Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Perilaku Adil Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Perilaku Adil Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa itu adil?, adil secara bahasa: berasal dari bahasa arab yang yaitu ‘aadilun yang berarti tidak berat sebelah, atau menempatkan sesuatu pada tempatnya. Lawan dari kata adil adalah dzalim yaitu menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Adil secara istilah berarti memberikan hak kepada orang yang berhak untuk menerimanya tanpa dikurangi sedikitpun serta meletakkan segala urusan pada tempat yang seharusnya bukan mengikuti hawa nafsu pribadi sehingga berbuat dzalim.
Contoh Perilaku Adil Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain dalam Kehidupan Sehari-hari
Contoh Perilaku Adil Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain dalam Kehidupan Sehari-hari

A. Adil kepada diri sendiri

Berbuat adil pada diri sendiri berarti menempatkan diri sendiri pada tempat yang baik dan benar serta tidak menuruti hawa nafsu yang dapat mencelakakan diri sendiri.

Jika seseorang mampu berbuat adil terhadap dirinya, maka ia akan meraih keberhasilan dalam hidupnya, bahagia secara batiniah, menjadi pribadi yang menyenangkan sehingga disukai banyak orang, dapat meningkatkan kualitas dirinya dan nantinya memperoleh kesejahteraan lahir batin baik di dunia maupun di akhirat.
Berikut adalah beberapa sikap yang menunjukkan bahwa seseorang mampu bersikap adil kepada diri sendiri:

1. Melakukan aktivitas pada waktunya

  • Pada saat masuk waktu beribadah, kita ibadah dan tidak sampai melalaikannya.
  • Pada saat  masuk waktu makan, kita makan dan tidak sampai makan sambil main handphone.
  • Pada saat masuk waktu tidur, kita tidur secukupnya.

2. Menjaga kesehatan kondisi tubuh

  • Tidak begadang karena main game atau nonton film
  • Tidak sampai melalaikan waktu makan sampai terkena penyakit magh
  • Tidak kecanduan dengan gadjet sehingga tidur sambil main gajet dan merusak mata.

B. Adil kepada orang lain

Berbuat adil kepada orang lain berarti memperlakukan orang lain dengan layak, memberikan hak orang lain dengan jujur dan benar serta tidak menyakiti atau pun merugikan orang lain.

Jika seseorang mampu berbuat adil kepada orang lain, maka ia akan mampu membangun relasi/hubungan yang baik sehingga disukai banyak orang, peka terhadap masalah lingkungan, serta menjadikan lingkungan damai dan tentram.

Berikut adalah beberapa sikap yang menunjukkan bahwa seseorang mampu bersikap adil kepada orang lain:

1. Berkata dengan santun

Lidah itu tajam dan akibat ucapan yang salah dapat menyakiti hati orang lain. Oleh karena itu hendaknya kita harus berhati-hati terhadap apa yang kita bicarakan yang sekiranya tidak menyinggung orang lain. Kita memposisikan diri kita sebagai lawan bicara tentu tidak ingin disakiti sebab apa yang diucapkan.

2. Berpikir sebelum bertindak

Segala tindakan yang kita lakukan hendaknya tidak merugikan orang lain. Jangan sampai terpengaruh emosi sehingga tindakan yang dilakukan sembrono dan penyesalan yang didapat.

Misalnya: Anda sedang dalam kondisi marah dengan seseorang. Teman anda datang dan menanyakan tugas, lantas anda memarahinya. Suatu saat, ketika anda anda sudah dalam kondisi tenang anda akan merenungkan hal tersebut dan penyesalan yang di dapatkan. Hubungan pertemanan menjadi rusak karena emosi anda.

3. Berprasangka baik kepada orang lain

Berprasangka baik kepada orang lain dapat menciptakan energi positif dan menjadikan orang lain senang untuk bergaul dengan anda. Anda pun akan memiliki banyak relasi karena perlakuan baik kepada orang lain berefek baik pula kepada diri kita.

4. Ikut Membantu saat melihat yang lain kesusahan

Saat melihat orang lain kesusahan, maka bantulah mereka karena tidak menutup kemungkinan suatu saat anda akan mengalami kesusahan dan membutuhkan orang lain.

Nah itu tadi beberapa contoh perilaku bersikap adil. Perilaku adil ini tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga pada orang lain. Semua yang kita kerjakan akan berimbas kepada kita. Semua yang menjadi harapan kita juga menjadi harapan bagi orang lain. Karena itu perlakukan orang lain dengan layak agar kita juga diperlakukan dengan layak. Semoga bermanfaat.