Aplikasi Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (pip kemdikbud go id )

Di bawah ini saya kutipkan isi dari Surat Edaran dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar tentang Program Indonesia Pintar yang aplikasinya dapat diakses di alamat pip.kemdikbud.go.id dengan email dan password Operator Sekolah yang digunakan untuk login DAPODIKDAS  :


Mekanisme pengusulan calon penerima dana Program Indonesia Pintar ( PIP ) 2015 sebagai berikut :

1. Siswa dari keluarga pemilik KPS/KKS/KIP
  • Sekolah mengentri atau mengupdate data siswa ( nomor KPS/KKS/KIP ) calon penerima PIP 2015 yang memiliki KPS/KKS/KIP ke dalam aplikasi Dapodik secara benar dan lengkap. Data ini sekaligus berfungsi sebagai data usulan siswa calon penerima PIP 2015 dari tingkat sekolah ke Dnas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
  • Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota memvalidasi, mencetak dalam hardcopy, dan mengesahkan usulan calon penerima PIP 2015 dari sekolah sebagai usulan ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
2. Siswa yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP

Siswa miskin/rentan miskin yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP dapat diusulkan oleh sekolah dengan menggunakan Format Usulan Sekolah ( FUS ) setelah seluruh siswa dari keluarga pemilik KPS/KKS/KIP ditetapkan sebagai penerima BSM/PIP 2015 pada tanggal waktu yang akan ditentukan kemudian, dengan mekanisme sebagai berikut:

a. Sekolah menyeleksi dan menyusun daftar siswa yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP sebagai calon penerima dana PIP berdasarkan alokasi sementara sasaran per Kabupaten/Kota yang akan ditetapkan oleh Direktorat pembinaan Sekolah Dasar dengan prioritas sebagai berikut :
  • Siswa yang berasal dari rumah tangga Program keluarga Harapan ( PKH );
  • Siswa yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu;
  • Siswa yang terkena dampak bencana alam;
  • Siswa yang terancam putus sekolah;
  • Siswa yang kesulitan ekonomi dengan pertimbangan khusu seperti kelainan fisik, siswa dari orang tua terkena PHK, siswa dari keluarga terpidana, dan anak berada di Lembaga Pemasyarakatan ( LAPAS ).
b. Sekolah mengusulkan siswa hasil seleksi melalui aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar ( VIP ) yang tersedia di laman: pip.kemdikbud.go.id
c. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota memvalidasi dan memverifikasi calon penerima PIP dari sekolah melalui aplikasi Verufikasi Indonesia Pintar ( VIP ) yang tersedia di laman: pip.kemdikbud.go.id
d. Hasilvalidasi dan verifikasi calon penerima PIP selanjutnya disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan dikirim ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Program Indonesia Pintar

4 Komentar untuk "Aplikasi Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (pip kemdikbud go id )"

  1. Benner Bang di singkat PGM (Program Guru Miskin) atau juga KGM (Kartu Guru Miskin)

    BalasHapus
  2. saya setuju dengan program ini karena banyak siswa siswi saya yang kurang mampu.

    BalasHapus
  3. bantuan untuk guru??? saya kira tidak perlu. guru sekarang tidak ada yang miskin. kalau anda merasa masih miskin. janganlah menjadi guru. menjadi guru adalah bukan pilihan orang miskin. saya juga guru, bapak saya guru, embah saya guru juga semuanjya tidak pernah merasa miskin. hidupnya selalu pas-pasan seadanya. pas kepingin beli mobil ada, pas mau beli tiket pesawat ada, pas mau makan sate ada... pokoknya semuanya serba pas-pasan seadanya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel