8/19/2016

Fakultas Gizi Terbaik di Indonesia

Fakultas Gizi Terbaik di Indonesia_Walaupun jurusan ilmu gizi ini tidak sepopuler jurusan hukum, kedokteran, sipil, dan sebagainya. namun sebenarnya prospek kerjanya sangatlah luas. Sebut saja, sebagai ahli gizi di suatu perusahaan industri pangan, konsultan gizi, peniliti di bidang pangan dan masih banyak lagi. Seorang sarjana lulusan ilmu gizi akan mendapat gelar S.Gz dari universitasnya. Di Indonesia sendiri perguruan tinggi dengan jurusan ilmu gizi masih jarang ditemukan. Meskipun sedikit, tetapi ada perguruan tinggi yang mempunyai prodi ilmu gizi yang cukup berkualitas.
Perguruan tinggi mana saja itu?. Berikut ulasannya:
Fakultas Gizi Terbaik di Indonesia
Fakultas Gizi Terbaik di Indonesia

1. Institut Pertanian Bogor
Yang pertama adalah Institut Pertanian Bogor atau IPB yang berlokasi di Dramaga, Bogor, Jawa Barat. IPB mempunyai jurusan ilmu gizi yang akreditasinya sudah A. Maksudnya jurusan ilmu gizi di IPB sudah bisa dikatakan sangat baik.

Di IPB, ilmu gizi masuk kedalam Fakultas Ekologi Manusia atau FEM. Dengan akreditasi dan kualitas yang baik inilah, jurusan ilmu gizi terbaik ada di IPB.

2. Universitas Indonesia
Universitas yang terkenal dengan kampus kuning ini juga mempunyai jurusan ilmu gizi yang tak kalah dengan IPB. Sama-sama berkualitasnya tetapi bedanya disini ilmu gizi masuk kedalam Fakultas Kesehatan Masyarakat atau FKM.

Seorang sarjana ilmu gizi UI harus mempelajari mata kuliah wajib seperti anatomi, epidemiologi gizi, dietetika penyakit degeneratif, dasar-dasar kulienari dan masih banyak lagi.

3. Universitas Brawijaya
Selain IPB dan UI, Unibraw atau Universitas Brawijaya yang lokasinya di Malang Jawa Timur ini juga mempunyai jurusan ilmu gizi. Namun  sayangnya akreditasi ilmu gizi di Unibraw berada dibawah IPB yaitu B. Akan tetapi akreditasi B, bukan berarti jelek. Nilai B masih dalam kategori baik, terutama untuk jurusan ini. Di Universitas Brawijaya, jurusan ilmu gizi berada dibawah naungan Fakultas Kedokteran atau FK.

4. Universitas Diponegoro
Selanjutnya adalah universitas yang namanya diambil dari nama pahlawan di Jawa yaitu UNDIP atau Universitas Diponegoro. Sama halnya dengan Unibraw, UNDIP juga menempatkan Ilmu gizi dibawah Fakultas Kedokteran (FK UNDIP).

Kualitas jurusan ilmu gizi UNDIP sudah tidak diragukan lagi. Buktinya ilmu gizi UNDIP sudah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada bulan Februari 2016. Disini Anda akan merasakan atmosfer sebagai ahli gizi sesunggunya, karena Anda bisa langsung praktek di RS Kariadi Semarang.

5. Universitas Gadjah Mada
Sebagai pemegang titel universitas tertua di Indonesia, UGM sudah memilki jurusan ilmu gizi. Tidak seperti di universitas lain, di UGM pembelajaran ilmu gizi lebih fokus kepada gizi klinik bukan gizi institusi atau komunitas.

Sama seperti diatas, jurusan ilmu gizi UGM masuk kedalam Fakultas Kedokteran atau FK UGM. Seorang sarjana ilmu gizi UGM akan dibebani SKS sebanyak 150.

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Terakhir ada UMS. Di UMS jurusan ilmu gizi berada dibawah Fakultas Ilmu Kedokteran atau FIK. Berbeda dengan UGM, UMS akan membagi bidang ilmu gizi kedalam empat bidang yaitu gizi klinis, gizi masyarakat, gizi institusi dan gizi pangan atau kewirausahaan pangan.

Demikian tentang Daftar Fakultas Gizi Terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top