Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan

Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan_Fb merupakan jejaring sosial yang populer di dunia yang sudah terbukti bermanfaat di dunia pendidikan. Berdasarkan ranking situs web versi Alexa Traffic Rank,  saat ini ( April 2017 ) situs Facebook menempati ranking ke-3 setelah situs Youtube.com (di posisi ke-2) dan Google.com (di urutan nomor 1). Dengan adanya fitur-fitur fb yang bagus dan praktis seperti fitur status facebook publik, fitur kirim pesan pribadi, halaman fb, grup facebook, percakapan inbox grup fb, dan fitur lainnya, memudahkan para pengguna facebook ( dalam hal ini pengguna fb di dunia pendidikan ) untuk saling berbagi informasi pendidikan dan berinteraksi sosial secara online.
Berbagai Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan
Berbagai Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan
Adapun beberapa manfaat facebook di dunia pendidikan antara lain sebagai berikut:

1. Berbagi ilmu dan informasi 
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), siswa, komite sekolah, dinas pendidikan dapat berbagi ilmu atau informasi melalui fb, baik informasi tersebut diposting di status berupa informasi langsung maupun dikemas dan dikirim dalam bentuk file. He he, terbukti saat ini banyak surat pemberitahuan yang dikirim via fb, walaupun demikian biasanya print out surat resmi/dinasnya menyusul.

2. Memudahkan interaksi sosial multi arah
Penggunaan facebook untuk keperluan berinteraksi sosial multi arah dapat dilakukan dengan membuat grup fb dan halaman fb.

3. Sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
Fb dapat dimanfaatkan oleh guru dan murid sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan grup facebook untuk diskusi kelompok belajar. Hal ini bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar.

4. Mempromosikan sekolah kepada masyarakat.
Facebook dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat, misalnya dengan cara membuat halaman facebook kemudian mengeposkan kabar tentang kegiatan-kegiatan sekolah dilengkapi dengan foto kegiatan.

5. Mempererat hubungan kekeluargaan warga sekolah dengan alumni dan masyarakat 
Grup fb bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempererat hubungan kekeluargaan warga sekolah dengan alumni dan masyarakat, misalkan dengan membuat grup komunitas sekolah tertentu yang anggotanya warga sekolah, alumni, komite sekolah, wali siswa, dan masyarakat.


Demikian beberapa Manfaat Facebook di Dunia Pendidikan. Tentunya masih banyak manfaat fb bagi dunia pendidikan yang belum tertulis pada halaman ini, jadi silakan Anda tambahkan manfaat lain fb untuk dunia pendidikan di kolom komentar.