Cara Mahasiswa Mengatur Waktu Kuliah dan Kerja

Cara Mahasiswa Memanajemen Waktu untuk Kuliah dan Kerja_Saat ini semakin banyak mahasiswa yang berkuliah sambil berkerja. Banyak diantara mereka mempunyai alasan melakukan kuliah sambil kerja untuk menyambung dan memenuhi kebutuhan hidupnya atau mencari uang saku tambahan. Sebagian dari mereka, ada yang menurun prestasi atau nilai kuliahnya ketika menjalani aktivitas kuliah sambil berkerja. Tetapi,  ada juga yang bisa mendapatkan keuntungan finansial tanpa menurunkan prestasi kuliahnya. Semua itu,  tergantung bagaimana cara mengatur atau me managemen waktu antara kuliah dan kerja.
Cara Mahasiswa Mengatur Waktu Kuliah dan Kerja
Menjadi seorang mahasiswa yang berkuliah sambil berkerja dituntut untuk bisa mengatur waktu sebaik dan seefektif mungkin agar tidak ada yang dirugikan baik kuliah ataupun kerjaannya. Semua itu bisa berjalanan beriringan jika Anda pandai mengatur waktu dan disiplin dalam menjalankannya. Untuk lebih jelasnya,  silakan Anda simak ulasan cara mengatur waktu antara kuliah dan berkerja :

1. Tanamkan niat yang kuat
Sebelum Anda menjalani kuliah sambil kerja maka harus dipertimbangkan dahulu secara matang dengan niat yang kuat. 

Niat ini akan membantu dan mendorong semangat Anda ketika sudah mulai lelah dalam menjalankan kuliah sambil kerja.

Oleh karena itu,  niat dan semangat yang kuat harus dijaga jangan sampai kendur. Biasanya mahasiswa ketika awal kuliah akan mempunyai semangat yang berkobar,  tetapi seiring bertambahnya semester semangat kuliahnya mulai berkurang. 

Untuk mengatasi hal ini,  Anda harus mengingat kembali cita-cita Anda, perjuangan orang tua Anda,  dan lain sebagainya yang bisa membangkitkan niat dan semangat baru Anda

2. Persiapkan segala keperluan
Pastikan Anda telah menyiapkan keperluan yang diperlukan ketika kuliah dan berkerja.  Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan kuliah atau berkerja. Dan akan membuat kegiatan menjadi efektif dan dapat diselesaikan lebih cepat

3. Bersikap terbuka pada dosen ataupun pihak kantor
Dalam menjalani aktivitas kuliah sambil berkerja Anda harus membicarakan kedua aktivitas ini kepada dosen dan pihak tempat kerja.

Hal ini akan membuat Anda mendapatkan keringanan ketika harus dihadapkan dalam memilih salah satu prioritas kuliah atau kerja.

Misal ketika Anda hendak menghadapi ujian tentu karena pihak tempat kerja sudah tahu maka akan mengizinkan Anda untuk tidak masuk kerja tanpa dianggap bolos kerja atau tanpa pemotongan gaji.

Selain itu,  Anda juga harus meminta kefleksibelan waktu dalam kuliah atau kerja. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengatur waktu antara kuliah dan kerja

4. Gunakanlah skala prioritas
Skala prioritas adalah tingakat pentingnya suatu kegiatan yang dalam hal ini ada dua kegiatan yaitu kuliah dan kerja. 

Anda harus bisa menjalankan kegiatan berdasarkan skala prioritasnya. Semakin penting kegiatannya dari kegiatan lain maka Anda harus mengutamakan kegiatan tersebut.

Nah dalam hal ini Anda dituntut harus bisa memilih kegiatan prioritas kuliah atau berkerja.

Dari itu semua,  maka Anda akan tahu mana yang harus dikerjakan lebih dahulu karena penting dan mendesak. Dengan pandai mengatur waktu, ,  maka akan memudahkan Anda dalam mengatur waktu antara kuliah dan kerja. 

Hal ini akan membawa Anda menjadi orang sukses di saat ini dan pada masa yang akan datang karena orang sukses itu orang yang pandai mengatur waktu dan tahu langkah terbaik yang harus dilakukan

5. Tetaplah fokus
Ketika menjalani kuliah sambil berkerja Anda dituntut untuk tetap fokus saat menjalani salah satu aktivitas baik kuliah ataupun kerja.

Misal saat Anda kuliah maka Anda harus fokus dengan materi kuliah yang sedang dibahas dan jangan malah memikirkan kerjaan begitu pula sebaliknya. Hal ini akan membuat Anda maksimal dalam menjalani kuliah sambil berkerja.

6. Usahakan memilih pekerjaan yang fleksibel
Memilih pekerjaan yang fleksibel bukan merupakan suatu keharusan tapi sangat disarankan.  Pilihlah waktu pekerjaan yang dapat mengikuti jadwal kuliah agar Anda tidak keteteran. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengatur waktu antara kuliah atau kerja.

7. Lakukan kegiatan secara cepat
Dalam menjalani kuliah sambil berkerja Anda harus mampu melakukan kegiatan secara cepat tanpa menunda kegiatan tersebut.  Ketika Anda sudah selesai dengan suatu kegiatan maka cepatlah kerjakan kegiatan lainnya begitu terus selanjutnya.

Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin karena Anda tidak banyak memiliki waktu. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda mengatur waktu antara kuliah dan berkerja

8. Tetaplah jaga performa kuliah dan kerja
Saat Anda memutuskan untum kuliah sambil kerja maka Anda harus bisa menyeimbangkan kedunya. Dan ketika Anda melakukan kegiatan kuliah atau kerja maka usahakanlah lakukan secara maksimal janganlah memikirkan yang lainnya.

Hal ini akan membantu menjaga kualitas performa kuliah dan kerja agar prestasi kuliah tidak turun dan perkerjaan tetap berjalan atau tidak berhenti berkerja.

9. Manfaatkan waktu luang untuk istirahat
Apabila Anda memiliki waktu luang maka gunakanlah untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda tanpa menggunakan gadget saat sedang istirahat.

Duduk atau tiduran dalam beberapa menit saja akan membantu Anda memulihkan tenaga untuk melakukan kegiatan kembali.  Hal ini akan membantu Anda melepaskan kelelahan setelah melakukan banyak kegiatan.

Selain itu,  Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk tidur.  Tidur ini akan menghilangkan kelelahan dan akan menyegarkan kembali tubuh Anda sehingga Anda akan siap melakukan aktivitas kembali.

Kurang tidur justru dapat membuat pekerjaan lebih sulit karena dapat memicu gangguan kesehatan mental, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu.

Demikian tentang Cara Mengatur Waktu untuk Mahasiswa yang Kuliah sambil Bekerja. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top