Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berbuat Adil kepada Kedua Orang Tua

Cara Berbuat Adil kepada Kedua Orang Tua_Adil secara bahasa berati tidak berat sebelah. Sedangkan menurut istilah adil yaitu berlaku seimbang tanpa memihak salah satu pihak, memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya tanpa ditambah atau pun dikurangi, serta melakukan semua urusan pada tempatnya tanpa ada aniaya. Berbuat adil kepada kedua orang tua kita berati menempatkan orangtua kita pada tempat yang sesuai, layak dan  benar, memulyakan mereka serta tidak menyakiti hati mereka.
Cara Berbuat Adil kepada Kedua Orang Tua

Ada begitu banyak jasa yang telah diberikan kedua orang tua kita terhadap kita, anaknya,  yang bahkan mungkin jika kita berbakti kepada keduanya, kita tak akan sanggup membalas kasih sayang mereka kepada kita.

Meskipun demikian kita sebagai anak bisa menunjukkan kebaktian kita dengan cara bersikap adil kepada beliau. Berikut adalah beberapa sikap yang menunjukkan bahwa kita sebagai anak telah memperlakukan kedua orang tua kita dengan adil.

Cara Berbuat Adil kepada Kedua Orang Tua

1. Bertutur kata dengan sopan
Hendaknya kita sebagai anak menjaga perkataan kita. Jangan pernah berkata – kata kasar atau pun bernada tinggi terhadap keduanya. Berkatalah terhadap keduanya dengan perkataan yang santun dan lemah lembut.

2. Membantu meringankan pekerjaan rumah
Jangan sampai membiarkan kedua orang tua kita merasa payah. Kita sebagai anak hendaknya bisa ikut membantu meringankan beban orang tua dengan turut serta membersihkan rumah yang kita tempati dengan cara menyapu halaman, mengepel lantai, mencuci piring dan mencuci baju.

3. Menjalankan perintah orang tua dengan ringan tangan
Ketika kedua orang tua kita melakukan suatu hal selama itu tidak bertentangan dengan norma-norma, maka hendaknya kita mengerjakan pekerjaan tersebut dengan ringan tangan dan tidak menunjukkan raut kekesalan.

4. Bersikap sopan santun
Kedua orang tua kita adalah seseorang yang sudah sepatutnya kita hormati. Hendaknya kita juga memperlakukan keduanya dengan baik. Hal itu bisa kita tunjukkan melalui sikap sopan kita sehari-hari. Jika ingin pergi ke suatu tempat, minta izinlah terlebih dahulu kepada kedua orang tua kita agar keduanya tidak khawatir.

5. Tidak menyia-nyiakan kerja keras orang tua
Kedua orang tua kita telah berjuang dengan keras untuk bisa menafkahi kita, anaknya. Oleh karena itu, tidak sepatutnya kita menyia-nyiakan kerja keras beliau dengan perbuatan-perbuatan negatif yang bisa mengecewakan keduanya. Misalnya: bolos sekolah, menghambur-hamburkan uang keduanya dan malas belajar.

6. Sabar dan menahan emosi
Bentuk kasih sayang orang tua untuk anak ditunjukkan dengan cara berbeda-beda. Jika kita menjumpai keduanya menunjukkan kasih sayang dengan cara memberi petuah yang banyak, atau pun cara lain yang tidak berkenan di hati kita, maka kita harus bersabar dan jangan menghadapi hal tersebut dengan emosi.

7. Merawat kedua orang tua saat usia keduanya semakin senja
Kedua orang tua kita telah merawat kita sejak kecil tanpa mengeluh. Oleh karena itu, pada saat usia mereka sudah semakin renta, kita bisa membalasnya dengan merawat mereka dengan sepenuh hati, menghadapi mereka dengan telaten dan tidak mengeluh. Ingatlah masa-masa dimana keduanya telah melimpahkan curahan kasih sayangnya kepada kita.

8. Mendoakan keduanya
Tidak hanya kedua orang tua saja yang mendoakan keduanya, kita sebagai anak juga hendaknya mendoakan kedua orang tua kita demi kesehatan dan kelancaran urusan keduanya. Terlebih jika kedua orang tua kita sudah meninggal, maka doa adalah satu cara anak untuk berbakti kepada kedua orang tuanya agar segala amal ibadah kedua orang tua kita diterima oleh Allah SWT dan dosa-dosa mereka selama hidup di ampuni.

9. Menjaga silaturrahmi dengan kerabat atau teman dari kedua orang tua kita
Salah satu cara kita memulyakan kedua orang tua dan berbaktu kepada mereka adalah dengan menjaga hubungan silaturrahim dengan kerabat atau teman dari kedua orang tua kita.

Nah itu tadi adalah beberapa sikap yang menunjukkan bahwa kita sebagai anak telah memperlakukan kedua orang tua kita dengan adil. Dengan berbuat adil kepada kedua orang tua hidup kita akan menjadi tenang dan damai. Jadi, selama keduanya masih hidup, mulyakanlah mereka. Jangan sampai penyesalan itu datang di saat sudah terlambat. Semoga kita semua dapat menunjukkan bakti kita kepada kedua orang tua kita.