8/20/2016

15 Universitas Terbaik Menurut Kemenristek Dikti

Universitas Terbaik di Indonesia Menurut Kemenristek Dikti_Kementrian ristek dikti merupakan sebuah kementrian RI yang mempunyai wewenang dan tugas dalam penyelenggaraan dan pengelolaan perguruan tinggi. Setiap tahunnya Kemenristek dikti selalu merilis data peringkat perguruan tinggi berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria tersebut antara lain kualitas sumber daya manusia, kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, manajemen dan kegiatan mahasiswa, Dari berbagai kriteria tersebut, Kemenristek dikti telah menetapkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2015 sebagai berikut.
15 Universitas Terbaik Menurut Kemenristek Dikti

1. Institut Teknologi Bandung
Sebagai peringkat pertama, ITB mempunyai total skor sebesar 3.743 dan mempunyai  nilai sempurna yaitu 4 untuk kriteria penelitian dan publikasi.

2. Universitas Gadjah Mada
UGM merupakan universitas tertua di Indonesia dan menurut data kemeristekdikti, UGM menempati posisi kedua dengan nilai 3.690. Point sempurna diraih UGM pada bidang kualitas manajemen dan kualitas kegiatan mahasiswa.

3. Institut Pertanian Bogor
Institut yang berada di Bogor Jawa Barat ini menduduki peringkat ketiga setelah UGM dan ITB menurut Kemenristek dikti pada tahun 2015. IPB memperoleh nilai total 3.490.

4. Universitas Indonesia
Universitas yang terkenal dengan kampus kuning ini menempati posisi empat sesuai data Kemenristek dikti dengan nilai 3.412

5. Institut Teknologi Sepuluh November
ITS adalah institut teknologi yang ternama di Jawa Timur tepatnya di Surabaya. ITS memegang peringkat ke lima dengan total nilai 3.289.

6. Universitas Brawijaya
Dengan nilai 3.217, Unibraw atau Universitas Brawijaya menempati posisi keenam.

7. Universitas Padjajaran (UNPAD)
Universitas favorit di Jatinangor Bandung ini menduduki peringkat Kemenristek dikti di nomor tujuh dan mempunyai nilai sebanyak 3.075.

8. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga atau UNAIR ini merupakan universitas yang berada di Surabaya dan telah menempati posisi kedelapan menurut data Kemenristek dikti dengan total nilai 3.064

9. Universitas Sebelas Maret
Selisih yang sangat sedikit dengan UNAIR dan UNPAD, menempatkan Universitas Sebelas Maret di peringkat sembilan dengan total nilai 3.035.

10. Universitas Diponegoro
Universitas yang namanya mengambil nama pahlawan di tanah Jawa ini menempati posisi ke sepuluh menurut data Kemenristek dikti dan mempunyai nilai sebanyak 2.983.

11. Universitas Hasanudin
Meskipun UNHAS menempati peringkat sebelas dengan total nilai 2.978, namun UNHAS masih perlu bersaing lagi dalam hal kualitas kegiatan mahasiswanya karena masih mendapat nilai 0 dari Kemenristek dikti.

12. Universitas Andalas
Universitas yang berada di tanah Sumatra ini berada di posisi dua belas dengan total nilai 2.753.

13. Universitas Negeri Malang
UNM atau Universitas Negeri Malang telah mampu bersaing dengan perguruan tinggi hebat lainnya dan berhasil mencapai peringkat tiga belas dengan nilai 2.742.

14. Universitas Negeri Yogyakarta
Sebagai universitas yang mempunyai jurusan pendidikan terbaik di Indonesia, UNY telah berhasil mengangkat kualitasnya dengan memperoleh nilai sebanyak 2.726 dan menempati urutan ke empat belas.

15. Universitas Kristen Petra
Sebagai salah satu universitas swasta di Indonesia, Universitas Kristen Petra telah sukses menempatkan diri di posisi lima belas dengan total 2.655.

Demikian tentang 15 Universitas Negeri/Swasta Terbaik Menurut Kemenristek Dikti. Semoga info ini bermanfaat.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top