Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Ujian Nasional dan Ujian Sekolah

Cara Menjaga Kesehatan  Menjelang Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US)_Pelaksanaan Ujian Nasional atau UN merupakan momen yang sangat penting bagi para pelajar. Karena seperti yang kita tahu, UN berperan dalam menentukan kelulusan masing-masing siswa. Dan pastinya hasil kelulusan tersebut akan mempengaruhi rencana-rencana siswa dalam melanjutkan  studi ke jenjang yang lebih tinggi. Apabila hasil UN menunjukkan tidak lulus maka siswa harus mengulang  kembali belajar pada tingkat pendidikan tersebut.
Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
Agar dapat lulus UN, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan dengan matang. Selain terus mengasah diri dengan rajin belajar dalam persiapan menghadapi UN, siswa juga hendaknya menjaga kesehatannya agar saat pelaksanaan UN dapat mengerjakan soal-soal ujian dalam keadaan sehat dan bugar. Kondisi tubuh yang sehat akan membuat para siswa lebih fokus dalam mengerjakan soal-soal ujian. Selain itu kondisi tubuh yang sehat dan bugar akan membuat siswa lebih bersemangat menghadapi UN.

Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Ujian Nasional
Perlu langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan saat menjelang UN. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan sehingga tidak mudah terserang penyakit saat akan menghadapi UN? Nah, berikut kami telah rangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan menjelang Ujian Nasional. Silahkan disimak.

1. Gunakan Waktu Sebaiknya dan Kurangi Pergi Bermain
Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi kegiatan bermain. Biasakanlah setelah pulang sekolah langsung pulang ke rumah dan beristirahat sejenak di rumah. Anda bisa duduk dengan santai di rumah ataupun tidur siang yang cukup agar stamina terus terjaga dan badan selalu dalam kondisi

2. Kebiasaan Cuci Tangan dan Kaki
Saat pulang sekolah dan sampai di rumah, biasakan untuk mencuci kaki dan tangan terlebih dahulu sebelum makan siang. Upayakan selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan di manapun Anda berada

3. Hindari Jajan Sembarangan
Sebaiknya hindari jajan di luar rumah.  Kandungan gizi dan kebersihan makanan di luar rumah belum tentu terjamin. Anda bisa mengupayakan untuk membawa bekal ke sekolah. Ini sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan Anda khususnya saat menjelang UN.

4. Hindari Belajar Hingga Larut Malam
Jam tidur yang kurang akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Daya tahan tubuh yang menurun akan mudah terserang beragam penyakit. Oleh karena itu, hindarilah belajar hingga larut malam. Tidur yang cukup akan menyehatkan tubuh Anda.

5. Berolahraga Secara Teratur
Biasakan berolahraga dengan teratur setiap pagi hari. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan lebih fit dan bigar. Ini adalah cara yang terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

6. Biasakan Selalu Sarapan
Sebelum berangkat sekolah, biasakan untuk sarapan terlebih dahulu. Ini akan membantu kita dalam menciptakan stamina yang cukup sehingga dapat memulai aktivitas dalam kondisi sehat dan bugar.

7. Selalu Berpikir Positif
Pikiran yang positif akan membuat tubuh menjadi sehat. Dengan berpikiran positif kita tidak terbebani dengan beragam persoalan. Pikiran yang sehat tentunya akan akan menyehatkan tubuh kita bukan?

8. Minum Air Putih saat bangun Pagi
Secara teratur minum air putih setiap bangun pagi akan melancarkan peredaran darah sehingga oksigen dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

Nah, tidak sulit bukan? Dan tentunya jangan hanya di baca ya informasi diatas, namun wajib segera dipraktekkan agar Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Semoga ulasan di atas bermanfaat dan Salam Sukses.