Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menjadi Blogger yang Profesional dan Sukses

Tips-Cara Menjadi Blogger yang Profesional dan Sukses_Ingat: Profesional Dulu Baru Sukses_Menjadi seorang blogger dengan kegiatan utama berupa tulis menulis yang kemudian dibagikan kepada publik bukan hanya sekedar hobi semata. Menjadi blogger kini dikategorikan sebagai sebuah profesi. Kegiatan tulis menulis tersebut dapat menghasilkan uang yang menambah pundi-pundi kekayaan seseorang. Menjadi seorang blogger atau profesi blogger kian digemari oleh berbagai kalangan.

Hal tersebut dikarenakan mengelola sebuah blog dapat dilakukan di mana pun dan kapa pun, meski pekerjaan seorang blogger memang menuntut banyak waktu dan menguras pikiran. Yang diperlukan hanya ketekunan dalam mengelola blog dan kreatifitas yang sekiranya bisa dinikmati oleh publik. Menjadi blogger semakin diminati karena banyaknya seorang bogger yang kini menjadi artis bahkan pebisnis.

Bagi Anda yang belum menjadi Blogger, silakan baca Cara Membuat Blog untuk Pemula

Kapan seorang Blogger bisa dikatakan sukses dan profesional?
Seorang blogger dikatakan sukses dalam segi finansial apabila blog yang dipublikasikan tersebut mampu menambah pundi-pundi kekayaan si blogger. Seorang blogger bisa dikatakan profesional jika blog atau tulisannya menarik dan  mampu menarik perhatian banyak orang sehingga blog atau tulisan yang dipublikasikan tersebut dapat bermanfaat bagi publik dan mendapat sambutan positif serta blogtersebut sering dibaca atau dikunjungi oleh banyak orang.

Lalu bagaimana caranya menjadi seorang blogger yang sukses dan professional di mana seseorang yang mampu menghasilkan uang dan hasil tulisan yang dipublikasikan mampu menarik perhatian dan viewers yang banyak?. 

Sekedar menjadi seorang blogger memang cukup mudah, hanya bermodalkan blog dan rutin mempublikasikan tulisan pada blog tersebut sudah bisa dikatakan seorang blogger.

Namun menjadi seorang blogger yang profesional dan sukses membutuhkan ketekunan dan kekreatifan ekstra.

Banyak modal untuk berjuang dalam membangun sebuah blog, misalnya waktu, tenaga, dan uang. Seringkali modal tersebut tidak membuahkan hasil bahkan memberikan efek jera atau putus asa. Padahal masih ada cara lain jika cara yang sudah dilakukan belum berhasil.

Sembilan ( 9 ) Cara Menjadi Blogger yang Profesional dan Sukses
Cara Menjadi Blogger yang Profesional dan Sukses

1. Jangan menunda untuk memulai
Setiap orang memiliki peluang menjadi seorang blogger yang profesional dan sukses. Hanya saja untuk memulainya yang terkesan sulit. Sulit untuk mulai bergerak, sulit untuk mulai menulis, mencari ide, menentukan topik yang sekiranya sedang dibutuhkan masyarakat, dan sulitnya kemauan diri dalam mempelajari seluk beluk tentang blog. Hal tersebutlah penghalang utama yang dihadapi oleh setiap calon blogger yang masih enggan belajar.

2. Kelola waktu sebaik mungkin
Menjadi seorang blogger memang menguras waktu yang cukup banyak, terutama waktu di depan layar komputer/laptop/smartphone guna mengelola blog.

Disatu sisi, seorang blogger harus lebih rajin menggali informasi baik dari sosial media atau pada lingkungan sosial secara langsung.

Hal tersebut menjadi dilema utama seorang blogger dalam mengatur waktu antara di depan komputer atau berhadapan dengan lingkungan sosial.

Kesulitan membagi waktu terjadi karena seorang blogger bisa membagikan kegiatan dalam waktu-waktu tertentu. Misalnya dalam sehari selama 24 jam, bisa menyisihkan waktu pagi untuk mencari ide bagi seorang blogger yang sudah lulus sekolah, kemudian siangnya digunakan untuk mengumpulkan ide tersebut dalam bentuk tulisan, dan malamnya untuk beristirahat sembari chit-chat dengan blogger lain.

3. Menentukan keahlian utama yang akan digunakan sebagai topik utama dalam blog
Setiap orang tentunya memiliki keahlian yang bisa dibagikan ilmunya ke publik. Jika ingin menjadi seorang blogger yang sukses dan profesional, keahlian tersebut hendaknya lebih diasah lagi.

