Perbedaan antara Blog (Blogger), Website, Vlog (Vlogger), dan Youtuber

Perbedaan Pengertian Blog (Blogger), Website, Vlog (Vlogger), dan Youtuber_Dunia telekomunikasi semakin menyajikan layanan dan fitur yang semakin bervariasi. Akses serta penggunaan yang terkesan sederhana dan tidak menyulitkan user membuat beberapa layanan seperti blog atau website bukan hanya sekadar menjadi fitur yang dapat diakses oleh siapa saja, tetapi menggunakan salah satu dari fitur tersebut merupakan hobi tersendiri masyarakat modern saat ini.

Banyak jenis hobi yang dapat terakomodasikan oleh keberadaan fitur dan layanan tersebut, misalnya bagi yang hobi menulis bisa menggunakan situs yang bisa digunakan untuk membuat blog/website, seperti platform blogger atau wordpress dan sebagainya, bagi yang menyukai dunia perfilman atau video bisa menggunakan youtube, dan masih banyak lagi hobby yang terakomodasikan bahkan hobby baru yang muncul karena adanya fitur tersebut.

Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Blog (Blogger), Website, Vlog (Vlogger) dan Youtuber


Perbedaan antara Blog (Blogger), Website, Vlog (Vlogger), dan Youtuber

A. Blog 
Blog merupakan media atau saran yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk membagikan sebuah tulisan, cerita, pengalaman dalam bentuk teks serta bisa disisipkan foto, audio, dan video.

Blog bertujuan untuk mewadahi kebutuhan masyarakat akan tulis menulis. Satu akun blog biasanya dimiliki oleh satu orang, artinya blog khusus digunakan secara pribadi. Ibaratnya blog merupakan buku harian modern.

Tujuan blog memang hanya untuk keperluan pribadi si pemilik akun berisi cerita, tips, atau opini yang dibagikan kepada orang lain, akan tetapi banyak juga pemilik blog yang memanfaatkan akun blog mereka sebagai sarana untuk menghasilkan uang.

Pembuatan blog sangat sederhana yang dibutuhkan hanya alamat e-mail gmail akun Google yang aktif serta password, sama halnya seperti membuat akun sosial media pada umumnya.

Membuat sebuah akun blog tidak memerlukan biaya, alias gratis. Hal tersebut dikarenakan platform blog sudah menyediakan  subdomain dan webhosting bagi para pengguna.

Karena pembuatan blog tidak berbayar, maka tampilan serta fitur yang tersedia pun cukup terbatas.

Dari segi desain halaman, blog bisa didesain dengan tema tampilan atau template yang disediakan oleh pihak platform.

Blogger pada mulanya adalah sebuah layanan berupa publikasi blog yang diciptakan oleh Pyra Labs. Kemudian pada tahun 2003, Google.inc mengakuisisi blog dan blog difasilitasi host oleh Google akan tetapi masih berada di bawah subdomain blogspot.com. Itulah mengapa ketika kita ingin membuat sebuah blog melalui blogspot, maka akan terkoneksi dengan akun e-mail dari gmail.

Kini istilah blogger bertransisi menjadi sebutan bagi seseorang yang mengelola blog.

Blogger secara umum merupakan sebutan bagi seseorang yang rutin menggunakan blog atau seseorang yang secara aktif mempublikasikan dan membagikan sesuatu menggunakan akun blog.

Blogger semakin populer dikarenakan banyaknya blogger yang mulai terjun dalam bidang seni, wisata, bisnis, bahkan bidang hiburan.

Artikel terkait, baca Cara Mudah Membuat Blog

B. Website
Meskipun website dan blog sama-sama merupakan media atau sarana yang digunakan untuk membagikan sesuatu kepada publik, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mudah diidentifikasikan.

Dalam pembuatan website, diperlukan biaya ekstra untuk menyewa webhosting dan domain per tahunnya.

Itulah alasan mengapa website dominan dibuat untuk kepentingan yang lebih komersial. Meski ada juga yang membuat website yang digunakan untuk instansi dan pribadi.

Pembuatan website juga memerlukan pemahaman mendalam terlebih dahulu mengenai tata cara dan penggunaan website.

