Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak

Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak- Pendidikan Karakter Pada Anak Sangat Penting dalam Menentukan Masa Depan Mereka. Pendidikan yang diterapkan dalam lingkungan sekolah berguna dalam menuntun serta memaksimalkan kecakapan serta kemampuan kognitif, saat ini pendidikan karakter belum bisa ditanamkan secara maksimal di sekolah . Jadi, peran serta orang tua/keluarga dan lingkungan sangat memengaruhi keberhasilan dalam menanamkan dan membentuk peserta didik menjadi anak yang memiliki karakter bagus.
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak

A. Pengertian pendidikan karakter
Pendidikan karakter bisa diartikan sebagai, suatu pendidikan yang dilakukan untuk mendidik atau  mempengaruhi karakter seseorang/siswa. Atau bisa juga didefinisikan sebagai suatu usaha untuk membantu seseorang hingga seseorang tersebut bisa, memperhatikan, memahami serta melakukan nilai-nilai etika atau norma. Sedangkan pengertian Karakter sendiri jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ialah nilai atau keunikan yang terpateri dalam diri seseorang dan terejawantahkan menjadi perilaku.

Faktor yang memengaruhi Pendidikan Karakter
Banyak faktor yang mempengaruhi karakter atau watak seseorang, salah satunya adalah faktor lingkungan.

Karakter dalam konteks pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, sebab perubahan perilaku seseorang atau anak sebagai hasil dari suatu proses pendidikan yang sangat di pengaruhi  faktor lingkungan atau dengan kata lain dapat diartikan,  pengaruh serta rekayasa lingkungan yang mencakup lingkungan fisik, budaya di sekolah, masyarakat, manajemen di sekolah, guru, dan metode dalam mengajar.

Karakter yang terbentuk kuat dari proses rekayasa lingkungan dapat rubah melalui cara berikut ini:
Melakukan keteladanan atau memberi contoh, pembiasaan baik yang dilakukan terus-menerus atau secara konsisten serta mengintervensi atau bisa dijabarkan, pembentukan karakter serta perkembangannya  membutuhkan keteladanan yang ditularkan, mengintervensi dalam proses pembelajaran dan pelatihan, pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang panjang serta dilakukan secara konsisten.

B. Tujuan Pendidikan Karakter.
Pada intinya tujuan dari pendidikan karakter adalah membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong royong, mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesama, berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

C. Fungsi Pendidikan Karakter:
Beberapa fungsi penting dari pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berpikiran yang baik. Dengan fungsi besarnya untuk memperkuat serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur. Selain itu pendidikan kharakter juga berfungsi meningkatkan peradaban manusia dan bangsa  yang baik  di dalam pergaulan dunia.
Pendidikan karakter dapat dilakukan bukan hanya di bangku sekolah, melainkan juga dari bergai media yang meliputi keluarga, lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media tegnologi.

D. Pentingnya Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter sangat penting karena sebagai penyeimbang dari kecakapan kognitif. Contoh nyata dari tidak seimbangnya  pendidikan kognitif dengan pendidikan karakter adalah saat kita melihat atau sering kita jumpai, ada  seorang pengusaha kaya yang justru sangat tidak dermawan, dan tidak peduli dengan tetangganya yang kelaparan serta hidup serba berkekurangan.

Demikian tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak. Semoga bermanfaat.