Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Daun Afrika Vernonia Amygdalina dan Manfaatnya

Mengenal Ciri-Ciri Daun Afrika Vernonia Amygdalina dan Manfaatnya- Daun Afrika memiliki berbagai nama lain ataupun nama latin seperti: daun afrika selatan, daun pokok bismillah, vernonia amygdalina, pokok ketum cina, south afrika, daun south afrika selatan. Tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Seperti foto-foto yang ada di halaman ini juga foto asli tumbuhan afrika yang saya ambil secara langsung.
Tumbuhan yang banyak khasiatnya bagi kesehatan ini memiliki ciri-ciri yang antara lain sebagai berikut :

1. Daun afrika berwarna hijau tua dan rasanya pahit
Ciri-Ciri Daun Afrika Vernonia Amygdalina dan Manfaatnya

Daun Afrika/Vernonia Amygdalina

Warna daun afrika yaitu hijau tua, daun yang masih muda pun berwarna hijau tua, jadi hanya ada perbedaan sedikit antara warna daun tua dengan daun yang masih muda. Daun afrika bertulang daun menyirip. Daun afrika langsung tumbuh/menempel pada batang tanaman obat ini. Daun afrika rasanya pahit.

2. Batang tanaman "daun afrika" 
Batang tanaman "daun afrika"

Batang dan Daun  Tanaman Vernonia Amygdalina

Batang/kulit batang afrika berkayu dan berwarna hijau tua ( sama dengan warna daunnya ) jika masih muda, sedangkan kulit batang yang sudah tua berwarna abu-abu keputihan. Lapisan kulitnya ada beberapa bercak seperti bercak pada kulit batang tumbuhan pace/mengkudu.

Cara menanam tumbuhan "daun afrika"
Cara menanam vernonia amygdalina cukup mudah yakni dengan cara stek batang. Jika ditanam di pot pun tumbuhan ini bisa tumbuh dengan subur.

Khasiat daun afrika/pokok bismillah/vernonia amygdalina

Daun afrika memiliki banyak manfaat bagi kesehatan/pengobaan penyakit seperti menyembuhkan penyakit diabetes, darah tinggi, stroke, batuk, kencing manis, mual, dan sebagainya. Daun afrika juga bisa sebagai anti oksidan dan menambah nafsu makan. Cara pengobatan suatu penyakit dengan daun afrika sangat lah mudah, antara lain dengan cara memakan daun afrika yang masih mentah/sebagai lalaban, bisa juga dengan cara merebusnya kemudian diminum.

Demikian tentang Ciri-Ciri Daun Afrika/Vernonia Amygdalina dan Khasiatnya. Semoga bermanfaat