Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara yang Benar dalam Mendidik Remaja Menurut Islam

Inilah Cara yang Benar dalam Mendidik Remaja Menurut Islam_Berbeda dengan mendidik anak balita, mendidik anak remaja terbilang lebih susah. Sebab saat remaja pengaruh yang membentuk karakter sang anak bukan hanya dari keluarganya saja. Melainkan dari lingkungan tempat tinggalnya, teman nongkrongnya, teman sekolahnya, dan lain sebagainya. Dan tentunya, tidak semua dari mereka mengajarkan hal-hal yang baik. Justru terkadanng malah sebaliknya. Untuk itu sebagai orangtua Anda harus mendidiknya secara ekstra, agar anak Anda tidak terjerumus ke jalan yang salah.
Inilah Cara yang Benar dalam Mendidik Remaja Menurut Islam

Tips Mendidik Remaja Menurut Islam

1. Mendekatkan remaja kepada Allah
Sifat remaja yang masih labil atau tidak memiliki pendirian dan kekanak-kanakan dapat Anda kontrol dengan mendekatan mereka kepada Allah swt. Semakin buah hati Anda dekat kepada sang maha kuasa, hal tersebut dapat melindungi mereka dari hal yang dapat menjerumuskan dan membebaskan mereka agar tidak terjerumus kepada kenikmatan dunia yang menipu dan fana. Ingatkan selalu buah hati Anda apa saja larangan dan kewajiban yang harus dipatuhi agar dapat selalu dekat dengan Allah swt. Dengan dekatnya mereka pada Allah swt, mereka akan selalu mendapat perlindungan dan tuntunan ke jalan yang benar sesuai ajaran agama.

2. Mengenalkan pentingnya Shalat tepat waktu
Menurut imam al baqir dan imam Ash Shadiq as menerangkan bahwa kita diharapkan untuk mengenalkan Shalat pada buah hati kita sejak usia 5 tahun mulai dari mengenalkan arah kiblat lalu berwudhu dan sholat. Pelaksanaan sholat lima waktu dengan  tepat juga perlu Anda ajarkan kepada remaja Anda agar tidak lalai dan mengenal disiplin. Selain melatih disiplin, rasa tanggung jawab dan sikap merasa bersalah dan terbebani akan muncul ketika buah hati Anda tidak melaksanakan Shalat secara tepat waktu. Patuhnya kepada ketepatan waktu menjalankan Shalat dapat meningkatkan rasa tanggung jawab. Sehingga setiap kegiatan wajib yang dimilikinya akan dilajalankan dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh.

3. Menjauhkan dari akhlak tercela
Di dalam Islam, perbuatan tercela sangat tidak diperbolehkan. Setiap perbuatan tercela akan mendapat dosa di dunia dan siksaan atau balasan di akhirat nanti. Dengan jauhnya remaja Anda terhadap akhlak tercela, mereka akan dapat memahami mana hal yang salah dan mana hal yang benar dan harus dijalani atau dihindari. Penambahan wawasan remaja Anda tentang macam-macam akhlak tercela akan semakin banyak sehingga mereka akan menjauhinya dan berubah menjadi insan yang bijaksana dan patuh kepada Anda, agama, dan Allah swt.

4. Membiasakan melakukan ibadah sunnah
Pelaksanaan ibadah sunnah selain menambah amalan tambahan juga dapat melatih remaja Anda menjadi remaja yang tidak pemalas. Dikatakan demikian karena mereka menjadi terbiasa melakukan kegiatan yang tidak wajib dikerjakan. Selain itu dapat meningkatkan rasa rajin pada pembentukan kepribadian buah hati Anda. Dengan melaksanakan ibadah sunnah, semakin mendekatkan buah hati Anda kepada jalan yang benar sesuai ajaran agama.

5. Memberikan contoh teladan
Anda sebagai orangtua pastilah yang menjadi contoh teladan pertama bagi tumbuh kembang buah hati Anda terutama remaja yang sedang mencari jati diri. Pemberian contoh teladan seperti mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab, memberi bantuan kepada seseorang yang membutuhkan bantuan dan lain sebagainya dapat meningkatkan pembertukan karakter dari remaja Anda. Jadi sikap remaja selain dipengaruhi oleh individunya juga dipengaruhi oleh lingkungan luar yaitu contoh dari perilaku Anda. Benar kata pepatah yang mengatakan bahwa buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendidik buah hati sesuai dengan ajaran Islam. Semoga berhasil.