8/14/2016

Daftar Universitas yang Membuka Kuliah secara Online

Daftar Universitas Online_Kuliah online merupakan jalur kuliah yang memberikan kesempatan para mahasiswanya untuk tidak bertemu secara langsung dengan sang dosen, namun melalui media komunikasi. Pembelajaran selama kuliah dilakukan dengan berkomunikasi dengan dosen melalui jaringan internet atau melalui file, video pembelajaran yang diberikan dosen. Para mahasiswa harus selalu aktif dalam mencari materi kuliah sendiri. Karena waktu kuliah online tidak lama seperti kuliah reguler. Pemberian tugas juga bisa dikirim dari dosen langsung kepada mahasiswa. Selain itu, gelar dari kuliah online dengan kuliah reguler tidak ada perbedaan.
Daftar Universitas yang Membuka Kuliah Online
Kuliah Online

Di Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi yang membuka kuliah online, antara lain:
1. Universitas Gajam Mada (UGM)
UGM telah menyediakan pembelajaran daring atau sistem pembalajaran online yang bisa diakses oleh mahasiswa. Program studi yang sudah ada fasilitas daringnya adalah percakapan bahasa Arab, genetika, mikrobiologi, teknologi reproduksi ternak dan jaringan komputer.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Selain UNDIP, kampus yang terkenal dengan kemajuan teknologinya ini juga menyelenggarakan kuliah online. Konsep kuliah online di ITB menggunakan pola student centered learning dalam sebuah sistem guna mengembangkan model pembelajaran berbasis ICT.

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)
Binus merupakan perguruan tinggi swasta yang memberikan fasilitas online dalam pemebelajarannya. Pola kuliah online Binus bernama Binus Online Learning. Di tahun 2016, Binus membuka pendaftaran kuliah online pada bulan September 2016.

Kuliah yang fleksibel menjadi keunggulan dari Binus. Adapun prodi yang dibuka Binus antara teknik informatika, akuntansi, sistem informasi, business management.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Universitas yang berlokasi di Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang ini membuka program kuliah online guna memperkaya metode pembelajaran di lingkungan Universitas Diponegoro.

5. Universitas Komunikasi Indonesia (UNIKOM)
UNIKOM Kuliah Online merupakan layanan UNIKOM yang memberikan sarana pembelajaran yang menggunakan media internet.

6. Universitas Indonesia (UI)
Universitas yang terkenal dengan kampus kuning ini juga menjadi sasaran mahasiswa untuk memilih kuliah online. Dengan didukung dosen yang kompeten, UI mampu memberikan layanan yang baik. Program kuliah online di UI sudah dimulai dari tahun 2002.

7. Universitas Terbuka (UT)
Kursus Online Gratis merupakan program kuliah online gratis di Universitas Terbuka. Kursus ini menggunakan metode belajar e-learning, Massive Open Online Courses (MOOCs) dan bagi pendaftar akan diberikan sertifikat.

UT juga menyelenggarakan kuliah online S2, ahaa tentunya ini tidak gratis.

8. Institut Teknologi Surabaya (ITS)
Di ITS ini, kuliah online dapat diakses oleh mahasisnya lintas jurusan bahkan lintas perguruan tinggi. Jika ada mahasiswa dari luar ITS maka saat ujian dilakukan secara online pula.

Lalu ITS akan mengeluarkan transkrip penilaian. Transkrip tersebut bisa dikirmkan ke perguruan tinggi peserta sebagai bukti telah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus.

Itulah beberapa universitas yang menyediakan fasilitas kuliah online guna meningkatkan akses dan mutu pendidikan tinggi, juga untuk memeratakan kualitas pendidikan.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top