Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia_Jurusan Ilmu Hukum menjadi salah satu jurusan yang banyak menjadi incaran calon mahasiswa baru. Mereka memilih jurusan ini, karena peluang kerja yang menjanjikan di masa depan. Sebagai patokan dalam memilih jurusan hukum atau jurusan lainnya, Anda bisa melihat akreditasi dari jurusan itu. Semakin baik akreditasinya maka semakin baik pula kualitasnya.  BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi sering merilis daftar akreditasi universitas dan jurusan setiap tahunnya. Bagi jurusan yang mendapat peringkat akreditasi A, berarti jurusan itu sudah memiliki kualitas yang baik.
Universitas Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia

Daftar universitas yang mempunyai jurusan ilmu hukum berakreditasi A di Indonesia:
1. Universitas Gajah Mada (UGM)
Sebagai universitas tertua di Indonesia, UGM tentu mempunyai fakultas-fakultas yang berkualitas di Indonesia. Salah satunya adalah fakultas hukum. Fakultas hukum UGM menjadi fakultas hukum terbaik di Indonesia.

Tak khayal, setiap tahunnya fakultas ini menjadi idola bagi mahasiswa baru yang masuk di UGM.  Banyak tokoh-tokoh hukum di Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di UGM seperti Denny Indrayana, Ganjar Pranowo, Refly Harun, Zaenal Arifin M dan masih banyak lagi.
Selain itu, alumni fakultas hukum UGM menjadi salah satu pemasok terbesar hakim, jaksa dan advokat di Indonesia.

2. Universitas Indonesia (UI)
Universitas yang terkenal dengan kampus kuning ini mempunyai fakultas hukum yang terbaik kedua setelah UGM. Pamor yang baik ini menjadikan FH UI sebagai incaran banyak orang. Universitas Indonesia sering memenangi lomba di bidang hukum baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lulusan dari UI ini banyak yang menjadi tokoh penting hukum di Indonesia seperti Jimly Asshiddiqie Ketua MK pertama, Adnan Buyung Nasution pendiri Lembaga Bantuan Hukum dan Yusril Ihza Mahendra sebagai ahli hukum tata negara.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)
FH UNDIP atau Fakultas Hukum UNDIP menjadi salah satu fakultas yang banyak diminati mahasiswa UNDIP selain fakultas kedokteran. Fakultas yang terkenal dengan empat pilar besar di bangunannya ini merupakan fakultas pertama yang didirikan di UNDIP.

Menjadi salah satu fakultas hukum terbaik, UNDIP pernah melahirkan tokoh penting hukum seperti Prof. Satjiepto Rahardjo yang terkenal di dunia hukum internasional tentang teori batas wilayah negara.

4. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)
Di posisi ke empat ditempati oleh Universitas Brawijaya. Universitas ini merupakan universitas favorit di wilayah Jawa Timur tepatnya di Kota Malang. Unibraw memiliki fakultas hukum yang dikenal memiliki kualitas yang mumpuni.

Belakangan ini, FH Unibraw sering memenangi lomba di bidang hukum tingkat nasional. Hal ini dikarenakan adanya pengembangan dan gemblengan pendidikan hukum di Unibraw.

5. Universitas Padjajaran (UNPAD)
UNPAD atau Universitas Padjajaran merupakan universitas kebanggaan warga Bandung Jawa Barat. Salah satu kebanggan dari UNPAD yaitu adanya fakultas hukum yang berkualitas. FH UNPAD memiliki akreditasi A yang tercatat di BAN-PT tahun 2011.

Salah satu tokoh yang menjadi alumni dari FH UNPAD yaitu Ruhut Sitompul yang terkenal dengan gaya yang nyentrik ini menjadi anggota legislatif komisi tiga.

6. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
Peringkat enam diduduki oleh FH UNS. Universitas ini adalah universitas tertua sekaligus sebagai kebanggaan orang di Surakarta. Selain itu, FH UNS juga menjadi fakultas tertua di UNS dan masih eksis sampai sekarang.

FH UNS melahirkan orang-orang yang bekerja di bidang birokrasi, pemerintahan, politik, hukum dan perusahaan di Indonesia.

Demikian tentang Universitas Terbaik Jurusan Hukum di Indonesia. Semoga bermanfaat.