10+ Dampak Positif dan Negatif Media Sosial ( Facebook, WA, Instagram, Twitter, dll) bagi Anak-Anak, Generasi Muda, dan Generasi Tua Indonesia

Dampak Positif dan Negatif Sosial Media bagi Masyarakat Indonesia_Dewasa ini penggunaan media sosial semakin meluas di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, generasi muda, dan generasi tua. Hampir setiap orang memiliki lebih dari satu akun media sosial, mulai dari facebook, whatshapp, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Para pengguna, menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi, berbagi informasi, hingga berbisnis.

Pastinya dari fenomena ini, dampak yang ditimbulkan pun bermacam-macam, baik dampak positif maupun dampak negatif. Nah, untuk lebih jelasnya terkait hal di atas, berikut telah kami rangkum ulasan mengenai berbagai dampak positif dan negatif media sosial bagi masyarakat Indonesia. Apa saja?

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial ( Facebook, WA, Instagram, Twitter, dll) bagi Anak-Anak, Generasi Muda, dan Generasi Tua Indonesia
Dampak Positif dan Negatif Media Sosial ( Facebook, WA, Instagram, Twitter, dll) bagi Anak-Anak, Generasi Muda, dan Generasi Tua Indonesia
A. Dampak Positif Media Sosial Bagi Masyarakat Indonesia
Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memberikan dampak positif dalam berbagai segi kehidupan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sarana Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Informasi di Dunia Pendidikan
Adanya media sosial saat ini sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan. Para siswa, guru, dan semua orang yang peduli dengan pendidikan bisa berbagi ilmu maupun info pendidikan melalui ruang publik media sosial maupun dalam grup tertentu yang menjadi komunitas sosialnya.

2. Media Promosi Bisnis atau Usaha Perdagangan
Di jaman modern ini, hampir semua bisnis yang berkembang tidak dapat dipisahkan dari media sosial. Media sosial digunakan oleh para pembisnis sebagai sarana untuk mengembangkan bisnisnya.

Media sosial mempermudah para pembisnis untuk melakukan promosi barang dan jasa sehingga lebih mudah dikenal orang.

Tidak dapat dipungkiri, media online akhir-akhir ini banyak diminati. Jika Anda memiliki sebuah bisnis, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Memperluas Jaringan Pertemanan
Media sosial dapat memberikan dampak positif untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang. Melalui media sosial Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang tidak Anda kenal sebelumnya.

Anda dapat saling berbagi informasi penting hingga melakukan kerja sama. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan teman baru di dunia nyata, melalui sosial media. Namun, Anda tetap harus tetap berhati-hati dalam menjalin pertemanan melalui sosial media.

4. Berpeluang Mendapatkan Relasi Bisnis
Sosial media memberikan peluang bagi Anda untuk bertemu dengan orang-orang hebat dan sukses. Melalui sosial media, Anda bisa menjalin kerja sama dengan para pembisnis sukses, yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

5. Mempermudah Komunikasi
Komunikasi semakin mudah dan cepat dengan adanya media sosial yang semakin banyak. Dengan adanya media sosial, Anda tidak hanya dapat berkomunikasi dengan orang-orang dalam satu negara. Namun, dengan adanya media sosial Anda dapat berkomunikasi lintas negara.

6. Mempermudah Mendapatkan Informasi Terbaru
Media sosial juga memberikan dampak positif dalam mendapatkan informasi. Kita bisa mendapatkan berita terkini melalui sosial media. Banyak pengguna sosial media yang membagikan informasi-informasi terbaru di akun sosial media mereka.

7. Pengembangan Keterampilan
Anda bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang menulis, Anda dapat bergabung dengan komunitas menulis untuk mengembangkan bakat yang Anda miliki dan mendapatkan pengetahuan baru.

B. Dampak Negatif Media Sosial bagi Masyarakat Indonesia
Selain memberikan dampak positif, media sosial juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya. Berikut ini dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan media sosial!

