Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis

Cara Mudah Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis_Di zaman modern ini, gaya hidup menjadi semakin materialistis. Semuanya diukur dengan kemewahan dan uang, hal yang kemudian menularkan perilaku negatif kepada generasi muda, anak-anak yang kita cintai. Sangat disayangkan apabila anak-anak kita dipengaruhi zaman dan menjadikan mereka bersifat materialistis. Sebagai orangtua, kita mempunyai kewajiban untuk mendidik mereka dengan baik. Lalu bagaimana cara mendidik anak agar tidak menjadi materialistis?.
Cara Mudah Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis
Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak-anak agar tidak menjadi materialistis :

1. Biasakan anak-anak untuk hidup bersahaja
Ajari dan biasakan anak-anak kita untuk hidup bersahaja. Jauhkan dari mainan mahal yang tidak begitu dibutuhkan mereka. Tak perlu pergi ke hotel atau restoran mahal, tapi ajari mereka tentang kesederhanaan dan bahwa kebahagiaan tak selalu didapat dengan harga yang mahal.

2. Ajari anak-anak untuk berbagi kebahagiaan
Sejak dini, kita dapat tanamkan kepada anak-anak kita kepedulian kepada orang lain. Ajari mereka untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kurang beruntung. Dengan demikian, anak-anak kita akan tumbuh menjadi orang yang peka terhadap sesama dan jauh dari sifat egois.

3. Kenalkan anak-anak kepada Tuhan dan agama sejak dini
Iman adalah pilar utama yang akan membentuk karakter anak-anak kita. Untuk itulah kita sebagai orangtua harus mengajari anak-anak kita agar taat kepada Tuhan dan mempelajari agama dengan baik.

4. Ajari anak-anak untuk mandiri
Berikan anak-anak kita jatah uang dalam jumlah tertentu dan biarkan ia mengaturnya sendiri untuk waktu 1 minggu atau 1 bulan. Dengan cara ini anak-anak kita akan belajar mengatur uang untuk keperluannya, sehingga ia akan berpikir secara mandiri. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai kita memberikan uang yang terlalu besar jumlahnya atau berlebihan.

5. Tunjukkan bahwa kebersamaan itu indah
Ajari anak-anak kita untuk bersikap baik kepada siapa pun. Tunjukkan bahwa kebersamaan adalah hal yang paling dapat memberikan kebahagiaan. Berikan mereka ruang untuk bercerita atau berkeluh kesah. Dengan cara ini anak-anak kita akan terhindar dari pelarian psikis yang biasanya mengarah kepada foya-foya atau hal negatif lainnya.

Demikian artikel tentang cara mendidik anak agar tidak menjadi materialistis. Semoga bermanfaat.