Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Anak yang Pintar Matematika

Cara Menjadi Anak yang Pintar Matematika_Bagaimana cara belajar ilmu matematika agar cepat bisa paham?_Salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka ini seringkali menjadi momok bagi para pelajar karena tingkat kesulitannya yang dirasakan. Padahal, matematika bukanlah sesuatu yang sulit jika Anda mengetahui cara tepat untuk memahaminya. Sebaiknya Anda tidak buru-buru menganggap bodoh diri sendiri karena selalu tidak mampu menyelesaikan soal matematika ketika di sekolah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan agar menjadi pintar dalam ilmu matematika.
Cara Belajar Matematika
Tips Jitu Belajar Matematika

1. Perbanyak Latihan
Ingin pintar dalam pelajaran matematika tidak dapat dibekali dengan hanya menghafalkan segudang rumus. Anda harus sering mengerjakan latihan soal dari berbagai macam sumber sehingga daya ingat dan kemampuan berhitung menjadi lebih baik. Usai mendapatkan materi matematika di sekolah, Anda dapat segera mulai mengerjakan soal-soal latihan. Kerjakan soal-soal sesuai dengan topik yang Anda dapatkan pada hari itu

2. Jangan Takut Salah
Ketika mendapatkan tugas di sekolah, sebaiknya Anda segera mencobanya tanpa menunggu teman-teman Anda yang pintar selesai mengerjakannya. Semakin sering Anda mencoba, semakin membuat Anda paham mengenai karakter soal matematika tersebut.

Jika Anda tidak memahaminya, silahkan menanyakan pada guru mengenai gambaran rumus yang digunakan dan selanjutnya Anda dapat mencobanya sendiri.

3. Pelajari Matematika Dasar
Walaupun Anda menghafalkan rumus matematika yang sangat panjang, akan terasa percuma jika belum memahami materi matematika dasar. Mulai dari perkalian, penjumlahan, pengurangan, hingga pembagian.

Matematika dasar sendiri tidak hanya dalam lingkup angka yang sederhana, melainkan Anda harus mampu mengerjakan jenis soal semacam ini :

a. 3 + (-1) =
b. (-2) – (-7) =
c. (-9) x 4 =
d. 80 : (-2) =

Jika Anda sudah memahami materi matematika dasar tersebut, maka kesulitan tidak akan Anda temukan ketika mengerjakan soal-soal dengan kesulitan dan tahap lebih tinggi.

4. Membuat Catatan
Ketika mendapatkan materi dari guru saat belajar di sekolah, sebaiknya Anda selalu mencatat rumus-rumus matematika yang telah disampaikan. Hal ini akan memudahkan Anda ketika mengerjakan soal dengan pedoman rumus-rumus tersebut. Buatlah catatan serapi mungkin sehingga Anda mudah memahaminya.

Anda juga dapat mengkreasikan catatan tersebut menggunakan tinta warna-warni yang menarik agar tidak cepat jenuh saat mempelajarinya kembali.

5. Memahami Lebih Dalam
Pintar matematika memang tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan. Setiap kali Anda mendapatkan materi baru atau mengerjakan soal-soal, sebaiknya diawali dengan melakukan pemahaman terlebih dahulu.

Sebagai latihan soal, Anda dapat membuka buku rumus untuk mempermudah ketika mengerjakan soal sekaligus memahaminya.

6. Menghafalkan Rumus
Saat mengerjakan soal matematika, Anda tidak dapat selamanya membuka buku untuk melihat daftar rumus yang digunakan. Oleh sebab itu, Anda harus mulai menghafalkan tiap kali mendapatkan rumus-rumus baru.

Cara paling mudah adalah dengan menempelkan daftar rumus baru di lokasi yang terjangkau oleh mata. Lokasi paling mudah adalah di kamar tidur sehingga ketika menjelang dan bangun tidur Anda dapat segera membaca sekaligus menghafalkannya.

Menghafalkan rumus dalam jumlah besar tentu akan menyulitkan bagi Anda. Dan kemampuan otak tidak akan bekerja secara maksimal. Jadi, akan lebih baik jika Anda menghafalkan rumus tiap satu materi yang telah diperoleh di sekolah.

7. Belajar di Suasana yang Menyenangkan
Ketika harus menghafalkan rumus sekaligus mengerjakan soal matematika, memang akan membutuhkan ekstra konsentrasi bagi sebagian besar anak. Namun, akan lebih mudah bagi Anda jika melakukannya dengan lokasi dan suasana sesuai dengan keinginan.

Misalnya Anda merasa mudah memahami materi ketika belajar di taman, menghafalkan rumus sambil bernyanyi di kamar mandi, dan berbagai cara menyenangkan lainnya yang dapat membangkitkan semangat belajar.

Itulah beberapa cara menjadi anak yang pintar matematika. Semoga bermanfaat.