1. Maraknya Tindak Kejahatan
Tindak kejahatan melalui media sosial akhir-akhir ini memang sering terjadi. Media sosial digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan mulai dari penipuan hingga pencemaran nama baik maupun pembunuhan karakter.

Banyak orang tertipu dengan penawaran produk barang maupun jasa yang ditawarkan melalui media sosial.

Selain penipuan, media sosial juga kerap dijadikan sarana bagi oknum tertentu untuk melakukan pencemaran nama baik seseorang hingga aksi pembullyan di dunia maya.

2. Memicu Timbulnya Kecemburuan Pasangan
Jika Anda mengamati aktivitas para pengguna media sosial di dunia maya, seringkali kita menemukan postingan maupun komentar yang dapat menimbulkan kecemburuan. Sebagai contoh, ketika Anda mengunggah konten misalkan foto, kemudian ada teman Anda yang lain mengomentari foto tersebut, lalu terjadi percakapan yang akrab. Keakraban dalam berkomentar tersebut terkadang menimbulkan kecemburuan bagi pasangan masing-masing.

3. Menimbulkan Ketergantungan
Bukan hanya obat-obat terlarang saja yang dapat menimbulkan kecanduan. Tahukah Anda, bahwa media sosial juga bisa menimbulkan kecanduan atau ketergantungan bagi penggunanya.

Seperti halnya orang yang terbiasa merokok akan susah melepaskan kebiasaan merokoknya tersebut. Begitu pula dengan Anda yang telah terbiasa menggunakan media sosial, akan susah jika sehari saja tidak mengakses media sosial.

Semua aktivitas yang Anda lakukan tidak dapat lepas dari media sosial. Anda menggunakan media sosial untuk memposting aktivitas yang Anda lakukan dalam kehidupan sahari-hari.

Apa yang akan Anda lakukan, pengalaman yang Anda dapatkan, kekesalahan yang Anda alami, dan lain sebagainya menjadi konten yang menghiasai akun media sosial.

Kebiasaan tersebut, akan memberikan dampak buruk bagi Anda. Anda akan terbiasa memposting segala sesuatu yang sedang terjadi setiap harinya. Padahal, tidak semua hal harus Anda posting di media sosial loh. Mengapa? Karena konten-konten yang Anda unggah di media sosial dapat memicu timbulnya tindak kejahatan.

4. Semakin Rendahnya Hubungan Sosial dengan Lingkungan Sekitar
Sadar atau tidak Anda sadari, media sosial mampu membuat yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin jauh. Kehadiran media sosial menjadi dapat menurunkan sikap sosial dengan orang-orang di sekitar Anda. Sejak kehadiran media sosial, banyak orang sibuk dengan smartphone dan akun media sosial masing-masing, dan lupa untuk bercengkrama langsung dengan orang-orang di sekitar Anda.

5. Menyebarnya Situs P0r*n0
Pesatnya perkembangan media sosial seiring dengan berkembangnya situs-situs illegal yang berbahaya, khususnya bagi para remaja. Kemudahan akses internet, membuat banyak konten negatif yang tersebar luas di media sosial.

6. Berkurangnya Privasi Pribadi
Anda mungkin mengamati aktivitas para pengguna media sosial di dunia maya. Banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mengunggah segala sesuatu tentang dirinya.

Apa yang sedang ia lakukan, pikirkan, rasakan, bahkan semua masalah pribadinya diunggah dalam akun media sosial. Hal-hal tersebut tentu akan mengurangi privasi diri.

Meskipun Anda menyadari apa yang Anda unggah dalam akun media sosial, namun perlu diingat bahwa tidak semua hal harus dipublikasikan di dunia maya.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif media sosial bagi masyarakat Indonesia. Bijaklah dalam menggunakan media sosial, unggahlah konten-konten positif yang bermanfaat bagi orang lain, dan manfaatkan media sosial untuk memperdalam keterampilan, pengetahuan, serta hal-hal positif lainnya.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top