Tema, Logo, dan Doa Hari Sumpah Pemuda 2019, serta Buku Pedoman Peringatan HSP ke-91 Tahun 2019

Tema, Logo, dan Do'a Hari Sumpah Pemuda 2019, serta Buku Pedoman Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019_Apa tema HSP tahun 2019?, tema Hari Sumpah Pemuda 2019 adalah “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut tertuang pada SAMBUTAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA di BUKU PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 TAHUN 2019, Jakarta, 28 Oktober 2019. Seperti di bawah ini.
Tema, Logo, dan Doa Hari Sumpah Pemuda 2019, serta Buku Pedoman Peringatan HSP ke-91 Tahun 2019

Silakan Download Pedoman Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019

DAFTAR ISI
PETUNJUK PELAKSANAAN
PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 91
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR..........................................................................iii
DAFTAR ISI..........................................................................................vii
I. PENDAHULUAN...........................................................................1
A.LATAR BELAKANG.................................................................1
Setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Bangsa Indonesia saat ini mengapresiasi serta memberikan ruang bagi pemuda milenial untuk membangun sebuah citacita Indonesia masa depan. Membangun optimisme kolektif bahwa suatu saat para anak muda akan mampu mewujudkan cita-cita Indonesia, dan menjadi terhormat di antara bangsabangsa lain di dunia.

Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai permasalahan kebangsaan, antara lain: korupsi, kemiskinan, pengangguran, p0r*n0grafi, lunturnya rasa nasionalisme, narkoba, serta sejumlah masalah bangsa yang masih membutuhkan karakter serta solusi kreatif dari pemuda. Semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berdiam diri dan apatis memandang masa depan Indonesia.

Karena itu, selain penguatan karakter, kreatif, dan kritis mengawal perjalanan bangsa, para pemuda Indonesia harus optimis dalam memandang masa depan. Itulah yang dimaksud dengan gerakan kepemudaan yang inklusif dan integral yaitu gerakan moral, gerakan intelektual, sekaligus membangun optimisme kolektif.

Ada tiga hal yang harus dimiliki pemuda untuk memenangi “pertarungan” di masa depan sekaligus mewujudkan cita-cita Indonesia yaitu Karakter, Kapasitas/skill dan Inovasi.

Pertama, diperlukan pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, baik karakter moral maupun karakter kinerja. Indonesia sangat membutuhkan pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Karena itu, pemerintah baik pusat maupun daerah dan institusi pendidikan perlu memfasilitasi terbangunnya karakter yang tangguh di kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemuda.

Kedua, memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang cukup mumpuni. Para pemuda, misalnya, perlu mendalami studinya secara serius agar menjadi spesialis keilmuan tertentu, yaitu memiliki spesialisasi dalam menguasai suatu bidang pengetahuan secara mendalam sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Para pemuda perlu memiliki skill tertentu untuk bersaing di dunia kerja. Indonesia jelas memerlukan pemuda yang profesional dan menguasai ilmu pengetahuan secara “mendalam”.

Ketiga, memiliki inovasi-inovasi baru sehingga pemuda Indonesia mampu berperan aktif dalam kancah internasional dan memenangi kompetisi global sekaligus mewujudkan citacita Indonesia di masa depan.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan telah mengisyaratkan bahwa semangat dan motivasi baru bagi bangsa khususnya pemuda Indonesia untuk memperjuangkan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang bersatu dan berdaulat. Untuk itu, dalam rangka memberikan makna yang lebih dalam akan arti penting sebuah momentum sejarah pemuda, bangsa ini perlu merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam perjalanan sejarah sumpah pemuda, sebagai bagian dari proses sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka jiwa dan semangat sumpah pemuda perlu diaktualisasikan agar tetap relevan dan terpatri dalam sanubari, di tengah perubahan zaman yang semakin cepat dan dinamis.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 dengan tema BERSATU KITA MAJU. Eksistensi dan kemajuan Indonesia tergantung pada semangat persatuan yang telah diperjuangkan sejak 28 Oktober 1928 dan pemuda saat ini harus menyadari berbagai tantangan global.

