11/23/2016

7 Cara Mengatasi Anak yang Cengeng

Tips Mengatasi Anak yang Cengeng_Memiliki anak dengan sikap mandiri dan tangguh merupakan dambaan bagi setiap orangtua. Untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah karena orang tua harus memberikan banyak arahan kepada anak. Jika membimbing anak-anak dengan cara yang kurang tepat, tak jarang mereka akan bersikap manja dan sering menangis setiap menginginkan sesuatu. Alhasil, para orangtua akan merasa gemas dengan sikap anak-anaknya yang cengeng, sehingga orang tua berusaha mencari cara untuk mengubah sikap tersebut. Sebagai referensi bagi Anda, pada halaman ini akan kami tampilkan beberapa cara untuk menghadapi anak yang cengeng dengan strategi paling tepat. Beberapa cara tersebut adalah seperti di bawah ini.
7 Cara Mengatasi Anak yang Cengeng
7 Cara Mengatasi Anak Cengeng

1. Perlakukan dengan Lembut dan Jangan Memarahi
Ketika menghadapai anak-anak yang cengeng, sebaiknya Anda tidak membalasnya dengan emosi atau memukulnya. Karena memperlakukan anak dengan sikap tersebut justru akan membuat anak-anak semakin menangis dan sulit menghilangkan sikapnya yang cengeng.

Selain itu, menghadapi anak cengeng dengan kekerasan akan membuat mereka meniru sikap tersebut ketika melihat orang lain yang juga sedang menangis.

2. Abaikan Tangisan
Walaupun Anda sangat tidak dianjurkan mengahadapi anak-anak dengan emosi ketika mereka menangis, tetapi bukan berarti Anda harus selalu menuruti semua keinginannya.

Jika mereka selalu menangis atau merengek ketika meminta sesuatu, sebaiknya Anda harus bersikap sedikit tegas untuk mengabaikan tangisannya. Hal ini merupakan upaya paling utama untuk membuat anak-anak tidak cengeng lagi.

3. Tanamkan Sikap Percaya Diri
Tips mengatasi anak yang cengeng kali ini dapat dilakukan dengan cara melatih anak untuk bersepeda di lingkungan sekitar rumah, misalnya. Mereka akan merasa lebih percaya diri ketika harus beraktivitas di depan umum dan lebih baik lagi jika Anda mengajak mereka bermain bersama anak-anak lain.

4. Jangan Terlalu Melindungi
Ketika anak-anak menghadapi masalah, sebaiknya Anda tidak selalu membantu mereka. Berikan arahan dan bimbingan ketika untuk mendapatkan solusi bersama.

Memberikan kesempatan lebih banyak pada anak-anak untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan akan membuat mereka lebih mandiri, serta tidak selalu menangis saat menghadapi kesulitan.

5. Ajari Cara Berkomunikasi yang Baik
Anak cengeng cenderung mengungkapkan keinginannya dengan cara menangis. Jika Anda selalu menuruti kemauannya, maka anak-anak akan mengetahui kelemahan dari orangtuanya.

Oleh sebab itu, ketika anak-anak menangis dan merengek setiap kali meminta sesuatu, sebaiknya Anda menasehatinya serta mengajarkan cara berkomunikasi yang lebih baik. Misalnya dengan mengatakan bahwa Anda tidak dapat memahami ucapannya jika terus merengek.

Dengan sikap tersebut yang dilakukan secara berulang-ulang, maka anak-anak akan terbiasa dan mengerti bahwa menangis bukanlah sikap yang baik.

6. Hindari Sikap Memanjakan yang Berlebihan
Tipa menghadapi anak cengeng berikutnya adalah dengan menghindari sikap yang terlalu memanjakan. Sebagian besar anak-anak yang dimanja cenderung bersikap cengeng dan tidak mandiri.

Keinginan yang selalu diwujudkan oleh orangtua membuat mereka selalu bersikap cengeng untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Walaupun sulit bagi Anda untuk sedikit tega, tetapi hal tersebut akan membantu Anda menghilangkan sikap cengeng pada anak.

7. Memberikan Sentuhan Kasih Sayang
Kontak fisik merupakan salah satu cara untuk menjalin kedekatan antara orangtua dengan anak. Sikap anak-anak yang cengeng terkadang juga didasari oleh kurangnya sikap perhatian yang diberikan orangtua.

Menghadapi anak-anak yang cengeng terutama anak laki-laki tentu akan menjadi permasalahan berat bagi orangtua. Oleh sebab itu, Anda harus sering melakukan sentuhan dengan cara memeluk atau membelai ketika mereka melakukan kebaikan.

Dengan sikap positif tersebut, anak-anak akan merasa lebih percaya diri ketika harus beraktivitas di depan umum.

Baca juga:
Demikian beberapa cara mengatasi anak cengeng yang dapat kami sampaikan. Semoga putra/putri Anda tidak cengeng.
Artikel Pilihan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top