Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Komponen, dan Macam-Macam Strategi Pembelajaran

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru tidak bisa mengajar tanpa berpegang pada strategi pembelajaran yang sesuai. Idealnya, sebelum guru dan murid terlibat dalam kegiatan belajar mengajar, guru harus sudah menyusun rencana pembelajaran dan biasanya dikenal dengan istilah RPP. Guru bisa menerapkan macam-macam strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan dan sifat materi yang akan diberikan.

A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang harus dikerjakan bersama antara siswa dan guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Dalam pengertian strategi pembelajaran tersebut terkandung makna perencanaan. Karena memang kata “strategi” sendiri adalah sebuah rencana yang disusun sebelum melakukan tindakan demi mencapai tujuan tertentu.

Dalam dunia pendidikan, strategi pembelajaran dapat pula diartikan sebagai sebuah perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang khusus didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

B. Komponen Strategi Pembelajaran
Pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang di dalamnya terdapat seperangkat komponen instruksional yang saling bergantung satu sama lainnya. Sebagai sebuah sistem, pembelajaran tidak akan berjalan efektif jika salah satu komponen tersebut tidak ada. Agar tujuan pembelajaran tercapai, semua komponen dalam kegiatan pembelajaran harus diorganisasikan dengan efektif dan efisien,sehingga antar semua komponen bisa tercipta kerjasama yang positif.

Dalam sebuah strategi pembelajaran, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan oleh seorang guru, diantaranya adalah :

1. Guru
Guru sebagai pelaku dalam kegiatan pembelajaran adalah faktor yang paling penting. Di tangan gurulah kegiatan pembelajaran bisa berjalan sukses ataupun sebaliknya. Komponen guru tidak bisa direkayasa atau dimanipulasi oleh komponen lain. Sedangkan komponen lain justru bisa direkayasa dan dimanipulasi oleh guru.

2. Peserta didik/siswa/murid
Peserta didik adalah komponen yang melakukan kegiatan pembelajaran. Peserta didik adalah obyek yang akan diubah oleh guru menuju ke arah tujuan pembelajaran tertentu.

3. Kegiatan Pembelajaran
Agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bisa diserap oleh peserta didik, maka harus ada sebuah kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran ini juga harus dibuat terlebih dulu sebuah strategi pembelajaran agar tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana dengan efektif.

4. Bahan Pelajaran
Bahan pelajaran adalah media atau perantara untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Guru harus pandai menentukan bahan pelajaran yang cocok digunakan sebagai media mencapai tujuan tersebut sesuai dengan perkembangan kognitif siswa dan juga perkembangan ilmu pengetahuan.

5. Metode
Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan unuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran ini ditentukan berdasarkan strategi yang telah diterapkan sebelumnya.

6. Alat
Alat yang digunakan dalam pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa digunakan dalam membantu mencapai tujuan pembelajaran.

C. Macam-Macam Strategi Pembelajaran
Macam-Macam Strategi Pembelajaran
Dalam dunia pendidikan ada macam-macam strategi pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru sesuai kondisi, situasi, dan jenis tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Guru yang kompeten akan mampu menentukan strategi pembelajaran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut ini adalah macam-macam strategi pembelajaran:

1. Strategi Pembelajaran Inkuiri
Strategi pembelajaran inkuiri ini berorientasi pada siswa. Dimana dalam pembelajaran menekankan proses berfikir kritis untuk menemukan sendiri jawaban atas suatu masalah yang dipertanyakan. Siswa akan dibiarkan untuk bereksplorasi atau melakukan investigasi sendiri untuk menemukan jawaban dari pertanyaan akademik yang diperolehnya dalam proses pembelajaran.

2. Strategi Pembelajaran Afektif
Strategi ini menekankan penilaian pada sikap. Strategi pembelajaran afektif ini bukan hanya mengukur kemampuan kognitif siswa, tapi lebih mengutamakan kemampuan afektifnya.

3. Strategi Pembelajaran Ekspositori
Strategi ini mengedepankan penyampaian materi dari guru kepada siswa secara verbal. Strategi ini termasuk dalam teacher center oriented, dimana guru menyampaikan materi pelajaran searah kepada siswa agar materi tersebut lebih dapat dikuasai secara optimal.

4. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Strategi pembelajaran berbasis masalah atau SPBM adalah sebuah strategi yang mengutamakan cara belajar berdasarka masalah yang sungguh terjadi di sekitar peserta didik. Siswa akan diarahkan untuk bisa menganalisis hingga mencoba merumuskan solusi/pemecahan dari masalah aktual tersebut berdasarkan cara-cara ilmiah.

5. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)
SPPKB adalah sebuah strategi pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berfikir siswa melalui kegiatan telaah, fakta-fakta atau pengalaman, serta pemecahan masalah dari pengalaman yang teah diperoleh sebelumnya.
Artikel terkait: Contoh Strategi Pembelajaran