9/04/2016

Cara Mudah Cek Nomor dan Data KIP Siswa SD/SMP/SMASMK/SLB secara Online; Pastikan Nomor KIP Sudah Masuk di Dapodik Versi Terbaru 2016

Cara Cek Nomor KIP_Cara Mudah Cek Data KIP Siswa SD/SMP/SMA secara Online; Pastikan Nomor KIP Sudah Masuk di Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2016.a_Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, semua pihak harus aktif dalam menyukseskan Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Tahun Pelajaran 2016/2017. Di mana keaktifan jajaran birokrasi pemerintahan dari tingkat desa sampai pusat, saat ini juga tengah aktif berpartsipasi dalam menyukseskan PIP melalui KIP, baik dalam urusan pendataan, pendistribusian KIP, sosialisasi PIP, dan kegiatan lainnya. Di dunia pendidikan, seperti kemendikbud, dinas pendidikan, dan instansi sekolah juga turut aktif melakukan pendataan KIP, dalam hal ini pihak sekolah melalui Operator Sekolah tengah sibuk memasukkan nomor Kartu Indonesia Pintar ke aplikasi Dapodik SD/SMP/SMA/SMK/SLB.
Cara Mudah Cek Data KIP Siswa SD/SMP/SMASMK/SLB secara Online; Pastikan Nomor KIP Sudah Masuk di Dapodik

Bagaimana Cara Cek KIP untuk Memastikan bahwa nomor Kartu Indonesia Pintar yang Dimasukkan di Aplikasi Dapodik sudah benar?

Saat Operator Sekolah akan menginputkan nomor KIP yang dimiliki oleh peserta didik, kadang OPS mengalami kebingungan jika nomor KIP yang terdiri atas 6 digit kombinasi angka dan huruf tersebut terdapat huruf o/O dan/atau 0 (nol). Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan huruf O dengan 0, di mana huruf O itu berbentuk lingkaran, sedangkan angka nol (0) bentuknya oval. Namun, kebetulan di KIP memang kadang huruf O dengan 0 sulit dibedakan dikarenakan bentuknya mirip banget.

Nah, daripada Anda penasaran tentang benar atau tidaknya nomor KIP siswa yang akan maupun yang sudah dimasukkan ke aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2016, maka sebaiknya Anda mengecek tentang kevalidan data KIP siswa yang bersangkutan di web resmi kemendikbud.

Adapun langkah-langkah untuk mengetahui kebenaran nomor dan data KIP, silakan perhatikan cara cek KIP sebagai berikut:

1. Kunjungi http://pipsd.kemdikbud.go.id/ 
2. Klik menu "Inquiry KIP"
Inquiry KIP
Cara Cek Nomor KIP

3. Masukkan Nomor (kode) KIP dan Klik Tombol "Inquiry"
Input Nomor KIP dan Klik Inquiry

4. Lihat Hasil Pengecekan Data KIP

A. Inquiry Kartu Indonesia Pintar (KIP)
Setelah Anda menginputkan nomor KIP di samping kolom inquiry seperti pada poin nomor 3 di atas, dan telah mengeklik tombol inquiry, maka ditampilkan hasil pengecekkan yang berupa 2 jenis laporan:

(1). Data Cetak KIP
Data cetak KIP maksudnya yaitu data yang sesuai dengan data yang tertulis di Kartu Indonesia Pintar yang dicetak oleh Pemerintah.

Data Cetak KIP memuat laporan tentang nama Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Nomor KIP, serta nama Siswa/Peserta Didik, nama Ayah, nama Ibu.

(2). Data KIP Entry Dapodik
Data KIP Entry Dapodik maksudnya adalah data KIP berdasarkan hasil input nomor dan data KIP siswa di Aplikasi Dapodik yang telah dimasukkan oleh Operator Sekolah.

Jadi, jika data KIP siswa sudah dimasukkan ke Aplikasi Dapodik dan Operator Sekolah sudah melakukan sinkronisasi, maka secara otomatis pada laporan hasil cek inquiry di http://pipsd.kemdikbud.go.id/ data KIPnya akan sama dengan di DAPODIK.

Namun, proses masuknya data KIP yang sudah diinputkan dan disinkronkan lewat apilkasi Dapodik tersebut tidak sertamerta langsung masuk ke http://pipsd.kemdikbud.go.id/, jadi butuh proses 1X24 jam atau lebih setelah Operator Sekolah melakukan sinkronisasi Dapodik.

Data KIP Entry Dapodik memuat laporan tentang nama Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, nama Sekolah, dan Nomor KIP, serta nama Siswa lengkap dengan nama Ayah dan Ibunya.

B. Contoh Hasil Pengecekkan Data KIP

Di bawah ini merupakan 3 contoh kasus hasil pengecekkan data KIP dengan menginputkan nomor KIP di http://pipsd.kemdikbud.go.id/pelaporan/index.php?wc=inquiry&wm=view_inquiry:

(1). Hasil pengecekkan data KIP jika Nomor KIP yang dimasukkan salah
Hasil pengecekkan data KIP jika Nomor KIP yang dimasukkan salah

Kevalidan nomor KIP akan terlihat jelas di laporan hasil cek inqury KIP, jadi jika nomor Kartu Indonesia Pintar yang Anda masukkan ternyata salah, maka laporannya adalah "Data tidak ditemukan".

(2). Hasil Pengecekkan Data KIP jika Data sudah sesuai dengan Data Cetak Kartu KIP, namun nomor KIP belum dimasukkan ke aplikasi Dapodik sekolah dan/atau data KIP sudah diinputkan serta disinkronkan di dapodik namun data KIP belum turun ke rekapitulasi PIP/KIP di http://pipsd.kemdikbud.go.id/.
Hasil Pengecekkan Data KIP jika Data sudah sesuai dengan Data Cetak Kartu KIP, namun nomor KIP belum dimasukkan ke aplikasi Dapodik sekolah

(3). Hasil Pengecekkan Data KIP jika Data sudah sesuai dengan Data Cetak Kartu KIP dan nomor KIP sudah dimasukkan ke aplikasi Dapodik sekolah.
Hasil Pengecekkan Data KIP jika Data sudah sesuai dengan Data Cetak Kartu KIP dan nomor KIP sudah dimasukkan ke aplikasi Dapodik sekolah
Nah, jika hasil pengecekkan sudah valid, dalam artian Data Cetak KIP dan Data KIP Entry Dapodik sudah benar serta muncul dalam rekapitulasi PIP, maka pihak sekolah, orang tua/wali siswa, dan peserta didik pemilik KIP sudah bisa bernapas lebih lega karena proses selanjutnya tinggal menunggu proses pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) melalui KIP yang bisa diambil di bank yang ditunjuk ( BRI dan/atau BNI).

Demikian tentang Cara Cek KIP Siswa SD/SMP/SMA/SMK/SLB Tahun 2016 secara Online untuk Memastikan bahwa Data KIP sudah Valid dan sudah Masuk di Aplikasi Dapodik serta di web resmi rekapitulasi PIP/KIP Kemdikbud. Semoga dengan adanya PIP melalui KIP, pendidikan di Indonesia semakin sukses.
Artikel Pilihan

3 komentar

No sudah benar,tapi data anak lain yang keluar....!!!

Yang keluar berupa data anak lain, itu yang di Data Cetak atau di Data Entry Dapodiknya pak?

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top