Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berbakti Kepada Guru dan Manfaatnya

Cara Berbakti kepada Guru dan Manfaatnya_Memang sudah sewajarnya,  kita yang notabene makhluk sosial saling menghormati satu sama lain. Terlebih terkait sikap terhadap orang yang lebih tua atau  yang dituakan. Walaupun sudah sangat dekat dan akrab sekali, tetap saja tidak boleh melupakan yang namanya sopan santun. Untuk orang yang baru dikenalpun, seharusnya kita bisa lebih ramah dan menghormatinya. Lantas, bagaimana sikap yang tepat dengan Guru? Tentu saja, Guru juga harus diperlakukan dengan sangat hormat. Bahkan Guru merupakan orangtua kedua kita, baik guru di lemabaga pendidikan formal maupun non formal. Jadi bukan hanya hormat, sudah sewajarnya bila kita juga berbakti pada Guru. Nah, bagaimana cara berbakti pada Guru? Dan kira-kira apa manfaat yang kita dapatkan dengan sikap tersebut? Berikut jawabannya.
Cara Berbakti Kepada Guru dan Manfaatnya
Cara Berbakti Kepada Guru dan Manfaatnya

A. Cara Berbakti kepada Guru

1. Patuh, hormati, dan lakukan nasihatnya
Sebagai seorang yang menjadi panutan, guru tentunya selalu memberikan nasehat terhadap anak didiknya. Baik itu tentang kesalahan yang dilakukan si siswa  atau sekadar berbagi pengalamannya selama ini. Tentunya dibalik pengalaman yang diceritakan tersimpan pelajaran yang berharga bagi siswanya. Nah, untuk itu, sebaiknya dengarkan segala nasihatnya, dan jadikan pegangan hidup.

Walau dalam suatu sekolah Anda mendapati guru dengan kepribadian dan keunikannya masing-masing, namun apapun itu, sebagai siswa harus menghormatinya. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Dan pada dasarnya beragam nasihat yang diterima, bisa membuat siswa kaya akan nasihat bijak. Karena masing-masing guru pasti mempunyai pengalaman berharga yang berbeda-beda.

2. Mendoakan guru 
Berdoa merupakan rutinitas sehari-hari bagi setiap orang. Selain mendoakan orangtua, keluarga, dan diri Anda sendiri, sudah menjadi kewajiban kita sebagai murid untuk mendoakan guru-guru kita.

Mengapa mendoakan guru menjadi hal yang wajib? Sebab, seorang guru tentunya telah banyak berjasa untuk kita, jadi sudah sewajarnya sebagai tindak balas budi, kita senantiasa mendoakan beliau. Supaya pahala atas ilmu yang telah beliau ajarkan, menjadi amalan baiknya, dan senantiasa diberi kesehatan.
3. Menjaga adab berbicara kepada guru
Sebagai seorang yang terpelajar, memang sudah seharusnya bila selalu menjaga adab bicara Anda. Baik itu terhadap keluarga, teman terlebih pada para guru. Bertutur katalah dengan sopan, lemah lembut, dan penuh kerendah hatian saat berbicara pada guru Anda. Dalam hal apapun, terutama saat  sedang melakukan diskusi saat proses pelajaran berlangsung, tanggapilah penjelasan guru dengan sopan tanpa sedikit pun melontarkan kata-kata yang menyinggung.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menyapa guru kita saat berpapasan dijalan atau tempat umum. Mungkin kadang sang guru tidak terlalu mengenali kita karena faktor usia atau mungkin karena muridnya terlalu banyak jadi tidak hafal. Apapun itu, tetap saja kewajiban kita sebagai murid/siswa, menyapanya dengan ramah .

4. Tidak menjelek-jelekkan guru
Tidak sepantasnya bila seorang murid menjelek-jelekan gurunya. Guru itu sudah sepatutnya dihormati, beliaulah orang yang memberi bekal ilmu pada kita. Rendah hatilah terhadap guru maka ilmu yang beliau berikan dapat masuk dengan mudah dan dapat kita amalkan untuk masa depan kelak.

