Pentingnya Berorganisasi bagi Mahasiswa

Pentingnya/Manfaat Berorganisasi bagi Mahasiswa_Sebagai seorang mahasiswa tidaklah hanya aktif mengikuti kegiatan kuliah di dalam kelas tetapi juga dituntut untuk aktif berorganisasi. Banyak sekali organisasi yang disediakan pihak kampus untuk menampung minat dan bakat mahasiswanya. Namun,  tak sedikit pula mahasiswa menurun minatnya untuk berorganisasi. Sehingga tak heran jika sebagian mahasiswa memilih menjadi mahasiswa yang ogah-ogahan dalam menjalani perkuliahannya.  Hal ini tentu tidak bisa Anda contoh yaa,  Anda harus bisa berusaha aktif di dalam kelas kuliah dan aktif berorganisasi untuk mencapai prestasi di bidang yang Anda minati.
Pentingnya Berorganisasi bagi Mahasiswa
Berorganisasi merupakan hal penting yang harus dilakukan mahasiswa agar bisa mengasah kemampuan yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas kuliah. Selain itu juga akan menambah banyak pengalaman dan teman ketika Anda ikut berorganisasi. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak beberapa alasan pentingya atau manfaat ikut berorganisasi :

1. Melatih kemampuan berbicara dan berpendapat
Terdapat beberapa mahasiswa yang beranggapan tidak ikut organisasi karena takut mengganggu kuliah. Hal ini tentu salah besar,  karena sesungguhnya dengan organisasi tersebut akan menunjang kuliah.

Dengan berorganisasi akan membantu untuk mampu berbicara dan berpendapat di depan banyak orang. Dari itu maka Anda akan terbiasa terlatih untuk bisa berpendapat di dalam diskusi kelas kuliah.

Berbeda halnya dengan mahasiswa yang suka ogah-ogahan, hanya menjalani proses perkuliahan di dalam kelas kuliah atau yang berhubungan dengan kuliah. 

Mahasiswa pemalas ini akan lebih banyak diam dan tidak banyak bicara serta jika sekalinya berbicara di hadapan banyak orang akan terasa takut grogi dan gemetar.

Hal inilah yang membedakan antara mahasiswa yang ikut berorganisasi dan tidak ikut berorganisasi.  Berangkat dari itu pula aktif berorganisasi adalah sesuatu hal yang penting dilakukan oleh mahasiswa

2. Dapat mengasah softskill
Ada dua istilah yang dikenal dalam proses perkuliahan yaitu hardskill dan sofskill. Hardskill adalah suatu kemampuan yang di dapatkan dengan mengikuti kegiatan belajar mengajar atau disipilin ilmu.  Untuk mengasah hardskill ini dengan mengikuti pembelajaran kuliah di dalam kelas.  Contoh dari hardskill adalah anak kimia akan bisa membuat campuran dari bahan tertentu,  anak busana akan bisa membuat pakaian,  anak mesin akan bisa merakit mobil sendiri,  dan lain sebagainya.

Sedangkan, Sofskill adalah suatu kemampuan yang di dapatkan di luar dari proses pembelajaran kuliah melainkan bisa didapatkan dari pengalaman kuliah. Sofskill inj bisa diasah dengan mengikuti berbagai organisasi di dalam maupun di luar kampus. Contoh sofskill adalah kemampuan managemen waktu, menyelesaikan masalah, berkomunikasi,  dan lain sebagainya

Sebagai seorang mahasiswa Anda dituntut tidak hanya meniliki kemampuan hardskill tetapi juga harus bisa kemampuan sofskill.  Hal ini penting agar Anda mampu mengadapi segala sesuatu yang terjadi saat terjun ke dunia kerja dan di masyarakat. Selain itu,  hal ini juga menjadi tolok ukur keberhasilan mahasiswa dalam menempuh perkuliahannya.

Dengan ikut berorganisasi Anda akan mendapatkan kemampuan sofskill yang tidak akan didapatkan di dalam kelas kuliah. Misalnya kemampuan memanagemen waktu dan menyelesaikan masalah.

Dalam organisasi tentu banyak event atau acara dalam organisasi tersebut.  Ketika merencanakan acara tersebut maka harus dipersiapkan waktu-waktunya. Dari proses perencanaan waktu ini maka Anda akan terlatih untuk bisa memangemen atau mengatur waktu sebaik mungkin

Disamping itu,  dalam merencanakam acara suatu organisasi tidak terlepas dari yang namanya masalah. Masalah ini pun tidak hanya muncul sekali saja bisa beberapa kali.  Maka dari itu,  Anda bisa belajar menyelesaikan masalah dan mencari solusinya. Dan kemudian dari penyelesaian masalah tersebut Anda akan mampu mengambil keputusan yang terbaik.

Selain itu,  dari organisasi pula Anda akan bertemu banyak orang dan akan berkomunikasi dengan banyak orang tersebut.  Dari situlah akan mulai terasah kemampuan berkomunikasi Anda

3. Dapat menambah relasi atau hubungan pertemanan
Dengan mengikuti organisasi maka Anda akan bertemu banyak orang dari mulai orang yang Anda kenal sampai orang yang Anda tidak kenal.  Dari itu semua akan menjadikan Anda mempunyai banyak teman. Sehingga akan memperluas koneksi Anda yang akan memudahkan jika Anda butuh bantuan sesuatu.

4. Dapat menyalurkan minat dan mengasah bakat
Pada saat Anda akan berorganisasi maka pilihlah organisasi yang bisa menampung minat dan bakat Anda. Dengan begitu Anda akan memiliki tempat yang tepat untuk menyalurkan minat dam mengasah bakat.

Hal ini jika dimanfaatkan dengan baik maka akan menjadikan Anda sesorang yang hebat dalam bidang yan Anda minati.

Disamping itu,  juga Anda bisa meraih prestasi dari bakat yang Anda miliki.  Teruslah berusaha, jangan pantang menyerah,  dan tetaplah berdoa karena doa adalah kunci kesuksesan.

5. Dapat menerapkan teori dalam praktik
Ketika Anda mengikuti organisasi maka Anda berkesempatan untuk bisa menerapkan teori yang Anda dapatkan dalam kelas ke dalam praktik organisasi. Misalnya Anda dapat mata kuliah agama tentang sifat yang baik maka Anda bisa menerapkan sifat yang baik tersebut dalam organisasi yang Anda ikuti dan lain sebagainya

6. Dapat menambah pengalaman
Pengalaman adalah guru yang berharga dan terbaik, Anda bisa belajar dari pengalaman yang Anda dapatkan. Dengan berorganisasi maka tentunya Anda akan lebih banyak mendapatkan pengalaman berharga daripada mahasiswa yang tidak ikut berorganisasi. Dari pengalaman tersebut,  Anda jadikan sebagai evaluasi diri dan peningkatan kualitas diri agar Anda bisa lebih baik kedepannya.

Demikian mengenai Pentingnya Berorganisasi bagi Mahasiswa/Manfaat Mengikuti Organisasi untuk Mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top