08/02/17

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak TK/SD/SMP/SMA

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak TK/SD/SMP/SMA_Di era digital ini, gadget sudah menjadi teman bagi anak-anak. Gadget memiliki peranan yang besar dalam pola hidup mereka sehari-hari. Ada banyak aplikasi di dalamnya mulai dari aplikasi yang bersifat positif hingga yang bisa membuat mereka kecanduan. Dan salah satu hal negatif yang kerap di lakukan para pelajar di tengah kemajuan teknologi gadged, adalah bermain game online.
Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak

Tak jarang mereka lebih memilih unttuk banyak menghabiskan waktunya bersama game online dibanding berkumpul dengan teman sebaya di lingkungan sekitar mereka, atau melakukan kewajiban mereka sebagai pelajar. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan berdampak terhadap perilaku mereka yang bisa menjadi pribadi yang individualis dan tidak peka terhadap lingkungan sekitar. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa tips cara mengatasi kecandian kecanduan game online pada anak pelajar

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online 

1. Berikan pengetahuan dampak kebiasaan main game online pada anak
Sebagai orang tua, Anda harus banyak membaca artikel tentang dampak game online pada anak. Hal positif apa yang bisa di ambil, serta hal negatif apa yang perlu dijauhi anak. Tunjukkanlah dampak tersebut kepada anak daari dua sisi. Biarkanlah mereka berpikir sisi positif dan negatifnya agar nantinya apa yang menjadi pilihan mereka itu benar-benar datang dari hati mereka dan mereka dengan sukarela memilih memanfaatkan hal positif atau justru menjauhinya.

2. Ajaklah anak untuk merencanakan target hidup yang bertahap
Ajarkanlah anak untuk memiliki tujuan hidup yang memiliki target. Jika mereka belum bisa maka dampingilah mereka untuk mengetahui minatnya, sehingga Anda dapat mulai mengarahkan anak untuk bisa mewujudkan target tersebut dengan mengadakan riset beberapa program sekiranya bisa mengasah minat anak Anda. Nah, nantinya Anda bisa menawarkan program tersebut pada anak Anda.

3. Biasakan mengadakan family time setiap hari
Luangkan waktu Anda sebagai orang tua untuk mengikuti tumbuh kembang anak Anda setiap harinya. Biarkanlah mereka bercerita aktivitas positif yang sudah mereka kerjakan selama satu hari ini. Berilah pujian jika mereka memiliki sebuah prestasi yang membanggakan Anda. Prestasi disini tidak harus prestasi di sekolah, namun bisa juga prestasi dapat mengendalikan emosi atau mau minta maaf jika anak memiliki kesalahan.

4. Kurangilah pergaulan dengan pecandu game online
Anak yang kecanduan game online biasanya memiliki lingkungan pertemanan yang juga merupakan komunitas penyuka game online. Anda tidak bisa langsung menyuruh anak Anda untuk menjauhi teman-teman mereka secara langsung.

Namun Anda bisa menarik anak Anda dengan menanamkan pondasi bahwa berteman tidak harus ikut terpengaruh kegiatannya. Menyediakan family time dengan berkumpul dengan anak bisa menjadi solusi agar waktu yang mereka gunakan untuk keluarga lebih banyak dan mereka akan berpikir ulang untuk terpengaruh dengan ajakan main game online yang ditawarkan teman mereka.

Demikian tentang tips mengatasi kecanduan game online pada anak pelajar TK/SD/SMP/SMA. Dalam hal ini peran orang tua, lingkungan dan teman bermainnya sangat mempengaruhi karakter seorang anak. Terlebih, Anda sebagai orang tua, merupakan  sosok yang paling bertanggung jawab terhadap anak Anda. Untuk itu pastikan anak Anda berada pada lingkungan yang positif, dan bermain dengan teman yang baik, agar pengaruh dari luar tidak terlalu bertentangan dengan didikan Anda.

Karena sering kali juga terjadi, saat di rumah karena orang tuanya mendidik dengan keras, dia menjadi anak yang baik, tetapi saat di luar rumah, karena teman sepermainannya adalah para pecandu game, maka dia menjadi pecandu game juga. Dan apabila itu terjadi, sangat mungkin didikan Anda di rumah akan tidak efektif lagi, sebab terlalu kuat pengaruh buruk yang sudah meracuni buah hati Anda.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top