dilatih secara rutin. Semua tulisan di Kompasiana biasanya berkualitas baik dari segi informasinya dan gaya tulisannya.

Melihat semua itu, tentu penulis lain seharusnya lebih termotivasi untuk membuat tulisan yang sama berkualitasnya. Dengan keuntungan menulis di Kompasiana ini, semua penulis akan mampu membuat tulisan berkualitas untuk platform lain atau untuk kepentingan pribadi.

2. Menjadi Media Personal Branding

Kemudian Anda juga bisa memanfaatkan platform ini sebagai media personal branding. Bagaimana tidak, setiap artikel yang dituliskan pada Kompasiana akan selalu disertai dengan nama penulisnya. Jadi sedikit demi sedikit, para pembaca akan mengenal penulisnya dengan baik.

Siapa tahu suatu saat nanti ada para penulis Kompasiana yang memilih membuat platform atau web sendiri untuk memuat karya pribadinya. Perkenalan web tersebut pasti akan lebih mudah jika sebelumnya penulis sudah terkenal melalui Kompasiana yang banyak dikenal orang.

3. Mendapat Pembaca yang Berkualitas

Keuntungan menulis di Kompasiana lainnya adalah pasti mendapat pembaca berkualitas. Siapa yang tidak ingin hasil tulisannya dibaca oleh orang – orang berkualitas. Jadi komentar yang ditinggalkan untuk tulisannya tersebut juga akan memberi kesan baik dan bermanfaat.

Namun terlepas dari pembacanya benar – benar berkualitas atau tidak, semua penulis memiliki kesempatan karya artikel informatifnya bisa dibaca oleh banyak orang. Apalagi platform ini bisa dijangkau dengan mudah dan sudah dikenal oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

4. Mendapatkan Penghasilan

Pastinya keuntungan menulis di Kompasiana terakhir adalah bisa mendapatkan penghasilan. Jadi penulis tidak hanya akan menulis karya informatif untuk keuntungan para pembaca, namun juga mendapat keuntungan sendiri berupa penghasilan sesuai dengan jumlah pembacanya.

Penghasilan ini sudah pasti akan sangat membantu. Meskipun sistem pembayaran atau penghasilan di Kompasiana masih disesuaikan dengan berapa banyak orang yang membaca karya penulisnya, namun tetap saja penghasilan akan memberi kepuasan tersendiri.

Tidak heran jika banyak pemuda terutama mahasiswa yang memilih bergabung di platform ini untuk menyediakan informasi penting berupa tulisan artikel. Hal ini karena keuntungan menulis di Kompasiana sangat banyak dan bermanfaat untuk mahasiswa.

Bagi Anda yang belum punya akun kompasiana, silakan Daftar