Hal tersebut dikarenakan membuat website tidak semudah pembuatan blog yang hanya membutuhkan e-mail dan password saja.

Website memerlukan webhosting, domain, script yang diupload ke webhosting, bahkan sampai membutuhkan File Transfer Protokol (FTP).

Itulah mengapa seringkali para pemula mengalami kesulitan dalam membuat website, berbeda dengan akun blog yang bisa dibuat oleh siapa pun.

Akan tetapi website menyediakan berbagai fitur  yang tidak dimiliki oleh blog dan berbagai template yang lebih menarik.

Tema dan template pun bisa disesuaikan dan didesain sesuai dengan kebutuhan, selera, atau kecocokan dengan content website kita, sehingga tampilan website seringkali tidak sama dengan website lainnya.

Website lebih mengakomodasi pengguna dengan tersedianya beberapa fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemilik maupun pengunjung.

Website juga bisa dihubungkan dengan berbagai jendela website yang sama pada satu halaman. Tentunya jika ingin membuat sebuah wadah atau sarana yang digunakan untuk kepentingan marketing atau bisnis, website lebih disarankan.

C. Vlog
Vlog merupakan gabungan dari kata video dan blog atau diknal dengan nama lain vidblogging.

Vlog merupakan suatu kegiatan dalam bentuk blogging dengan menggunakan video untuk sebagai content utama.

Video yang diunggah biasanya merupakan video pribadi berisi perjalanan, cerita yang diabadikan berupa video, atau tragedi yang kebetulan sedang terjadi dan sebagainya.

Video-video tersebut direkam langsung  oleh si pengguna video blogging baik menggunakan kamera ponsel maupun kamera digital yang dilengkapi dengan mikropon untuk mendukung audio dari video tersebut.

Hasil video dari rekaman tersebut bisa diupload dimana saja misalnya pada website atau blog yang kemudian biasanya dilengkapi dengan caption berupa deskripsi dari inti keseluruhan isi video.

Seseorang yang rutin memainkan dan seseorang yang rutin merekam momen dan mengunggah ke berbagai situs jasa playvideo atau treaming video seperti youtube, metacafe, Twitch dan sebagainya serta bisa juga diunggah ke dalam blog atau website pribadi seorang vlogger.

Vlogger lebih diminati menjadi hobi karena kemudahannya yang hanya bermodalkan alat perekam dan microphone saja.

D. Youtuber
Youtuber merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang secara aktif dan rutin mengunggah video pada situs youtube terutama video pribadi baik berupa pengalaman pribadi, tips, kreatifitas atau talenta berupa pembuatan film pendek, video klip, video review, tutorial, serta kejadian yang dialami langsung oleh si youtuber yang sekiranya sangat menarik dan bermanfaat untuk disaksikan oleh publik.

Menjadi youtuber bukan semata hanya sebagai hobi dengan membagikan video saja, akan tetapi kini youtuber bisa dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan uang dari Google.

Sudah banyak youtuber yang mengawali karier dari hanya sebatas mengupload video pribadi atau rekaman skillnya ke dalam youtube yang kemudian menjadi youtuber terkenal dengan penghasilan yang fantastis.

Perbedaan dengan Vlogger, yang hanya mengandalkan perekan video dan microphone saja, menjadi seorang youtuber membutuhkan perangkat lain terutama aplikasi atau software editing video yang mampu mendukung kesempurnaan hasil video.

Selain itu, youtuber lebih sering mengambil video pada suatu daerah tertentu atau mengeksplorasi suatu tempat beserta sosial, budaya, dan makanan daerah.

Itu sebabnya menjadi youtuber lebih banyak mengeluarkan biaya daripada hanya sekadar menjadi vlogger.

Hasil video dari seorang youtuber hanya diupload pada situs youtube saja, itulah mengapa dinamakan youtuber. Berbeda dengan vlogger yang bisa mengupload hasil video pada situs manapun khususnya sosmed. Tujuan youtuber juga lebih mengutamakan penghasilan daripada  sekedar hobi.

Demikian tentang Perbedaan Pengertian Blog (Blogger), Website, Vlog (Vlogger), dan Youtuber. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top