Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa/Peserta Didik_Seiring  perkembanagan zaman, pemanfaatan internet untuk dunia pendidikan dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Teknologi internet yang memberikan pengaruh cukup besar dalam dunia pendidikan ini, idealnya juga harus diimbangi dengan kesadaran masing-masing  individunya.

Media pembelajaran dengan teknologi internet merupakan metode pembelajaran modern, yang mana saat ini sistem pendidikan di Indonesia juga menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran saat ini yang menuntut siswa aktif dan mandiri membuat peran pembelajaran sistem IT sangat penting.

Fungsi Teknologi Internet
Bicara mengenai fungsi internet tentu saja cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah :
  • Media komunikasi
  • Media pertukaran data
  • Media pembelajaran tanpa guru secara lansung
  • Pencarian bahan pembelajaran
  • Memudahkan dan mempercepat pengiriman jarak jauh
  • Menghemat waktu dan biaya
  • Mempermudah akses pekerjaan 
Nah, jika meniliki dari poin-poin di atas, tentunya kehadiran internet ini sangat penting bukan untuk memudahkan kehidupan masyarakat di berbagai bidang?  Selain tidak perlu repot, dengan bantuan internet, kita bisa melakukan banyak hal dengan lebih efisien, baik waktu dan biaya.

Manfaat IT dalam proses pembelajaran siswa
Nah, khususnya terkait proses pembelajaran siswa, kehadiran internet ini memiliki beberapa manfaat berikut ini:
  • Sistem pembelajaran menjadi lebih inovatif dan interaktif
  • Menambah motivasi siswa, karena proses pembelajaran yang menyenangkan
  • Menampilkan media belajar yang beragam sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
  • Mampu memaparkan materi yang abstrak dalam bentuk visual
  • Media penyimpanan yang fleksibel
  • Menampilkan objek yang tidak bisa dilihat secara langsung
  • Menampilkan objek yang terlalu besar ke dalam kelas
  • Menampilkan objek yang sukar didapat dan berbahaya ke dalam lingkungan belajar.
Kelebihan media pembelajaran berbasis IT akan mendukung prestasi belajar siswa menjadi lebih baik lagi. Jadi, dalam hal ini manfaat teknologi internet memang dapat dirasakan secara langsung oleh para siswa.
Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa-Peserta Didik
Pengaruh Teknologi Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa

A. Pengaruh positif teknologi internet
Manfaat metode sistem IT akan mendukung keberhasilan pembelajaran siswa. Sehingga siswa dapat meraih prestasi belajar yang optimal. Dalam hal ini, kelebihan-kelebihan teknologi internet diantaranya:

1. Memberikan pemahaman materi pembelajaran
Akses internet yang mudah sangat membantu anda dalam mencari bahan materi pembelajaran. Walau saat ini banyak buku-buku yang menyajikan materi-materi pembelajaran, namun internet menjadi salah satu pilihan pencari materi selain buku.

Apa yang siswa cari bisa langsung muncul sesuai keinginannya. Sehingga lebih efisien waktu dan siswa dapat dengan mudah memahami materi tersebut. Yang mana saat ini kebanyakan siswa malas untuk membaca buku, mencari bahan materi pembelajaran di internet bisa menjadi alternatif.

Media yang diberikan juga sangat beragam, sehingga siswa tidak mudah jenuh seperti pembelajaran dalam bentuk video. Siswa juga bisa mendapatkan pemahaman lebih ketimbang saat di kelas bersama teman-temannya.

2. Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau objek yang abstrak
Media yang tersedia saat pembelajaran di kelas tentu terbatas pada masing-masing sekolah itu sendiri. Teknologi internet ini mempermudah penyampaian materi sehingga siswanya dapat paham apa yang dijelaskan gurunya.

Contohnya saat pembelajaran mata pelajaran Sains bab peredaran darah dan organ-organ tubuh manusia, tentunya siswa dapat melihat proses peredaran darah itu seperti apa dan organ-oragn manusia itu bentuknya bagaimana.

3. Membantu pengajar mempermudah penjelasan materi
Guru-guru pengajar akan lebih mudah memberikan penjelasan materi yang sulit dan rumit menjadi lebih mudah dan sederhana. Materi yang disampaikan dengan penjelasan yang mudah pasti akan dipahami siswa dengan baik, sehingga materi tersebut akan mudah diingat dan dapat diungkapkan kembali.

Proses pembelajaran akan terlihat menarik karena tidak melulu menggunakan media buku seperti biasanya. Hal itu juga akan memunculkan perhatian, minat, motivasi dan kreativitas siswa.

4. Materi pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali
Materi-materi yang telah dipelajari siswa dapat disimpan dan diputar ulang saat siswa perlu belajar materi itu kembali. Misalnya menggunakan rekaman video, tape recorder, atau televisi.

5. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
Saat siswa belajar dengan media internet, mereka akan lebih antusias. Sehingga proses belajar bisa berjalan lancar dan siswa pun dapat dengan mudah menerima materi yang diberikan.

Dari pemaparan pengaruh positif teknologi internet tersebut dapat disimpulkan bahwa teknologi internet mendukung proses pembelajaran, pemahaman, dan penyajian materi yang menarik serta menciptakan kondisi belajar yang kondusif bagi siswanya.

B. Pengaruh negatif teknologi internet
Pengaruh teknologi internet tidak selalu menimbulkan dampak positif, karena masing-masing anak mempunyai perhatian berbeda-beda terhadap fungsi internet itu sendiri. Anak yang mudah ingin tahu dan kurang perhatian dari orangtuanya tentu lebih rentan terkena dampak negatif dari internet. Yang mana dampak negatif yang dimaksud, diantaranya:

1. Membuat malas beraktifitas
2. Kecanduan
3. Tidak tahu waktu
4. Banyak situs p0*rn0gr*afi
5. Perilaku yang menyimpang
6. Prestasi belajar menurun
7. Suka berbohong
8. Berkata kotor

Faktor lain yang Mempengaruhi Prestasi Belajar siswa
Selain karena pengaruh teknologi internet, ada juga beberapa faktor lain yang juga bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa. Diantaranya:

a. Faktor internal
Faktor ini berkaitan dengan segala yang berhubungan dalam diri anda sendiri, berupa motivasi, bakat, minat, sikap, kepandaian, kesehatan, perasaan dan faktor pribadi lainnya.

b. Faktor ekternal
Faktor ini berupa sarana dan prasarana, metode pembelajaran,lingkungan masyarakat, kondisi sosial ekonomi masyarakat.

c. Faktor intelegensi
Faktor intelegensi merupakan kemampuan perasaan untuk mencapai prestasi belajar. Yang mana anda harus memberikan perhatian lebih terhadap mata pelajaran yang membutuhkan berpikir secara rasional seperti matematika, fisika dan kimia.

d. Faktor lingkungan
Lingkungan memgang peran penting dalam proses belajar siswa, dengan suasana belajar yang kondusif mempermudah siswa meraih prestasi belajar yang optimal. Terutama saat berada di lingkungan keluarga, faktor seperti kurang perhatian dan pertengkaran orangtua akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya metode pembelajaran.

Nah, demikianlah ulasan tentang pengaruh teknologi internet terhadap prestasi belajar siswa, serta hal terkait lainnya. Setelah membaca ulasan diatas, kami harap anda dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi ini.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top