8/28/2016

Cara Termudah Mengajukan NISN Peserta Didik/Siswa Baru 2016

Cara Mengajukan NISN Siswa/Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2016/2017_Cara mendapatkan NISN baru bagi Siswa pada tahun pelajaran 2016/2017 ini berbeda dengan cara mengajukan NISN peserta didik baru pada tahun ajaran 2015/2016. Di mana pada tahun pelajaran 2015/2016, untuk mendapatkan NISN bagi siswa baru SD atau mungkin SMP/SMA/SMK ( pada umumnya pengajuan NISN cukup 1 kali yakni di SD karena NISN tersebut berlaku juga ketika siswa sudah melanjutkan ke jenjang selanjutnya, namun tidak menutup kemungkinan karena suatu hal yang menjadikan siswa SMP/SMA belum punya NISN), seorang Operator Sekolah harus mengajukan NISN siswa baru lewat Verval PD di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Namun pada tahun pelajaran 2016/2017, untuk mengajukan NISN peserta didik baru, Operator Sekolah dapat melakukannya dengan lebih mudah karena sekarang sudah tidak ada lagi tombol Match maupun Not Match di tab Residu ( ahaa, tab residunya juga sudah tidak ada, adanya diagram lingkaran yang menunjukkan perbandingan data referensi dan residu). Jadi, intinya proses pengajuan/pembuatan NISN baru bagi siswa/peserta didik baru kelas 1 SD tidak bisa dilakukan oleh Operator Sekolah karena hak akses untuk mengajukan/membuat NISN baru pada tahun pelajaran 2016/2017 hanya bisa dilakukan oleh Operator Dinas Kabupaten/Kota masing-masing.

Cara Termudah Mengajukan NISN Peserta Didik/Siswa Baru 2016

Langkah-Langkah Mengajukan/Mendapatkan NISN Baru Tahun 2016
Wah, karena pengajuan NISN baru bagi peserta didik/siswa baru hanya bisa dilakukan oleh Operator Kabupaten/Kota, maka langkah-langkah yang bisa Operator Sekolah lakukan agar siswa baru di sekolahnya bisa mendapatkan NISN adalah sebagai berikut:

1. Tambahkan Siswa Baru Kelas 1 SD di Aplikasi Dapodik
Seperti tahun pelajaran sebelumnya, bahwa proses awal yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah untuk mengajukan NISN siswa baru adalah dengan menginputkan data peserta didik baru secara lengkap dan valid.

2. Melakukan Sinkronisasi Dapodik
Setelah data siswa baru sudah dimasukkan semua ke dapodik dan Anda sudah yakin akan kevalidannya, silakan lakukan sinkronisasi online dapodik versi terbaru saat ini.

3. Pastikan Data Siswa Baru sudah Masuk di Halaman Website http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
Jika Anda sudah melakukan sinkronisasi, silkan cek secara berkala dengan cara online yakni login di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan username dan password dapodik/verval PD sekolah Anda.

4. Cek Residu di Halaman Home http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
Jika sinkronisasi dapodik sudah berhasil dan datanya sudah masuk di web http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/, maka Pada home website Verval PD tersebut secara default sudah ditampilkan perbandingan data dalam bentuk diagram lingkaran. Anda bisa mengecek berapa prosentase/persen data yang masuk referensi dan residu.

Prosentase data pada referensi menunjukkan siswa di sekolah Anda yang sudah memiliki NISN, sedangkan prosentase di residu menunjukkan data siswa yang belum memiliki NISN yakni sama dengan siswa baru kelas 1 SD yang Anda inputkan di dapodik.

Kok hanya ada diagram lingkaran tentang perbandingan data referensi dan residu, di mana tab residu yang berisi daftar siswa yang akan diajukan NISNnya?

