Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tidak Menyesal

Cara Memilih/Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tidak Menyesal_Jurusan kuliah merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi karier seseorang di masa depan. Untuk itu, pertimbangkan baik-baik dalam memilih jurusan kuliah yang Anda minati. Di luaran sana tak sedikit yang merasa memilih jurusan kuliah yang salah, hingga akhirnya menyesal dikemudian hari.
Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal
Lantas bagaimana solusinya? Berikut kami bagikan cara memilih jurusan agar tidak menyesal nantinya, yang sebaiknya Anda terapkan. Silahkan disimak!

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

Pertama, Kenali Bakat dan Minat Anda Terlebih Dahulu
Sebelum memilih jurusan kuliah yang ingin Anda tuju, idealnya Ada mengenali bakat dan minat yang Anda miliki terlebih dahulu. Ambilah jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Mengapa demikian? Kesesuaian antara bakat, minat, dan jurusan yang Anda pilih, dapat membantu Anda untuk bertahan dan mengembangkan potensi diri.

Jika jurusan kuliah yang Anda jalani sesuai dengan bakat dan minat, maka apa pun kesulitan selama perkuliahan, maka Anda tetap semangat dan bisa melewatinya.

Sebaliknya, jika tak menyukai jurusan yang dipilih, tak sedikit mahasiswa yang berhenti kuliah di tengah jalan, karena merasa jenuh atau mampu menyelesaikan tugas-tugasnya. Sehingga akhirnya, semua yang sudah dijalani, menjadi sia-sia.

Kedua, Carilah Infromasi Jurusan secara Detail
Jika Anda telah mengetahui minat dan bakat Anda, kemudian memutuskan untuk mengambil jurungan tertentu, maka pastikan Anda telah mengetahui informasi jurusan tersebut secara lengkap.

Carilah informasi mengenai: mata kuliah yang akan Anda dapatkan, akreditasi jurusan, jam kuliah, dosen pengajar, kegiatan di luar jam kuliah, lingkungan pembelajaran, komunitas, praktik lapangan, kualitas alumni, jenjang karier, dan lain sebagainya yang khususnya berkaitan dengan jurusan  yang ingin Anda pilih.

Ketiga, Jadikan Jurusan Kuliah sebagai Langkah Awal Memulai Karier
Cara selanjutnya adalah membuat jurusan yang Anda pilih sebagai karier Anda nantinya. Maka dari itu, Anda benar-benar harus memilih jurusan sesuai dengan apa yang Anda cita-citakan.

Ketika Anda menjadikan jurusan kuliah sebagai langkah awal berkarier, maka ini akan membantu Anda menumbuhkan semangat untuk mengembangkan diri dan kemampuan Anda untuk meraih kesuksesan nantinya.

Ketika jurusan yang Anda pilih ini sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan setelah lulus nanti, maka setelah Anda lulus, Anda telah memiliki bekal yang cukup untuk meraih kesuksesan berkarier.

Keempat, Perhatikan Kualifikasi yang Anda Miliki
Kualifikasi diri yang dimaksud berkaitan dengan prestasi yang pernah Anda raih. Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

Jika Anda memiliki prestasi dalam bidang seni merancang pakaian, misalnya pernah menjadi pemenang lomba fashion design, maka Anda bisa memilih jurusan designer.

Dengan berbekal prestasi yang Anda raih sebelumnya, Anda berpeluang meraih prestasi tersebut di dunia perkuliahan.

Prestasi yang pernah Anda raih, dapat Anda sertakan dalam pendaftaran kuliah sebagai bahan pertimbangan agar Anda diterima.

Kelima, Sesuaikan dengan Hobi
Lebih menyenangkan bukan, jika Anda melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan hobi Anda. Begitu pula untuk urusan perkuliahan.

Kuliah yang Anda jalani akan terasa menyenangkan jika sesuai dengan hobi yang Anda miliki. Jika Anda memiliki hobi dalam bidang seni, maka pilihlah jurusan seni.

