Tips Menjadi Mahasiswa Baru yang Baik dan Sukses

Masa-masa menjadi seorang mahasiswa adalah tingkat tertinggi dalam status pendidikan. Sebelum menjadi mahasiswa Anda akan menghadapi masa peralihan dari status siswa menjadi mahasiswa. Dalam peralihan status ini, berarti Anda akan menjadi seorang mahasiswa baru.  Sebagai seoranng mahasiswa baru haruslah bisa mempersiapkan segala sesuatu agar masa kuliah yang dihadapi membawa kebermaknaan

Status mahasiswa dan siswa sangatlah berbeda jauh. Mahasiswa dituntut agar lebih mandiri,  kerja keras dan tanggung jawab. Dalam pembelajaran kuliah,  mahasiswa pun harus lebih proaktif mencari bahan kuliah agar tidak ketinggalan materi kuliah karena dosen tidak akan menjelaskan semua materi kuliah melainkan hanya memberikan gambaran atau konsep materi kuliahnya. Setelah itu,  Anda lah yang berperan banyak dalam pembelajaran kuliah

Untuk menjadi mahasiswa yang sukses dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari perguruan tinggi,  dosen,  kekuarga,  teman,  dan lain sebagainya. Kategori mahasiswa sukses yaitu mahasiswa bukan hanya menguasai dalam bidangnya tetapi juga harus bisa mengembangkan kemampuan tambahan yang tidak diajarkan dalam kelas juliah serta bisa menerapkannya dalam lingkungan masyarakat sekitar

1. Manfaatkan Masa Ospek Sebaik Mungkin
Masa Ospek adalah masa awal yang harus dilewati oleh seorang mahasiswa baru.  Di masa inilah akan dikenalkan lingkungan kampus dan akan bertemu dengan teman-teman seangkatan serta kakak senior yang berbeda daerah. Namun bagi sebagian mahasiswa baru , masa ospek menjadi masa yang menakutkan karena takut dimarahi kakak senior. Tetapi,  sebenarnya itu semua bertujuan untuk melatih mental mahasiswa bru agar mampu menghadapi hambatan dan rintangan dalam dunia perkuliahan nantinya.

Dalam masa Ospek,  usahakanlah Anda memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk mengenali kampus kuliah Anda. Disamping iti juga untuk berkenalan dan mencari beberapa teman yang berbeda daerah

2. Pandai dalam memilih teman
Dalam masa perkuliahan,  sangatlah dibutuhkan teman yang baik.  Dengan memilih teman berarti Anda menentukan masa depan. Maka dalam memilih teman usahakan memilih teman yang baik dan berkualitas yang mampu membawa Anda ke arah yang lebih baik lagi.

Teman yang baik dan berkualitas ini maksudnya adalah teman yang mempunyai kemampuan tertentu dengan atitude yang baik. Seperti kata pepatah,  apabila kita berteman dengan seorang penjual parfum maka kita akan ketularan wanginya. 

Nah dari pepatah tersebut,  bisa diketahui bahwa teman akan mempengaruhi dan membawa dampak bagi perkembangan pribadi kita.  Maka pilihlah teman yang benar-benar baik dan berkualitas.

3. Temukanlah hobi dan cita-cita Anda
Tips Menjadi Mahasiswa Baru yang Baik dan Sukses
Menjadi mahasiswa baru adalah langkah awal dalam perkuliahan di kampus. Di awal kuliah inilah,  Anda harus menemukan hobi dan cita-cita Anda untuk menentukan masa depan kuliah Anda. 

Dengan menemukan hobi dan cita-cita Anda maka akan membantu Anda kedepannya dalam perkuliahan dan akan menentukan kesuksesan dalam perkuliahan.

Jika Anda sebelum menjadi mahasiswa baru dibingungkan dengan memilih program studi yang cocok bagi Anda maka tentukanlah hobi dan cita-cita Anda.

Hal ini akan membantu Anda memilih program studi. Setelah itu Anda juga harus berpikir ke arah masa depan, ketika sudah selesai kuliah  saya akan menjadi apa?

Dari itu semua,  maka mulailah menemukan hobi dan cita-cita Anda agar tidak salah langkah dalam menjalani masa-masa perkuliahan

4. Targetkan IP Anda 
Sebagai seorang mahasiswa baru maka akan terasa asing mendengar istilah IP. IP atau dikenal dengan IPK (indeks Prestasi Komulatif)  adalah gabungan nilai nilai mata kuliah yang Anda pelajari dalam satu semester. Nah, di awal kuliah maka alangkah baiknya Anda sudah mulai menargetkan IP.  Hal ini akan membantu Anda semangat dalam kuliah dan akan menjadi mahasiswa yang hebat.

5. Temukan cara belajar yang ideal dan efektif
Setiap orang memiliki cara belajar tersendiri, ada yang lebih suka belajar saat pagi hari,  siang hari,  sore hari,  maupun malam hari.

Cara belajar ini menjadi kunci kesuksesan Anda dalam menjalani masa-masa perkuliahan.

Gali terus cara belajar yang cocok bagi Anda,  coba semua gaya belajar yang ada,  dan ketika sudah menemukan gaya belajar yang paling baik dan cocok bagi Anda maka gunakanlah gaya belajar itu terus. Dengan begitu maka Anda akan mudah memperoleh kesuksesan di dunia kampus

6. Belajar mengatur keuangan
Ketika memasuki dunia perkuliahan,  maka Anda akan dibekali uang saku dari orang tua. Dengan uang saku ini maka Anda harus bisa mengatur agar bisa cukup untuk beberapa waktu tertentu. Jika Anda tidak bisa mengatur keungan maka bisa jadi Anda kehabisan uang sebelum jatuh temponya. 

Dalam kondisi ini Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan yang Anda perlukan. Dan sebagai jalan terakhir maka Anda bisa meminta kiriman uang tambahan ke orang tua tetapi tentunya hal ini akan merepotkan orang tua Anda.

7. Sering-seringlah bertanya pada senior
Pada saat menjadi mahasiswa baru,  Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar pada mata kuliah tertentu. Langkah tepat yang bisa Anda lakukan adalah bertanya pada senior yang menguasai mata kuliah tersebut. Hal ini akan membantu Aanda mengatasi masalah pembelajaran kuliah

Demikian 7 Tips Menjadi Mahasiswa Baru yang Baik. Semoga sukses

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top