OK, mari kita bandingkan menu-menu yang ada pada web Verval PD tahun pelajaran 2015/2016 dengan tahun ajaran 2016/2017:

a. Tampilan Halaman Web Verval PD Tahun Pelajaran 2015/2016
Tampilan Halaman Web Verval PD Tahun Pelajaran 2015/2016
Nah itu di atas adalah tampilan halaman website Verval PD TP. 2015/2016, di mana dengan adanya tab residu, dulu sebagian Operator Sekolah mencari info tentang Cara Verval PD Siswa Baru untuk Mendapatkan/Mengajukan NISN atau Cara Mengajukan NISN Siswa Baru di Verval PD secara online setelah OPS memasukkan data di dapodik.
b. Tampilan Halaman Web Verval PD Tahun Pelajaran 2016/2017
Fungsi Menu Verval PD Tahun Pelajaran 2016/2017 Terkait NISN

Tampilan web Verval PD tahun pelajaran 2016/2017 tentunya lebih OK dibanding tahun ajaran sebelumnya, ahaa,,,sekalian kita mengenali menu-menu Verval PD dan fungsinya yuk:
  • home: menampilkan perbandingan data
  • referensi: berisi 2 sub menu yakni "Aktif" yang berisi daftar siswa sekolah saat ini yang sudah memiliki NISN, sedangkan sub menu "Lulusan" berisi daftar NISN siswa lulusan sekolah Anda pada tahun pelajaran 2014/2015 dan TA. 2015/2016.
  • belum memiliki NISN: berisi data siswa yang belum memiliki NISN yakni para siswa baru kelas 1 yang datanya sama dengan yang Anda inputkan di dapodik.
  • status pengajuan mutasi: cukup jelas
  • edit data: cukup jelas
  • logout: sangat jelas, he he
Demikian tentang Cara Mendapatkan NISN Baru yang prosesnya dari Dapodik sampai di halaman web Verval PD, silakan cek secara berkala di menu "Aktif" verval PD, jika Operator Kabupaten/Kota di daerah Anda sudah membuatkan NISN baru bagi Siswa di sekolah Anda, maka secara otomatis pada diagram perbandingan data akan tampil dengan prosentase referensi siswa pemilik NISN "Aktif" 100% dan untuk memastikan bahwa sudah tidak ada siswa baru yang NISNnya belum jadi, silakan cek di menu "Belum Memiliki NISN" dan pastikan di sana sudah kosong. Asyik deh, para OPS tinggal tunggu saja sampai prosentase residunya kosong atau nol persen.
Artikel Pilihan

14 komentar

sampai kapan batas penerimaan nisn siswa baru......kok masih di belum memeiliki nisn....

Terima kasih informasinya, mudah2aan dinas kabupaten masing2 bisa bergerak cepat dan tepat sehingga tidak terjadi keresahan dikalangan satuan pendidikann, dengan perubahan system ini

berarti kita cuma menunggu dibuatkan operator kabupaten ya nisn nya...?

Nice info... mudah2an bisa cepet dapet NISN siswa kelas 1 nya...

gan, berarti masih enak tampilan tahun kemarin?

slmt sg. ini dgn operator sdk watuneso, sesuai dgn prinsip efektif % efisien maka saran sya agar vervalpd kembali pada operator sekolah masing. terima kasih.

kalau mau mengajukan edit data pada NISN itu berarti ke SD (sekolah dibuatnya NISN) atau dari sekolah yang sekarang(SMA) ?

Tambah susah, synkronnya susah, bikin NISN hrus menempuh jarak puluhan KM.... Piye iky mas

hemm makin tidak efisien saja jadinya....makin lama terbit NISN klo begini aturannya..

nisn yg di input di dapdik ternyata adalah nisn milik siswa lain. itu bagaimana ? hanya ada pilihan match saja. padahal nama dan lainnya berbeda.

terima kasih atas pencerahanya

Mind. ok gak muncul juga NISN a ?
ada aturan baru atau gimna ni ?
dah lebih 3 minggu gak muncul juga NISN a.

cek di verval juga data PD a gak muncul.
cek di data.dikdasmen.kemdikbud.go.id udah muncul tapi gak ada NISN a juga ???

salam gan..saya ops baru,..kalau kelas 1 msuk secara otomatis.jadi gimana ya kalau saya mw mengajukan NISN untuk kelas 6,..karena murid ini mutasi kesekolah saya tanpa memiliki NISN..saya sdah beritahukan kepada wali murid untuk meminta NISN Kesekolah sebelumnya...dan sekolah sebelumnya mengatakan murid belum memiliki NiSn..sehingga sekolah baru saja yang mengajukan NISN Baru jadi gimana caranya ya gan..saya benar-benar bingung..karena murid ini sudah kelas 6...

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top