Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sendi beserta Contoh Sendi Engsel, Putar, Peluru, Geser, dan Pelana

Pengertian Sendi, Jenis, Fungsi, dan Contoh Sendi Engsel, Putar, Peluru, Geser, dan Pelana_Rangka tubuh manusia dapat digerakkan karena bersambungan antara tulang yang satu dengan yang  lain. Diantara tulang yang satu dengan yang lain ada yang namanya penghubung. Lalu, apa itu sendi ?, Sendi adalah penghubung antartulang. Pada rangka manusia memiliki lima jenis sendi yang terdiri atas sendi engsel, putar, peluru, geser, dan sendi pelana.
Pengertian Sendi beserta Contoh Sendi Engsel, Putar, Peluru, Geser, dan Pelana

1. Sendi engsel
Sendi engsel
Sendi engsel adalah penghubung antartulang yang bisa berfungsi menggerakkan satu arah gerakan. Contohnya gerakan pada siku tangan yang hanya bisa digerkkan/ditekuk ke arah depan.
Contoh sendi engsel
Contoh lain pada gerakan siku kaki yang hanya bisa digerakkan ke arah belakang.
Contoh sendi engsel
Gerakan siku tangan dan kaki merupakan kerja dari sendi engsel.

2. Sendi putar
Sendi putar terdapat pada pertemuan antara tulang pemutar dan atlas. Tulang atlas adalah ruas pertama pada tulang leher. Sendi ini juga terdapat di antara tulang hasta dan pengumpil. Pada sendi putar, tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lain. Tulang lainnya bertindak sebagai poros.

3. Sendi peluru
Sendi peluru
Sendi peluru dapat digerakkan ke segala arah. Apa bedanya dengan sendi engsel? Mari menggerakkan lengan atasmu. Ke arah mana saja Anda dapat menggerakkannya? Gerakan tersebut merupakan kerja dari sendi peluru. Sendi peluru menghubungkan tulang lengan atas dengan gelang bahu. Ujung tulang lengan atas bersambungan dengan tulang bermangkok gelang bahu.

4. Sendi geser
Sendi geser terdapat pada tulang-tulang pergelangan kaki dan tangan. Sendi geser hanya memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Pada sendi geser, ujung tulang satu menggeser ujung tulang lain.

5. Sendi pelana
Sendi pelana
Coba gerakkan ibu jari Anda. Ke arah mana saja Anda dapat menggerakkannya? Sendi pelana memungkinkan gerakan kedua arah. Seperti yang terjadi pada gerakan ibu jari tanganmu. Gerakan yang terjadi mirip seperti pelana kuda ketika berlari. Sendi pelana juga terdapat pada tulang pertama pergelangan tangan.

Demikian tentang Pengertian Sendi beserta Contoh Sendi Engsel, Putar, Peluru, Geser, dan Pelana. Semoga bermanfaat.