Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan untuk Tidak Membenci dan Membalas Orang yang Berbuat Jahat Kepada Kita

5 Alasan untuk Tidak Membenci dan Membalas Orang yang Berbuat Jahat Kepada Kita_Di dunia ini kebaikan dan keburukan akan selalu kita jumpai. Kita bisa berjumpa dengan orang sholeh dan baik hati, namun kita juga bisa bertemu dengan orang yang kadang memiliki sifat dan kebiasaan yang kurang baik, bahkan adakalanya kita bertemu dengan orang jahat. Lalu bagaimana jika suatu saat ada orang yang berbuat buruk atau berbuat jahat kepada kita?, bagaimana sikap kita?, haruskah kita membenci dan membalas perbuatan jahatnya?.

5 Alasan untuk Tidak Membenci dan Membalas Orang yang Berbuat Jahat Kepada Kita

Membalas kejahatan dengan kejahatan adalah hal yang tidak disukai oleh Tuhan. Sikap saling membalas hanya akan menimbulkan kebencian dan kerugian. Seorang Nabi dalam agama Islam bahkan menyatakan bahwa memberi maaf  adalah lebih utama. Disamping itu ada beberapa alasan yang patut kita pertimbangkan agar kita tidak membenci dan membalas perbuatan jahat yang dilakukan orang lain kepada kita.

Berikut adalah 5 alasan untuk tidak membenci dan membalas orang yang berbuat jahat kepada kita :

1. Semua terjadi atas izin Tuhan
Kita harus menyadari bahwa apa yang terjadi pada diri kita dan semua makhluk di dunia ini adalah atas izin Tuhan. Tidaklah gugur sehelai daun melainkan atas izin-Nya, tidaklah jatuh sehelai rambut kecuali juga atas izin-Nya. Jadi kenapa kita harus marah atau benci terhadap apa yang terjadi.

2. Tuhan akan menolong hamba-Nya yang baik
Kuasa Tuhan tidaklah terbatas. Tak ada apapun yang terjadi tanpa izin-Nya. Perlindungan-Nya begitu sempurna. Tuhan telah berjanji akan selalu menyertai dan menolong hamba-hamba-Nya yang baik dan saleh. Dengan pertolongan Tuhan lah kita bisa selalu dalam keadaan aman dan bahagia.

3. Sikap membenci dapat menghabiskan waktu dan energi
Saat kita membenci orang lain, maka sebenarnya kita telah mengorbankan kebahagiaan kita. Waktu dan energi kita akan habis untuk memikirkan orang yang kita benci, akibatnya kita menjadi tidak produktif untuk hal-hal yang positif.

4. Semua orang bisa berbuat salah
Saat kita marah dan memendam kebencian kepada orang lain yang berbuat salah, di saat itulah kita lupa dan mengingkari jati diri kita sebagai manusia yang lemah, manusia yang dapat lalai atau berbuat salah. Dengan menyadari bahwa semua orang bisa berbuat salah, maka hati kita akan lebih bisa menerima saat ada orang lain yang berbuat salah, berbuat buruk atau berbuat jahat kepada kita. Sikap memaafkan dan berdamai adalah hal yang jauh lebih mulia.


5. Semua akan kembali kepada pembuatnya
Berbuat baik akan mendapatkan balasan kebaikan, berbuat buruk akan mendapatkan balasan keburukan. Tanpa kita harus berusaha membalas keburukan yang dilakukan orang lain kepada kita, orang tersebut pasti akan mendapatkan balasan perbuatannya. Tuhan maha adil dengan keadilan yang sempurna, Tuhan akan membalas apa yang dilakukan manusia dengan sebaik-baiknya balasan. Jadi kenapa harus bersusah payah membalas kejahatan yang dilakukan orang lain?.

Demikian artikel tentang 5 alasan untuk tidak membenci dan membalas orang yang berbuat jahat kepada kita. Semoga bermanfaat.