Apapun hal yang membuat Anda jengkel atau marah terhadap guru, sebaiknya Anda intropeksi diri. Jangan hanya melihat dari satu sisi,  tapi lihat juga banyak sisi lainnya.

5. Meminta izin
Tentu saja, saat menjadi murid, keseharian kita lebih banyak dilakukan di dalam kelas atau disekolah. Nah, bila saat Anda berada dirumah, pasti perlu izin dari orangtua saat akan melakukan sesuatu. Begitupun saat di sekolah, idealnya kita harus selalu minta izin guru, jika hendak melakukan hal-hal yang dirasa perlu melakukan izin. Karena tentunya, sekolah pasti punya peraturan tersendiri untuk kebaikan murid atau proses belajar mengajar pada umumnya.

Apa saja contoh hal-hal yang memerlukan izin dari guru? Tentu saja sangat banyak, misal saat tidak bisa hadir kesekolah, akan keluar kelas, keluar sekolah bila ada keperluan, dan masih banyak lagi.

6. Selalu menjaga sikap
Sebagaimana yang kita tahu, sikap merupakan penilaian awal, saat melihat seseorang. Walaupun tidak semua penampilan awal yang kita terlihat, mencerminkan isi hatinya. Namun idealnya, selalu menjaga sikap adalah tindakan terbaik yang seharusnya kita lakukan.

Waktu yang kita habiskan di sekolah tentu lebih banyak daripada di luar  sekolah. Untuk itu tanamkan sikap yang baik mulai saat berada di lingkungan sekolah. Salah satu contoh dengan memberikan perhatian besar pada proses belajar yang sedang berlangsung, bersikap sopan dan menghargai teman-teman serta bersikap hormat pada para guru.

7. Mengambil manfaat dalam meneladani guru
Apapun yang sudah kita lakukan dalam menghormati guru, pastikan kita ambil manfaat positif/baiknya. Seorang guru memberikan kesan baik agar muridnya juga dapat mencontohnya. Keteladanan seorang guru jangan sampai membuat kita mencari-cari kelemahan dan kesalahannya.

Nah, itulah di atas penjelasan panjang lebar tentang cara berbakti pada guru-guru kita. Intinya guru merupakan orang yang sangat berjasa bagi kehidupan kita, terlebih pada masa depan kita. Untuk itu, sudah selayaknya guru mendapat perlakuan istimewa, layaknya yang kita berikan pada orangtua kita.

B. Manfaat berbakti terhadap guru
Bicara mengenai manfaat berbakti pada guru, tentu banyak sekali manfaatnya. Nah, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Guru akan memberikan perhatian lebih 
Perhatian lebih yang dimaksud di sini adalah dalam proses pembelajaran. Tentunya guru tidak akan membeda-bedakan kemampuan masing-masing muridnya. Namun bagi murid yang menghormati guru, tentunya sang guru memberikan perhatian lebih terhadapnya.

2. Siswa akan mendapatkan arahan dan motivasi khusus
Bagi siswa yang berbakti terhadap guru, tentunya guru ingin melihatnya sukses dan tidak rela kalau sampai dia gagal. Oleh karena itu, guru akan memberikan strategi dan arahan terbaik dalam belajar. Bahkan gurupun akan memberikan sedikit pengalaman hidupnya agar bisa menjadi pelajaran bagi siswanya.

3. Nilai akademik meningkat
Nilai yang diberikan guru tidak melulu soal pembelajaran, namun juga sikap yang diperlihatkan anak didiknya. Nilai sikap saat ini juga menjadi penentu utama dalam kenaikan kelas dan kelulusan peserta didik, yang notabebe menggunakan sistem nilai kurikulum 2013.

4. Mendapat doa dari guru
Karena ketulusan Anda sebagai siswa dalam menghormati guru. Tentu guru Anda akan mendoakan agar siswanya mendapat prestasi yang lebih baik dan selalu sukses dalam kehidupannya kelak.

Itulah ulasan tentang cara berbakti terhadap guru dan manfaatnya. Semoga dapat memberikan wawasan dan membantu anda dalam bersikap yang tepat pada guru-guru kita.