B.DASAR.........................................................................................3
C.MAKSUD DAN TUJUAN........................................................4
D.SASARAN...................................................................................5

II. PENYELENGGARAAN...............................................................6
A. TEMA DAN SUB TEMA.......................................................6
B. LOGO HSP ke-91 tahun 2019 ...........................................6
logo Hri Sumpah Pemuda 2019

C. Makna Logo ...........................................................................6

III. PROGRAM DAN KEGIATAN...................................................8
A.SOSIALISASI DAN PUBLIKASI.........................................8
B. PERSIAPAN KEGIATAN......................................................9
C. RANGKAIAN KEGIATAN ...................................................9
viii Petunjuk Pelaksanaan Peringatan
Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019
IV. KETENTUAN PENYELENGGARAAN..................................10
A. UMUM.........................................................................................10
B. KHUSUS ....................................................................................11
C. ACARA PUNCAK...................................................................14
V. PENUTUP........................................................................................15
LAMPIRAN............................................................................. 17
A. PIDATO MENTERI PEMUDA & OLAHRAGA PADA UPACARA
PERINGATAN HSP KE 91 TAHUN 2019. ............................18
B. LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA...........................22
C. PANCASILA DAN UNDANG UNDANG DASAR 1945......23
D. PEMBACAAN TEKS KEPUTUSAN KONGRES
PEMUDA INDONESIA 1928.......................................................25
E. LAGU SATU NUSA SATU BANGSA.......................................27
F. LAGU BAGIMU NEGERI..............................................................28
G. LAGU BANGUN PEMUDA.......................................................29
H. DOA HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 TANGGAL 28 OKTOBER 2019

DO’A PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER TAHUN 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, pada saat yang berbahagia dan khidmat ini kami berhimpun untuk memperingati hari bersejarah dalam rangkaian panjang perjuangan bangsa kami, Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 Tahun 2019 seraya berdoa berserah diri kepada-Mu.

Ya Allah yang Maha Agung lagi Maha Perkasa
Berikanlah kepada para pemimpin kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan dan rasa syukur yang tinggi dalam mengabdi serta berkarya sehingga masing-masing kami dapat menunaikan peran dan arah dengan benar. Taatkan kesabaran kami, kokohkan kesungguhan kami, bersihkan hati kami agar kami tetap mampu berupaya keluar dari lilitan persoalan yang sulit kami pecahkan, agar kami bersikap bijak atas kekurangan, kesedihan, harapan dan perjuangan yang belum selesai.

Ya Allah yang Maha Kuasa, jadikanlah Pemuda Indonesia Pemuda yang yang Mandiri, dan Kreatif demi memajukan kemajuan Bangsa dan Negara, jadikanlah pemuda Indonesia menjadi pemimpin- pemimpin dunia dan berilah kekuatan dan bimbinganMu Ya Allah yang Maha Perkasa,

Ya Allah yang Maha Bijaksana eratkan persaudaraan kami hingga menghasilkan kekuatan dahsyat untuk membangun kemaslahatan bangsa dan dunia. Limpahkan hikmahmu agar perbedaan yang ada mampu kami rajut menjadi mozaik kekuatan membangun kejayaan bangsa. Jauhkan kami dari sifat iri, dengki dan mementingkan diri sendiri serta perangai yang tidak terpuji.

Ya Allah yang Maha Mengabulkan Do’a, bimbinglah para pemuda dan pemudi harapan bangsa. Jadikanlah para pemuda kami menjadi pemuda yang Tangguh dalam berkarya, kuat dalam berpendirian, selalu menegakkan kejujuran dan keadilan, serta senantiasa berlomba dalam kebaikan. Jadikanlah para pemuda-pemudi kami menjadi pelopor perubahan yang bermartabat, menjunjung tinggi etika dan moral serta mengedepankan semangat nasionalisme. Jauhkanlah sifat tamak, iri dan dengki, serta segala perilaku yang menjadi larangan agama dan negara.

Karena itu ya Allah, tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar, sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang yang Engkau hinakan. Karena itu hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami berserah diri.

Yaa Allah, Engkau pemilik waktu. Sebelum ajal kepastian-Mu menjemput kami. Perkenankan kami melihat generasi kami, sebagai anak-anak bangsa yang beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, mencintai tanah air, dan berprestasi di tingkat dunia. Jadikanlah mereka pejuang-pejuang yang rela berkorban demi kejayaan bangsa dan negara. Jadikanlah mereka pemuda dan pemudi yang lebih suka memberi dari pada meminta, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dan pengorbanan para pendahulu mereka. Sehingga Negara kami menjadi negara yang baltadatun thoyyibatun wa robbun ghofuur.

Robbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzabannaar. Wa shollallohu ‘ala sayyidna Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim, Subhana robbika robbil ‘izzati ‘amma yashifuun, wa salamun ‘alal mursalin,Walhamdulillahi robbil alamiin.

Demikian tentang Tema, Logo, dan Doa HSP 2019, serta Buku Pedoman Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tema, Logo, dan Doa Hari Sumpah Pemuda 2019, serta Buku Pedoman Peringatan HSP ke-91 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel