11/08/2016

Download Teks/Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Buddha

Download Naskah Doa Hari Pahlawan Tahun 2016 File PDF_Di bawah ini merupakan Teks/Naskah Do'a secara Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Buddha pada Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan ke-71 tanggal 10 November 2016. Silakan Anda download sesuai yang Anda butuhkan. Unduhlah pada link yang tersedia di bawah teks doa Hari Pahlawan tahun 2016 sesuai agama masing-masing.

A. Doa pada Upacara Bendera di Seluruh Instansi Pemerintah dan Lembaga Pendidikan dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Tanggal 10 November 2016
Download Teks/Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Buddha

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, 
Kami persembahkan puji dan syukur ke hadirat-Mu, atas segala rahmat dan karunia-Mu, pada hari ini kami dapat menyelenggarakan upacara bendera untuk memperingati hari Pahlawan semoga acara ini mendapat curahan rahmat dan ridha-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang,
Kami mohon kepada-Mu ya Allah, terimalah persembahan dharma bhakti mereka, tidak saja sebagai pengabdian kepada tanah air, bangsa dan Negara, tetapi juga sebagai pengabdian dan ibadah kepada-Mu. Sesuai dengan janji-Mu, lipatkanlah pahala mereka, curahkanlah rahmat dan ampunan-Mu kepada mereka, dan terimalah mereka disisi-Mu.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Kuasa,
Jadikan kami sebagai anak bangsa yang pandai mensyukuri nikmat-Mu dan tahu menghargai serta berterima kasih kepada para pahlawan bangsa. Hiasi diri kami dengan perilaku terpuji dan nilai-nilai pengabdian dan kepahlawanan, serta jauhkan diri kami dari sifat dan perilaku yang tercela.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk,
Sadarkan hati kami, bahwa kemerdekaan yang kami nikmati hari ini adalah hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata serta tumpahan darah para pahlawan. Oleh karena itu ya Allah, tunjukkan kami kepada jalan yang benar, jalan yang telah ditempuh oleh para pahlawan kami dan berilah kami kekuatan dan petunjuk-Mu dalam melanjutkan perjuangan mereka untuk mewujudkan cita-cita para pendahulu kami dalam melanjutkan pembangunan bangsa kami.

Ya Allah Yang Maha Bijaksana, 
Jadikanlah kesempatan memperingati hari pahlawan ini sebagai momentum menyatukan langkah untuk negeri, dalam rangka meningkatkan kesetiakawanan sosial nasional.

Ya Allah, Yang Maha Pengampun,
Ampunilah dan maafkanlah kekhilafan dan dosa kami, para pemimpin kami, kedua orang tua kami, guru-guru kami serta para pahlawan kami.
Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Islam

Silakan Download Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Islam


B. Doa secara Katolik pada Upacara Ziarah Nasioanal 10 November 2016 Hari Pahlawan Nasional 

Cara Katolik dimulai dengan tanda salib:

DALAM NAMA BAPA DAN PUTERA DAN ROH KUDUS AMIN

Ya Allah Yang maha kasih, kami bersyukur atas negara kami, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Engkau telah menyatukan kami dari berbagai suku, agama, ras, warna kulit, budaya dan golongan menjadi satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami menyadari bahwa kesatuan kami dalam nesara kesatuan Indonesia merupakan anugerah besar dan indah bagi kami.

Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Kudus, pangkal kehidupan semua insan. Engkau telah memanggil para pahlawan kami, baik yang telah gugur di medan juang maupun mereka yang gugur dalam pengabdian, dari tengah-tengah kami untuk kembali kehadiratMu.

Kami semua bisa merasakan kesatuan kami dengan mereka. Cita-cita, perjuangan dan kobaran semangat mereka tetap hidup di tengah-tengah kami. Bersama mereka yang telah Kau panggil, kami semua adalah putera dan puteriMu, warga persekutuan kaum beriman dahulu, kini dan yang akan datang.

Karena mereka beriman kepadaMu, kami yakin bahwa hidup mereka hanyalah diubah, bukannya dilenyapkan dan bahwa suatu kediaman abadi kini tersedia bagi mereka di surga. Didasari oleli keyakinan ini, semoga dalam membela negara dan menghadapi maut yang tak terelakkan kelak, kami pun tidak merasa takut, karena sungguh-sungguh didukung oleh harapan akan hidup abadi yang Engkau janjikan kepada kami.

Ya Tuhan Maharahim, kami berdoa bagr para pahlawan kami, ampunilah dosa-dosa mereka, dan terimalah mereka dalam pangkuan kasihMu. Mereka telah mengorbankan hidup dan mengalami kematian seperti Kristus, maka perkenankanlah mereka pun mengambil bagian dalam kebangkitan bersama Kristus.

Ya Tuhan yang Mahabaik, kami juga berdoa bagi semua orang yang telah Engkau panggil mendahului kami. Karena belas kasih dan kerahimanMu, mereka semua memperoleh kebahagiaan bersama para kudusMu di surga.

Ya Allah yang Mahabaik, bimbinglah kami selalu untuk belajar dari teladan para pahlawan kami yang berjuang demi kedamaian dan keadilan di dunia ini, khususnya untuk membangun Indonesia yang berdaulat, mandiri, sejahtera lahir dan batin.

Ya Bapa semua pujian, permohonan, dan harapan ini kami haturkan kepadaMu dengan perantaraan Yesus Kristus Sang Penyelamat kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus kini dan sepanjang segala abad.
AMIN.

Silakan Download Naskah Doa pada Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Katolik

C. Doa Hari Pahlawan Agama Kristen
Doa Hari Pahlawan Agama Kristen

Puji dan syukur kepada Tuhan Allah Yang Maha Pengasih atas rahmat dan anugerah-Nya kita dapat menghadiri pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2016. Kamiyakin dan percaya bahwa kasih sayang-Mu sungguh tiada batasnya, karena itu hanya kepada-Mu lah kami memuji dan mengucapkan syukur.

Saat ini Tuhan, ketika bangsa kami (lndonesia) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan Republik Indonesia, kami mohon kepada-Mu Ya Tuhan, Ampunilah segala dosa dan kesalahan para Pahlawan kami ini, tempatkanlah mereka disisiMu ya Tuhan, muliakanlah kedatangan mereka disisi-Mu, sebagai pejuang di negara kami yang telah gugur di medan perang. Dengan semangat juang mereka telah mengorbankan jiwa raga dan harta dan para keluarga mereka demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Semoga Tuhan Allah menerima pengorbanan darma bakti mereka di sisi-Mu.

Ya Tuhan Yesus Yang Maha Pengasih, berilah semangat kepahlawanan pada kami semua dan pada khususnya seluruh bangsa Indonesia ini, persatukanlah kamidalam perbedaan suku, ras, budaya bersama dalam keberagaman dalam membangun bangsa dan negara kami, untuk menjadi bangsa yang utuh dan bangsa yang menjunjung tinggi perjuangan dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan Negara Republik Indonesia yang kuat dan sejahtera dibawah lindungan dan pengasihan-Mu.

Ya Tuhan Yesus, hindarkanlah dari bangsa kami para bencana alam dan mala petaka agar kami dapat meneruskan perjuangan pembangunan bangsa ini demi mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur, sejahtera lahir dan batin dalam naungan-Mu.

Ya Tuhan Yesus yang Maha Pengasih, ampunilah dosa-dosa kami agar kami dapat menjungjung tinggi nilai-nilai perjuangan yang telah di lakukan pendahului kami, semoga Tuhan Yesus senantiasa menyertai dalam melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan pendahulu kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur kepada Allah Bapak di sorga Amin.
Naskah Doa hari pahlawan secara kristen

Silakan Download Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Kristen

D. Doa Hari Pahlawan secara Agama Hindu Tahun 2016

Om Awignam Astu Namosidham,
OM Ung rah pat astraya namah,
Om Atma Tattwatmam Sudhayamam Swaha,
OM OM Kswamam sampurnaya namah swaha,
OM Sri Pasupataya hum phat,
OM Sriyam bhawantu, sukham bhawantu, purnam bhawantu,

Om Siwa Nirmolom Tang Guhyam,
Siwa tattwa Parayanah,
Siwasya Parama Suksma,
Siwa, Siwa, Siwa Sampurna ya Nama Swgha, (Mantram Samhita)

Om Hyang Widhi Tuhan Yang Maha Esa, saksi agung jagat raya dikala siang maupun malam. Pada Hari ini kami berkumpul bersama di tempat ini seraya memanjatkan doa, memohon ampunan dan lindungan-Mu dalam acara memperingati Hari Pahlawan, semoga acara ini berjalan dengan baik dan penuh hikmad.

Om Hyang Widhi Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang, hamba memujamu engkau bersemayam di dalam hati setiap insan sebagai Siwa yang suci, dikau yang teragung dan amat gaib, Om Siwa Maha Agung Penguasa Maut, semoga sempurnalah sembah dan puji kami kepada para Pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam membela bangsa dan negara, dan berikanlah tempat di alam Brahman sesuai dengan karma baiknya.

Om Hyang Widhi Tuhan Yang Maha Esa, sinarilah kami bahwa kemerdekaan yang kami nikmati sampai sekarang ini adalah hasil dari jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata serta tumpahan darah para pahlawan kami, Tunjukkanlah kami jalan yang terang benderang, jalan yang telah ditempuh oleh para pahlawan/pejuang kami dan berilah kami anugrah-Mu dalam melanjutkan perjuangan mereka untuk mewujudkan cita-cita para pendahulu kami dalam melanjutkan pembangunan bangsa dan negara.

Om Hyang Widhi Tuhan Yang Maha Pengampun, kami sadari sebagaimana manusia biasa, tidak luput dari kekeliruan dan kesalahan, untuk itu ampunilah segala dosa dari pikiran, perkataan dan perbuatan kami dan tuntunlah kami kejalan yang benar.

Om Hyang Widhi Tuhan yang Maha Sempurna, kami yakin engkau mendengarkan doa kami, karena kami ada dalam kehidupan-Mu.

Om Shanti, Shanthi, Shanti, Om.

Silakan Download Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Hindu

E. Doa Hari Pahlawan secara Agama Buddha Tahun 2016

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhasa (3x)
Svathi Hothu Namo Buddhaya
Terpujilah Sang Bhagava Yang Maha Suci, Yang Telah Mencapai Penerangan Sempurna,
Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Sang Tri Ratna

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sang Tri Ratna dan para Bodhisattva Mahasattva karena saat ini kita diberikan berkah kesehatan dan panjang umur, sehingga hari ini kita dapat memperingati Hari Pahlawan Tahun 2016 dengan penuh khidmad, lancar, tertib dan aman.

Peringatan hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tetang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa. Kami menyadari bahwa keikutsertaan kami dalam mengisi pembangunan bangsa dan Negara belum cukup, oleh karena itu melalui peringatan hari Pahlawan ini, kami bertekad satukan langkah untuk negeri dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia untuk mencapai kejayaan.

Semoga bangsa dan Negara Indonesia senantiasa damai dan sejahtera, sehingga pa'a pemimpin bangsa ini dapat senantiasa menjalankan roda pemerintahan dengan baik, jujur, adil serta mampu menegakkan hukum secara benar. Semoga bangsa Indonesia terbebas dari bencara dan mara bahaya dan dijauhkan dari hal-hal yang kurang menguntungkan.

Semoga Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga utuh selama-lamanya, sebagaimana yang dikehendaki dan telah diperjuangkan oleh para Pahlawan bangsa yang gugur dalam mempertahankan berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semoga kebahagiaan, keharmonisan, kesejahteraan, ketentraman dan kedamaian senantiasa melimpah kepada bangsa dan para pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia,
Semoga Jayalah Indonesia
Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia
Sadhu... Sadhu... Sadhu...

Silakan Download Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Buddha

Sumber: Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2016

Demikian link Download Teks/Naskah Doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016 secara Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Buddha. Semoga bermanfaat.
Selamat Hari Pahlawan. "Satukan Langkah Untuk Negeri".
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top