Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

 Bantuan dana kuliah kini semakin banyak tersedia. Semua pelajar dari berbagai kalangan mendapat peluang sama untuk berkuliah. Termasuk pelajar dari keluarga kurang mampu karena ada program beasiswa Bidikmisi yang siap membantu. Cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi juga sebenarnya tidak begitu rumit dan bisa diakses siapa saja asal memenuhi syarat. Kali ini akan dibahas seperti apa cara untuk meraih bantuan dana kuliah dari pemerintah ini.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Bidikmisi
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Bidikmisi


1. Mencatat Jadwal Penerimaan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat jadwal penyelenggaraan program Bidikmisi ini. Cari tahu dan catat kapan tanggal dibuka pendaftaran dan jadwal seleksi universitas. Poin ini sangat penting untuk dilakukan agar pelajar tidak ketinggalan dan berakhir gagal mendapat beasiswa. 

Biasanya pendaftaran program beasiswa Bidikmisi dibuka pada bulan Januari hingga Februari. Catat jadwal lengkapnya dan mintalah bantuan pihak sekolah agar tidak ketinggalan informasi.

2. Lengkapi Syarat

Beasiswa ini hanya akan diberikan pada pelajar yang memenuhi kriteria. Cari tahu dulu apa saja syarat yang dibutuhkan supaya bisa mendaftar dan lolos seleksi. Program ini diberikan kepada pelajar yang lulus SMA di tahun berjalan atau tahun sebelumnya. Pelajar yang melamar juga harus memiliki prestasi akademis yang memuaskan. 

Selain itu pelajar harus lolos seleksi penerimaan mahasiswa di universitas negeri. Selain syarat-syarat tersebut ada juga syarat ekonomi yang harus dipenuhi. Pelajar yang bisa mendaftar beasiswa Bidikmisi secara langsung hanyalah pelajar yang punya KIP. 

KIP ini adalah Kartu Indonesia Pintar program pemerintah bagi pelajar dari keluarga kurang mampu. Kemudian, pelajar juga harus berasal dari keluarga dengan pendapatan kotor orang tua sebatas Rp4.000.000,00 per bulan.

3. Dapatkan Rekomendasi Sekolah

Pendaftaran langsung bisa dilakukan hanya oleh pelajar yang memiliki KIP. Jika pelajar belum punya KIP maka harus minta rekomendasi dari pihak sekolah. Jika sekolah memberikan rekomendasi maka nama pelajar akan didaftarkan secara online lewat laman Bidikmisi. 

Sebelumnya pihak sekolah harus punya kode akses dulu baru bisa mendaftarkan siswanya untuk seleksi Bidikmisi. Pihak sekolah memiliki peran penting untuk membantu siswa-siswanya agar bisa lolos seleksi beasiswa ini. 

Pihak sekolah yang akan aktif memberikan informasi cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi kepada siswa. Tim BK di sekolah juga biasanya akan meminta siswa untuk mengajukan diri lewat program Bidikmisi. Namun pihak sekolah juga harus selektif agar bisa dipastikan bahwa siswa yang ikut seleksi memang pantas menerima dana bantuan kuliah ini.

4. Daftarkan Diri

Pendaftaran beasiswa Bidikmisi dapat dilakukan jika sudah dibuka oleh pihak penyelenggara. Siswa yang punya KIP dapat langsung mendaftar mandiri. Sementara itu siswa tanpa KIP wajib mendaftar lewat bantuan dan rekomendasi sekolah. Setelah melakukan pendaftaran dan melengkapi data diri, siswa akan mendapat kode akses serta PIN yang akan dipakai saat mengikuti seleksi universitas.

5. Ikuti Seleksi

Penyelenggaraan program beasiswa Bidikmisi ini bekerja sama langsung dengan universitas-universitas negeri di Indonesia. Setelah selesai mendaftar beasiswa maka siswa harus bersedia mengikuti seleksi universitas. 

Pilihan universitas bisa ditentukan oleh siswa sendiri sesuai dengan ketersediaan jurusan yang ingin diambil. Pastikan juga universitas yang dipilih mendukung program penerimaan mahasiswa dengan beasiswa Bidikmisi.

Proses seleksi mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu seleksi bersama dan mandiri. Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru ini ada dalam bentuk SBMPTN dan SNMPTN. Sementara itu untuk seleksi mandiri, setiap universitas memiliki program masing-masing. Siswa bisa mengikuti seleksi dengan mendaftarkan diri sebagai pelamar beasiswa Bidikmisi.

Itulah panduan cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi untuk bisa berkuliah di universitas negeri. Persiapkan diri jauh-jauh hari sebelum pendaftaran dibuka dan belajar sebaik mungkin supaya lolos seleksi. Buat catatan nilai akademis yang bagus supaya rapor memuaskan dan bisa masuk lewat jalur SNMPTN.