11/25/2016

Cara Mendidik Anak Remaja Perempuan

Cara Mendidik Anak Perempuan _Masa remaja adalah masa yang harus benar-benar mendapat perhatian khusus buat tiap orang tua. Karena pada masa ini, putri Anda sedang dalam masa mencari jati diri. Mencoba hal baru, mulai mengerti perasaan suka dengan lawan jenis, dan hal-hal lain, yang bila tidak diarahkan ke hal yang positif bisa berakibat fatal buat masa depan sang anak. Dalam hal ini, ada baiknya Anda sebagai orang tua lebih pro aktif dan memberi perhatian lebih pada sang anak, berikan pengarahan serta didikan yang positif supaya anak Anda tidak salah jalur dalam bergaul ataupun memilih teman. Berikut  adalah beberapa contoh cara mendidik anak remaja putri/perempuan.

Cara Mendidik Anak Perempuan ABG
Tips mendidik anak perempuan
.
1. Ajarkan mengenai agama
Agama bisa dibilang sebagai tiang bagi kehidupan. Tanpa adanya agama, seseorang akan berperilaku seenaknya tanpa adanya batasan tertentu yang membuat mereka tidak bisa membedakan yang baik dan hal yang buruk.

Bekal yang berupa agama ini, sangat baik dijadikan sebagai bekal bagi anak perempuan terlebih bagi mereka yang memasuki masa remaja, dalam bertindak dalam masyarakat.

Entah perempuan maupun laki-laki, mereka dengan basic agama yang kuat, akan mampu membentengi diri mereka dari perbuatan yang buruk. Alhasil orang yang tidak perlu khawatir secara berlebihan saat anak bergaul di luar.

2. Tumbuhkan kesadaran sang anak mengenai kewajiban seorang perempuan
Ada baiknya jika sedari kecil Anda menumbuhkan kesadaran anak jika dia adalah seorang perempuan. Berbeda dengan laki-laki, anak perempuan harus diajarkan bagaimana caranya bersikap dan berpakaian layaknya seorang wanita.

Ajarkan pada mereka jika mereka tidak diperbolehkan bertingkah ataupun berpakaian layaknya laki-laki. Hal ini dilakukan untuk menimbulkan identitas mereka sebagai seorang perempuan.

Terutama di saat-saat mereka masih remaja, maka terjadinya krisis identitas, akan sangat mungkin terjadi. Di saat-saat inilah peran orang tua akan berpengaruh sangat besar bagi kehidupan mereka. Ajarkan mereka dengan baik, dengan komunikasi yang baik pula, sehingga sang anak tidak merasa tertekan karenanya.

3. Bekali anak perempuan Anda dengan cara berperilaku yang benar
Seorang anak perempuan yang menginjak masa remaja, sebaiknya diajarkan bagaimana cara berperilaku yang baik dan benar. Hal ini dilakukan supaya mereka menghindari yang namanya hal buruk terutama dalam bersosialisasi. Dalam hal ini bekal agama tentu menjadi pengaruh dominan yang mampu membuat anak Anda terhindar dari adab atau sikap yang buruk.

Mengajarkan seorang anak, mengenai bagaimana cara beradab, bisa dilakukan sejak mereka masih berusia dini. Kebiasaan berperilaku yang baik, akan menjadi bekal bagus di usia mereka yang makin beranjak dewasa.

Ajari mereka bagaimana cara bersikap di depan orang lain, ajari mereka bagaimana adab saat bertamu dan lain sebagainya. Cara mengajari seoang anak bagaimana beradab, sebaiknya tidak disampaikan secara lisan saja melainkan juga dengan diberi contoh secara nyata.

Sebagai orang tua, Anda harus bisa memberi contoh yang benar kepada mereka. Jangan sampai apa yang Anda ajarkan pada anak, berbeda dengan apa yang Anda lakukan.

4. Ajarkan kewajiban seorang anak perempuan
Meski masih remaja, namun mengajarkan kewajiban sebagai seorang wanita menjadi hal yang diperlukan. Bekali anak Anda supaya pintar dalam berumah tangga. Dalam hal ini, ada baiknya sang ibu lebih dekat dengan anak perempuan sehingga bisa dengan nyaman mengajari anak Anda bagaimana cara bersikap sebagai seorang wanita.

5. Ajarkan tentang perasaan suka pada lawan jenis yang positif
Sebenarnya bukan hal yang aneh atau salah jika anak Anda mulai memiliki perasaan suka terhadap lawan jenis. Agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang buruk, alangkah baiknya jika Anda melakukan pendekatan pada sang anak, usahakan Anda bisa menjadi teman dekatnya, sehingga saat anak sedang menyukai seseorang maka Anda adalah orang pertama sebagai tempat curhatnya. Dengan begitu Anda bisa memberikan masukan, dan hal-hal positif lainnya gimana menyikapi perasaan suka tersebut.

Mendidik anak perempuan terutama yang masih remaja, sebaiknya dilakukan dengan sabar. Dalam hal ini, diperlukan pendidikan akhlak, budi pekerti, serta moral juga beragam jenis keterampilan, sangatlah penting bagi bekal seorang anak perempuan dalam menuju proses pendewasaan mereka.

Demikian tentang Tips Mendidik Anak Remaja Putri/Perempuan. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top