Selain mendapatkan gelar sarjana, hal ini juga dapat mengasah hobi Anda sehingga mampu menghasilkan karya yang positif.

Keenam, Sesuaikan dengan Kepribadian Anda
Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Anda tidak bisa memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikuta teman, padahal kepribadian kalian berbeda.

Jika hal ini terjadi, maka akan membuat Anda rugi sendiri, karena Anda menjalani perkuliahan yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda.

Menurut John Holland, secara umum kepribadian manusia dibedakan menjadi enam macam yaitu kepribadian realistic (realistis), creators (berjiwa seni), thinkers (pemikir), persuaders (menguasai orang lain), helpers (penolong), serta organizers (terorganisir).

Jika Anda merupakan orang yang terorganisir dalam melakukan segala sesuatu, mungkin Anda dapat memilih jurusan manajemen.

Ketujuh, Pertimbangkan dengan Peluang di Masa Depan
Agar tidak menimbulkan penyesalan dengan jurusan kuliah yang telah Anda ambil, maka sebelum Anda memutuskan untuk memilih, perhatikan terlebih dahulu bagaimana peluang jurusan tersebut di masa depan.

Sebagai contoh, di era modern yang penuh dengan teknologi canggih, maka peluang dalam bidang teknologi lebih besar, misalnya dalam bidang desain grafis, maka Anda dapat memilih jurusan multimedia.

Dengan mengetahui peluang terbesar di masa depan, maka Anda mempertimbangkan jurusan kuliah yang ingin Anda ambil. Hal ini tentunya dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam berkarier.

Kedelapan, Kenali Motivasi Anda
Mengenali motivasi dalam mengambil keputusan jurusan kuliah menjadi salah satu hal yang tidak bisa disepelekan.

Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk memilih jurusan tertentu, tanyakan pada diri Anda sendiri terlebih dahulu, apa motivasi Anda ingin memiliki jurusan kuliah tersebut.

Motivasi diri inilah yang akan membantu Anda dalam meraih prestasi di dunia perkuliahan. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu apa motivasi Anda mengambil jurusan kuliah tersebut.

Kesembilan, Konsultasikan kepada Pihak Tertentu
Langkah selanjutnya untuk memastikan bahwa keputusan yang Anda buat tidak menimbulkan penyesalan adalah melalui konsultasi.

Jika Anda masih ragu dengan keputusan yang ingin Anda pilih, maka kini saatnya Anda berkonsultasi.

Kepada siapa harus berkonsultasi? Anda dapat berkonsultasi dengan orang tua atau guru bimbingan konseling.

Ceritakan tentang diri Anda mulai dari minat, bakat, hobi, cita-cita, kepribadian, hingga pencapaian atau prestasi yang pernah Anda dapatkan.

Hal ini akan membantu guru bimbingan konseling maupun orang tua dalam memberikan saran jurusan kuliah yang cocok dan sesuai dengan diri Anda.

Terakhir, Biaya 
Selain mempertimbangkan point-point di atas, ada hal yang tak kalah pentingnya yaitu mengenai cost/biaya. Pastikan biaya kuliah yang harus Anda bayar sesuai dengan kondisi perekonomian Anda. Jangan sampai jurusan kuliah yang Anda pilih membutuhkan biaya kuliah yang sangat mahal, sehingga akan memberatkan orang tua.

Itulah beberapa cara memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal. Pastikan Anda mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang dan sungguh-sungguh, agar keputusan yang Anda ambil benar-benar tepat. Ketika minat, bakat, hobi, motivasi, prestasi, kepribadian, peluang di masa depan dan biaya sejalan, maka Anda tidak akan merasa menyesal dengan jurusan yang telah Anda pilih.

Artikel terkait: Cara Menjadi Mahasiswa Baru yang Baik

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top