3/26/2016

Cara Membuat Web Sekolah Gratis dengan Blogger dan Wordpress

3 Cara Membuat Web Sekolah-  Bagaimana cara membuat website sekolah gratis dengan Blogger.com dan Wordpress.com?, Bagaimana juga cara membuat website sekolah dengan Wordpress.org?. Untuk pembuatan web sekolah di Blogger Blogspot bisa Anda lakukan pembuatannya dengan cepat, mudah, dan gratis selamanya. Untuk memiliki web sekolah di wordpress.com, bisa Anda dapatkan dengan gratis juga. Anda juga bisa membuat web sekolah premium di platform wordpress.com ini. Adapun untuk membuat web sekolah dengan wordpress.org bisa Anda lakukan dengan cara membeli/menyewa hosting dengan bonus gratis domain di layanan penyedia hosting dan domain.

Pembaca yang budiman, sebelum pembahasan lebih jauh tentang cara membuat website sekolah, mari kita baca kembali tentang definisi web/blog dan manfaat web sekolah bagi warga sekolah dan dunia pendidikan Indonesia.

Definisi web
Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.  ( Sumber : Wikipedia )

Definisi blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.( Sumber : Wikipedia )

Intinya baik menggunakan web atau blog sebenarnya kurang lebihnya sama saja yaitu untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain di seluruh penjuru dunia. Selain sebagai sarana menginformasikan sesuatu, web/blog juga bisa kita manfaatkan sebagai arsip online.

Sahabat Pembaca, seiring dengan semakin tumbuhkembangnya teknologi informasi, kita mestinya dapat memanfaatkan teknologi sebagai penunjang keberhasilan proses dan hasil pembelajaran sekolah melalui media web. Meminjam istilah pembelajaran berbasis kompetensi, maka bisa dikatakan juga pengembangan kompetensi berbasis web.
Cara Membuat Web Sekolah
Gambar Web Sekolah

Peningkatan dan atau pengembangan kemampuan warga sekolah dapat juga dilakukan dengan cara membangun web sekolah dengan serius. Jika saat ini mayoritas sekolah sudah memiliki akun media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain, mengapa juga bagi sekolah yang belum memiliki web/blog belum juga membuat web sekolah?, padahal web sekolah itu sangat penting dan bermanfaat. Adapun manfat-manfaat yang kita dapatkan antara lain sebagai berikut :

Manfaat web sekolah bagi Kepala Sekolah
  • sarana publikasi online tentang profil sekolah
  • memudahkan terwujudnya visi dan misi sekolah
Manfaat web sekolah bagi Komite Sekolah
  • lebih mudah dalam memantau kondisi sekolah
  • mengerti kebutuhan sekolah sehingga lebih cepat dan mudah berpartisipasi memajukan sekolah
Manfaat web sekolah bagi Guru
  • meningkatkan kompetensi
  • membantu siswa dalam berkreasi
  • terjadi interaksi aktif secara online
  • menyediakan sarana belajar bagi siswa yang tidak terbatas pada ruang dan wakt
Manfaat web sekolah bagi Wali Siswa dan Masyarakat
  • bisa mengakses data-data tentang sekolah tanpa harus datang ke sekolah
  • memantau kemajuan/perkembangan sekolah
  • bisa dijadikan referensi dan rujukan untuk memilih sekolah yang benar-benar berkualitas
Manfaat web sekolah bagi Siswa
  • menjadi sarana belajar yang bisa menumbuhkembangkan kreatifitas siswa
  • menjadi sarana belajar yang menyenangkan
  • melihat informasi terbaru dari sekolah
  • mengakses materi pelajaran yang ada di sekolah dan tak terbatas
  • mengerjakan tugas secara online
  • meningkatkan hasil belajar siswa
Dengan adanya web sekolah, pihak Dinas Pendidikan juga bisa mengambil manfaatnya yakni lebih memudahkan pihak Dinas Pendidikan dalam memantau perkembangan sekolah.

Tiga ( 3 ) Cara membuat web sekolah

Jika Anda ingin membuat web sekolah, Anda bisa membuat website/blog sekolah gratis dengan Blogger.com , Wordpress.com, dan sebagainya. Sebenarnya cara membuat web sekolah adalah sama dengan membuat web pada umumnya.


1. Cara Membuat Web Sekolah Gratis dengan Blogger Untuk membuat web/blog sekolah, kita dapat memanfaatkan blog gratisan dulu seperti pembuatan blog pada platform blogger. Jika ingin yang berbayar, kita bisa memanfaatkan jasa pembuatan web sekolah, karena sekarang banyak banget penyedia jasa pembuatan web. Silakan cari di mbah Google. Untuk pembuatan web/blog gratisan, silakan baca Cara Membuat Web 5 Menit Langsung Jadi.

Setelah Anda selesai membuat blog gratisan di blogspot, Anda mungkin ingin mengganti domain blogspot dengan domain sch.id. Maksudnya hostingnya tetap pakai yang gratisan yakni dengan Blogger.com sedangkan yang diganti hanya domainnya saja. Untuk hal ini, Anda bisa baca Cara Mengganti Domain Blogspot dengan Top Level Domain sch.id, com, net.

2. Cara Membuat Web Sekolah Gratis dengan Wordpress.com
Jika Anda menginginkan membuat web sekolah gratis di wordpress.com, silakan baca Cara Membuat Web Sekolah Gratis dengan Wordpress.com

3. Cara Membuat Web Sekolah dengan Wordpress.org
Sebelum Anda membuat web sekolah dengan wordpress, terlebih dahulu Anda harus membeli hosting di layanan penyedia hosting dan domain. Anda cukup membeli hosting saja, karena pada umumnya layanan penyedia hosting itu memberi bonus gratis domain. Baca Cara Membeli Hosting dengan Bonus Gratis Top Level Domain sch.id.

Adapun untuk membuat web sekolah dengan wordpress, silakan baca Cara Membuat Website dengan Wordpress

Demikian tentang Cara Membuat Web Sekolah Gratis dan Premium dengan Wordpress. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan

1 komentar:

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top