Tips Paling Ampuh agar Disukai Guru

Cara agar Disukai Guru_Bagaimana supaya bisa disukai guru kita? Hmm, hampir semua murid atau siswa menginginkan hal tersebut. Jika kita disukai guru, tentunya proses belajar dan mengajar yang berlangsung bisa lebih menyenangkan. Dan untuk bisa disukai guru, pastinya kita tidak bisa sembarangan, dalam berperilaku atau bersikap. Nah, sebagai saran, berikut ini kami bagikan beberapa tips yang bisa Anda coba agar bisa disenangi guru. Penasaran, Ingin tahu?

Tips Ampuh agar Disukai Guru 

1. Kenali pribadi guru Anda
Tips yang pertama, adalah kenali bagaimana sifat atau kepribadian guru kita. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka agar bisa disenangi idealnya harus mengenal lebih jauh tentang guru tersebut.

Ingat setiap orang punya karakter yang berbeda. Begitupun dengan guru-guru kita. Ada guru yang sangat disiplin dan tidak mau mentolerir keterlambatan namun ada juga guru yang santai, dan fleksible.

Nah, dengan mengetahui sikap dan karakter tersebut, kita bisa tahu bagaimana bersikap. Dan tentunya, pastikan jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang bisa membuat guru tersebut tidak senang. Intinya, kita menyesuaikan sikap sesuai kepribadian masing-masing guru tersebut.
Tips Paling Ampuh agar Disukai Guru
2. Jangan lupa senyum, sapa dan salam 
Tidaklah susah menjadi siswa yang disukai guru. Salah satu hal yang wajib kita lakukan sebagai siswa adalah dengan selalu tersenyum, menyapa, dan mengucapkan salam saat bertemu dengan beliau. Tentunya tidak hanya dengan guru saja kita melakukan hal tersebut. Dengan teman atau orang lain pun, idealnya kita juga menerapkan sikap di atas.

Dengan menjadi pribadi yang murah senyum dan santun, tentunya tidak susah dalam mendapatkan teman, maupun mendapat simpatik dari guru-guru kita.

3. Selalu Patuh
Sebagai seorang siswa tentunya kita harus selalu mematuhi peraturan sekolah. Salah satunya patuh dan hormat terhadap guru. Sikap ini bisa mengajarkan kita untuk selalu patuh kepada siapapun, terutama pada yang lebih tua atau yang dituakan. Sikap patuh dan hormat siswa yang tulus terhadap gurunya akan membuat sang guru lebih memperhatikan Anda. Dan tentunya ini merupakan nilai plus, yang tidak menutup kemungkinan, gara-gara sikap ini kita bisa direkomendasikan atau mendapat kesempatan bagus, dalam berbagai kesempatan.

4. Jadilah siswa aktif, kreatif dan inovatif
Dalam proses pembelajaran di kelas tentu tidak hanya nilai akademik yang dipelajari, nilai non akademik pun menjadi salah satu penilaian guru. Nah, untuk itu, selalu bersikaplah selayaknya siswa yang aktif/rajin, dengan begitu, guru Anda akan memperhatikan dan memberikan nilai lebih untuk Anda.

Terutama saat proses diskusi pembelajaran, jangan pernah takut salah dalam menjawab atau menanggapi pelajaran di sekolah. Walau Anda salah pun, tetap saja guru akan mengapresiasi usaha Anda.

Biasanya dalam pembelajaran di sekolah tentu tidak melulu materi, kadang kala ada praktek yang mengharuskan Anda bersikap kreatif dan inovatif. Oleh karenanya, tunjukkan sikap yang baik agar disukai guru-guru kita.

5. Jadilah Siswa yang Berprestasi
Berusahalah mencetak prestasi terbaik, baik itu akademis maupun non akademis. Belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan pernah malu bertanya saat pembelajaran berlangsung. Interaksi guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung, akan baik untuk nilai Anda.  Mengapa demikian?
Saat pembelajaran tentu guru tidak hanya memberikan nilai pada hal akademis saja, tapi juga penilan untuk sikap dan keaktifan Anda.

6. Selalu Bersikap Jujur
Dalam hal apapun, sikap jujur akan lebih dihargai, termasuk oleh guru kita.  Salah satu contohnya, saat proses pengujian atau pembelajaran berlangsung. Jangan pernah mencoba menyontek atau membuat contekan, pengujian materi itu tujuannya untuk mengukur sudah sampai di mana, Anda menguasai materi dari pembelajaran yang diberikan selama ini.

Guru Anda pun pasti tahu bahwa masing-masing anak memiliki kelebihan masing-masing baik dalam akademis maupun non akademis. Jadi proses pengujian materi ini perlu dilakukan, agar dapat menjadi tolok ukur pembelajaran selanjutnya.

Dan perlu diketahui, kejujuran yang dilakukan siswa sangat berdampak pada masa depannya kelak.

Artikel terkait: Cara Menumbuhkan Sifat Jujur pada Diri Kita

7. Jadilah Siswa yang Peka 
Sebagai orang tua Anda di sekolah, tentunya guru mempunyai hak yang sama, untuk diperlakukan dengan baik, sopan layaknya dengan orangtua kandung.  Lantas, bagaimana caranya?

a. Simaklah saat guru sedang menyampaikan materi
Ini yang perlu Anda perhatikan. Bersikap baiklah saat proses pembelajaran berlangsung. Tanggapilah setiap materi yang guru Anda berikan dan jangan sampai menyinggungnya. Anda jangan pula asyik mengobrol dengan teman sebangku sampai tidak memperhatikan materi yang sedang dijelaskan.

b. Tidak melawan kehendak guru
Tidak sepatutnya Anda membangkang kepada seorang guru. Karena guru pasti akan memberikan nasihat yang baik untuk siswa-siswanya. Tidak mungkin juga guru akan menyesatkan siswanya bukan?

c. Menawarkan bantuan walau tidak diminta
Sebagai anak yang baik tentunya Anda harus membantu sesama. Tidak terkecuali pada guru Anda di sekolah. Tawarkanlah bantuan padanya walau tidak diminta, pasti beliau akan merasa diperhatikan oleh Anda.

d. Jangan menjelek-jelekkan guru
Jangan pernah menjelek-jelekan guru Anda, sebaliknya Anda harus membela beliau saat dijelekan orang lain. Jangan pula mencari-cari kesalahan dan kelemahannya.

e. Ucapkan terima kasih untuk setiap hal kecil yang guru lakukan
Ini merupakan hal kecil namun berdampak besar. Karena guru Anda pasti lebih merasa dihargai saat melakukan sesuatu.

8. Rajin 
Seorang siswa yang rajin pasti akan lebih disenangi gurunya, baik itu rajin dalam mengerjakan tugas sekolah atau pun sikapnya saat melaksanakan tugas piket atau lainnya. Selain itu, kebiasaan ini memberi Anda keuntungan tersendiri, karena akan menjadi kebiasaan yang muncul dalam diri.

Sikap disiplin Anda pasti akan mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan apapun. Anda jadi lebih bisa menghargai waktu dan orang-orang disekitar Anda.

9. Lakukan yang terbaik
Kerahkan segala potensi yang ada pada diri Anda agar dapat memberikan yang terbaik. Misalnya saat ada tugas kerjakanlah tepat waktu dan tentunya akan lebih bagus lagi bila bisa mengumpulkannya lebih awal. Dan saat proses ujian lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Serta hal lainnya, pastikan dilakukan dengan sungguh-sungguh supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah diatas ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai tips agar disukai guru, semoga dapat membantu dan menambah wawasan Anda.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top