8/08/2016

Letak Nomor Akta Kelahiran; Cara Mengisi Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Lama dan Baru di Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SLB/SMA/SMK

Di mana Letak Nomor Registrasi Akta Kelahiran pada Akta Lahir Terbitan Lama dan Baru?, Bagaimana Cara Pengisian/Memasukkan/Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Lama dan Baru di Aplikasi Dapodik V.2016?_Sahabat pembaca, pada aplikasi dapodik SD/SMP/SLB/SMA/SMK ada beberapa menu pembaruan, salah satunya yaitu "Penambahan Kolom Nomor Registrasi Akta Lahir Peserta Didik". Adanya menu pembaruan tersebut ternyata menyebabkan para peserta didik, orang tua/wali siswa, guru, kepala sekolah, dan operator sekolah menjadi bertanya tentang Nomor Registrasi Akta Kelahiran itu Letaknya di mana, karena baik pada akte lahir model lama maupun baru itu ada beberapa nomor yang tercantum dan semuanya pantas dikira/disebut nomor akta kelahiran, ahaa jadi bingung deh yang mana sih nomor reg akta kelahirannya.

Awal kebingungan tersebut muncul ketika sebagian peserta didik dan/atau orang tua siswa sedang mengisi Formulir Dapodik Peserta Didik. Aduh, nomor akta kelahiran di mana ya?, tanya mereka. Akhirnya mereka mengisi kolom no. reg akta lahir dengan nomor yang mereka anggap itu adalah nomor registrasi akte kelahiran.

Wah, namanya juga mengisi sesuai dengan pemahaman masing-masing, jadinya ya ada yang benar dan salah. Hmm, pokoknya sudah melakukan pengisian formulir peserta didiklah, kata mereka dalam hati, he he. Nanti kan pihak sekolah mengecek akan kebenarnnya, ahaa harapan mereka tentunya.

Singkat kata, akhirnya formulir dapodik peserta didik pun dikumpulkan ke sekolah. Nah, ketika operator sekolah tengah menginputkan nomor registrasi akta kelahiran peserta didik ke aplikasi dapodik versi 2016, para OPS lama-lama menjadi bingung karena format nomor akta kelahiran dari siswa yang satu dengan lainnya ternyata banyak yang berbeda, haduh...jangan-jangan ini ada yang keliru dalam mengisikan nomor akta lahirnya...pikirnya para OPS dengan rasa khawatir.

Karena para Operator Sekolah takut salah tentang nomor registrasi akta kelahiran yang sedang dimasukkan ke aplikasi dapodik V.2016, maka sebagai solusinya para OPS pun membaca kembali petunjuk pengisian nomor akta lahir yang ada pada Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2016.

Setelah membaca panduan tersebut, sebagian OPS sudah yakin bahwa nomor akta yang diinputkan di dapodik V.2016 sudah benar. Namun setelah sebagian operator sekolah tersebut menyamakan persepsi ke sebagian OPS yang lain, eh ternyata mereka jadi bingung semua karena kini pemahamannya juga berbeda dan mereka sama-sama mengaku sudah mengisikan nomor akta kelahiran sesuai dengan pedoman pengisian yang didapatkan dengan cara mengunduhnya di website resmi dapo.dikdasmen.go.id.

Wah wah ini aneh kan, masa iya sih dengan pedoman yang sama kok fatal banget perbedaannya dalam memahaminya. Apa ada yang salah dengan petunjuknya?, he he,,,ya ga mungkin salah lah pedoman penggunaan dapodik dari admin pusat dapodikdasmen.

Lalu, kok bisa beda pemahamannya???, nah itu dia, makanya di halaman ini saya cerita panjang lebar kronologisnya nih. Sebenarnya pemahaman para OPS sama-sama benar, hanya saja Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik V.2016 yang dipelajari itu ada bedanya.

Di mana sebagain OPS mempelajari panduan dapodik yang merupakan hasil download saat awal dirilisnya dapodik V.2016, sedangkan sebagian OPS yang lain mempelajari Hasil Revisi Panduan Penggunaan Dapodik V.2016  yang diunduhnya baru-baru ini di website resmi dapo.dikdasmen.go.id. Nah, padahal panduan lama dengan panduan baru tersebut ada perbedaannya dalam hal letak nomor yang dimaksud sebagai nomor registrasi akta kelahiran. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Letak Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Lama/Baru dan Cara Memasukkannya ke Aplikasi Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SLB/SMA/SMK

A. Letak Nomor Registrasi Akta Kelahiran

1. Letak Nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Lama
Letak Nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Lama

Nomor Registrasi Akta Kelahiran model lama terletak di bawah "KUTIPAN AKTA KELAHIRAN". Tepatnya berada setelah Nomor: dan/atau No.

Pada contoh akta kelahiran terbitan tahun 2004 di atas, format nomornya yakni angka 4 digit/1 huruf kapital/tahun terbit, contoh: 2075/K/2004.

Namun format penulisan nomor akta kelahiran model lama dari tahun ke tahun bisa berbeda. Contoh lain formatnya seperti: 5476/2006 ( 4 digit angka/tahun terbit), 28/2007, 510/TP/2008, dan sebagainya.

2. Letak Nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Baru

a. Berdasarkan/sumber: Revisi Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016
Letak Nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Baru

Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Baru terletak setelah kalimat "Bedasarkan Akta Kelahiran Nomor". Pada contoh di atas, nomornya 3578-LU-28112012-0018. Contoh lain: 98385/TP/2009, 19635/TP/2010, 9106/TP/2011, 1905-LT-27052011-0030, dan sebagainya.

Bagi Anda yang dalam mengisikan nomor registrasi akta kelahiran sudah sesuai dengan cara di atas, maka yakinlah sudah benar karena sumbernya sudah jelas tuh.

b. Berdasarkan/sumber: Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 yang Lama/Sudah Tidak Berlaku
Ahaa, untuk yang poin b ini sebenarnya sudah tidak berlaku, namun tetap saya tuliskan di sini, agar teman-teman operator sekolah yang pedomannya adalah hasil download panduan lama dapodik V.2016 bisa segera mengeditnya sesuai dengan revisi panduan penggunaan dapodik versi 2016.

Jadi, santai saja karena Anda bukan salah, hanya saja kemarin Anda belum mengetahui info terbaru tentang revisi panduan dapodiknya.

B. Cara Mudah Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Lama dan Baru di Aplikasi Dapodik Versi 2016
Cara Mudah Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Lama dan Baru di Aplikasi Dapodik Versi 2016

1. Login Dapodik
2. Klik menu "Peserta Didik"
3. Klik "Nama Kolom Peserta Didik" yang akan diinputkan nomor akta lahirnya
4. Klik "Ubah"
5. Cari kolom "No Registrasi Akta Lahir"
6. Masukkan nomor registrasi akta kelahirannya peserta didik yang bersangkutan. 
Contoh:
Contoh penulisan nomor registrasi akta kelahiran peserta didik di dapodik v 2016

Dalam mengisikan nomor reg akta lahir harus sesuai dengan nomor yang tertera pada akta kelahiran. Misalkan di akta kelahiran, nomornya pakai tanda hubung dan garis miring, maka di penulisan di kolom no. registrasi akta lahir pun harus sama.

Demikian tentang Letak Nomor Akta Kelahiran serta Cara Mengisi Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model Lama dan Baru di Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SLB/SMA/SMK. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top