Keahlian menjadi point tersendiri dikarenakan apabila seseorang dirasa sudah ahli maka tingkat kepercayaan publik akan bertambah. Misalnya Anda merupakan seorang yang ahli dalam bidang otomotif, seni, dan lainnya.

Seorang blogger yang ahli di bidang otomotif bisa memanfaatkan pengetahuannya untuk dibuat menjadi sebuah content blog.

Untuk meningkatkan kepercayaan publik, blogger yang ahli dalam bidang otomotif tadi bisa menambahkan beberapa bukti misalnya seperti dokumentasi kegiatan dalam bidang otomotif berupa foto atau video yang menunjukkan  sedang melakukan reparasi mesin mobil dan lainnya.

4. Mengasah bakat menulis dengan bahasa yang komunikatif
Banyak orang yang ingin menjadi blogger dan sudah memiliki talenta atau keahlian khusus yang hendak di blow-up kepada publik, namun tidak memiliki bakat dalam menulis. Sehingga talenta tersebut tidak bisa disalurkan menggunakan blog. Hal tersebut memang menjadi salah satu penghambat seseorang dalam menekuni profesi blogger dan seringkali menjadi alasan untuk malas dan putus asa .

Oleh karena itu, seseorang yang hendak menjadi seorang blogger profesional dan sukses harus banyak membaca baik membaca blog milik orang lain atau membaca tulisan yang sekiranya merupakan jenis atau contoh tulisan yang menarik untuk dibaca publik. Dari hanya membaca kemudian bisa dilanjutkan dengan mencoba menulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti terlebih dahulu.

5. Memiliki keahlian khusus marketing di luar keahlian utama
Jika hendak menjadi bloger yang sukses menghasilkan uang, hendaknya memiliki kemampuan khusus di luar kemampuan utama yang dimiliki.

Kemampuan tersebut merupakan kemampuan dalam bidang pemasaran. Apabila blog kita telah banyak disukai dan dibaca orang maka kita bisa membuka jasa marketing berupa iklan atau promoting. Jasa tersebut sangat memerlukan keahlian pada bidangnya.

Seorang blogger tidak bisa hanya menawarkan sebuah produk atau jasa pada setiap orang yang mengunjungi situs blognya. Ada teknik-teknik khusus yang harus dipelajari antara lain bagaimana caranya menawarkan produk atau jasa dengan baik dan sopan, bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan atau seseorang yang menggunakan jasa kita, serta banyak lagi yang harus diketahui dan dipelajari.

6. Pengetahuan  teknis dasar tentang tak-tik dunia blogging
Pengetahuan umum tentang seluk-beluk dan lika-liku blogging juga sangat perlu diketahui bagi calon blogger professional dan sukses. Pengetahuan dasar tentang blog misalnya pengetahuan tentang database, plugin, scrift, domain, fitur yang disediakan pihak platform, desain blogging semenarik mungkin. Intinya untuk menjadi seorang blogger profesional haruslah paham dan fasih mengenai istilah pada blog.

Artikel terkait: Tips dan Trik Ngeblog

7. Kreatif dan inovatif
Keratifitas dan inovasi menjadi point penting yang tidak bisa disepelekan. Seseorang yang memiliki keratifias dan inovasi tinggi cenderung menghasilkan karya-karya yang sangat diminati masyarakat.

Banyak orang sukses yang memulai usaha dari keratifitas yang dimiliki dan terus dikembangkan dengan inovasi. Seseorang yang kreatif memiliki keahlian problem solving dan tahu apa yang sedang diperlukan.

8. Network yang luas
Seorang calon blogger profesional dan sukses hendaknya memiliki hubungan yang baik dan luas baik antara sesama blogger maupun dengan lingkungan sosialnya.

Hal tersebut untuk meningkatkan skill dan saling membagi pengalaman yang sekiranya berpotensi untuk meningkatkan rating blog. Selain itu, banyaknya jaringan juga memudahkan dalam mendapat peluang terutama dalam peluang bisnis.

9. Kemampuan komunikasi yang baik
Seorang yang menjadi blogger profesional menuntun untuk menjadi seorang blogger sukses. Dalam Hal profesional, kemampuan komunikasi sangat diperlukan. Seorang blogger yang aktif dan ahli biasanya akan selalau dituntut untuk rutin berkomunikasi dengan pelanggan atau publik. Keahlian komunikasi tersebut berguna untuk menjadikan percakapan lebih komunikatif, mudah dipahami, dan dimengerti publik.

Demikian tentang Tips Menjadi Blogger Profesional dan Sukses. Semoga bermanfaat.