Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjauhkan Diri dari Bisikan Jahat atau Godaan Setan

5 Cara Menjauhkan Diri dari Bisikan Jahat atau Godaan Setan_Selama kita hidup, di hati kita akan selalu ada bisikan tentang hal-hal baik dan hal-hal buruk. Kebaikan datang dari Tuhan dan keburukan datang dari setan. Kebaikan akan membawa kita kepada keselamatan dan keburukan membawa kita kepada kehancuran. Jadi kita harus selalu sadar dan peka untuk membedakan mana bisikan kebaikan dan mana bisikan jahat atau godaan setan.

Ilmu agama dan ilmu dunia telah sangat lengkap memberi tahu kita akan perbedaan hal baik dan hal buruk. Namun demikian, kelemahan kita sebagai manusia terkadang dapat terhasut bisikan jahat atau godaan setan dan kemudian tergelincir ke jalan yang salah, jalan yang kemudian membuat kita jauh dari kemuliaan dan kebahagiaan hidup.

5 Cara Menjauhkan Diri dari Bisikan Jahat atau Godaan Setan

Berikut adalah 5 cara untuk menjauhkan diri kita dari bisikan jahat atau godaan setan :

1. Selalu mengingat Tuhan
Ingatlah selalu kepada Tuhan. Hal ini akan membuat kita senantiasa berada dalam kebaikan dan terlindung dari bisikan jahat dan godaan sehat. Dengan selalu ingat kepada Tuhan, kita juga akan senantiasa mengucapkan doa-doa dan hal-hal yang baik.

2. Makan teratur dan secukupnya
Segeralah makan jika  memang sudah tiba saatnya untuk makan. Jangan menundanya karena tubuh kita memiliki hak untuk mendapatkan asupan gizi dan kalori. Namun demikian janganlah rakus saat makan. Makanlah secukupnya saja. 

Orang mudah terpancing amarahnya saat ia dalam keadaan lapar, tapi orang juga dapat menjadi malas saat ia kekenyangan. Dengan makan secukupnya, kita akan menjadi lebih siap melakukan aktivitas dan dapat berpikir jernih.

3. Selalu tenang dan tidak tergesa-gesa
Sikap tergesa-gesa sering membuat kita salah mengambil keputusan. Tak jarang sikap tergesa-gesa juga dapat membahayakan diri dan orang lain, misalnya saja ingin segera cepat sampai tujuan dengan mengebut kendaraan di jalan dan lain-lain.

Sikap tenang akan membuat kita lebih objektif dalam memutuskan sesuatu dan membuat orang lain juga merasa nyaman dengan kehadiran kita.

4. Berhenti memikirkan hal buruk
Saat ada hal buruk yang melintas dalam hati, maka segeralah menghentikannya. Katakan "CUT" atau "STOP" untuk membantu kita berhenti memikirkannya. Saat kita berlama-lama mengikuti alur bisikan jahat, maka kita dapat terpengaruh. Sekuat tenaga hentikan bisikan jahat itu dengan mengatakan "CUT" atau "STOP".

5. Berteman dengan orang-orang yang baik
Siapa teman-teman kita sangat mempengaruhi jalan pikiran kita, untuk itu berusahalah untuk berteman dengan orang-orang yang baik atau saleh agar kita selalu berpikir positif dan terdorong kepada hal-hal yang baik. Kita juga akan mendapatkan banyak nasehat saat kita lalai atau lupa sehingga kita dapat terhindar dari kesalahan yang fatal.


Demikian artikel tentang 5 cara menjauhkan diri dari bisikan jahat atau godaan setan. Bagi pembaca yang ingin menambahkan, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.